Pengertian dan Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Website, siapa yang tak mengenal salah satu produk dari kecanggihan teknologi ini. Website menjadi tempat dimana Anda bisa mendapatkan informasi tentang apapun. Belakangan, website juga sudah berkembang fungsinya sebagai sarana dan media untuk menjalankan bisnis. Lalu apakah Anda tahu apa itu website dan jenis-jenis serta fungsinya? Berikut adalah penjelasan tentang pengertian website beserta contohnya yang sering digunakan sehari-hari.

Advertisement

Mengenal Website dan Jenis-Jenisnya

Hal pertama yang harus diketahui adalah pengertian atau apa website itu sebenarnya. Website adalah sebuah kumpulan halaman yang di dalamnya memberikan informasi bauk itu berupa tulisan, dokumen, videoo, gambar maupun suara. Informasi ini dimasukkan ke dalam sebuah pusat data atau hosting (server) yang mana ketika Anda ingin mengaksesnya harus menggunakan jaringan atau koneksi internet. Selain server, agar website bisa digunakan juga dibutuhkan komponen lain yaitu harus ada domain dan hosting. Dalam kehidupan sehari-hari website ini juga sering dikenal dengan nama situs web, web, situs atau site.

Pengertian dan Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Website sendiri dibagi ke dalam beberapa jenis berdasarkan bentuk dan fungsinya. Berdasarkan bentuk, website bisa dikategorikan ke dalam website dinamis dan website statis. Sesuai namanya, jenis website dinamis adalah jenis website yang konten atau isi di dalamnya dapat diperbarui terus tanpa menambah atau melakukan perubahan pada kode yang ada di dalam sistemnya. Website jenis ini biasanya banyak digunakan untuk keperluan yang memerlukan update data setiap saat, seperti website berita misalnya.

Sedangkan website statis merupakan kebalikan dari website dinamis, yang mana pada website ini isi atau kontennya di dalam website tidak bisa diubah sewaktu-waktu. Untuk mengubah kontennya diperlukan tahap code ulang. Karena bentuknya yang tidak fleksibel, website ini lebih banyak digunakan untuk keperluan yang tidak membutuhkan update, seperi website perusahaan misalnya.

Selain jenis website yang dibagi berdasarkan bentuknya, website juga dibagi berdasarkan fungsinya. Jenis website ini adalah website yang dikelompokkan berdasarkan fungsi utama dari pembuatan situs atau website tersebut. Jenis-jenis web hosting yang dikelompokkan berdasarkan fungsinya itu antara lain sebagai berikut.

Advertisement

1. Search Engine

Jenis website pertama berdasarkan fungsinya adalah mesin pencarian atau search engine. Berdasarkan fungsinya, website ini memiliki fungsi sebagai mesin pencari atas semua situs yang ada dan terdaftar di internet. Website ini akan memilah website yang Anda butuhkan berdasarkan kata kunci yang dimasukkan.

2. News Portal

Jenis website berdasarkan fungsi yang selanjutnya adalah news portal atau portal berita. Seperti namanya, website ini dibuat khusus untuk menyajikan berita atau informasi paling update atau terbaru. Karena kontennya yang harus diupdate setiap waktu membuat jenis website ini juga masuk dalam kategori website dinamis. Karakteristik website ini pada dasarnya mirip dengan koran namun dibuat dalam format digital. Selain itu, biasanya di dalam website berita juga terdapat fitur komentar dan forum diskusi.

3. Company Profile

Setiap perusahaan besar saat ini pasti memiliki website yang berfungsi sebagai company profile atau profil perusahaannya. Sesuai dengan namanya, website yang dibuat ini berfungsi untuk menampilkan profil perusahaan. Tidak hanya untuk menampilkan profil perusahaan, website jenis ini terkadang juga berfungsi untuk menarik kepercayaan calon konsumen untuk menggunakan produk ataupun jasanya. Karena itulah tak heran jika saat ini jasa pembuatan website untuk company profile sangat dicari untuk bisa membangun citra perusahaan.

4. E-Commerce

Berikutnya yang tak kalah populer saat ini adalah website e-commerce. Trend bisnis online membuat website yang difungsikan sebagai sarana berbisnis juga kian menjamur. Konsep dasar dari e-commerce ini sebenarnya hampir sama seperti toko-toko pada umumnya, namun dalam bentuk virtual. Konsumen atau pengunjung akan mendapatkan informasi tentang produk, mulai dari tampilan, spesifikasi hingga harga.  Untuk memudahkan pengguna atau konsumen, di dalam website ini biasanya disediakan fitur berbelanja mulai dari fitur memilih, membeli, membayar hingga mengetahui status pesanan. Semakin berkembangnya e-commerce di Indonesia juga turut melahirkan semakin banyak jasa pembuatan website e-commerce murah dengan berbagai keunggulan dan penawaran menarik di dalamnya.

5. Government

Tidak hanya perusahaan saja yang membutuhkan media untuk menampilkan informasi tentang perusahaannya, pemerintah atau lembaga resmi juga membutuhkan fungsi ini. Karena itulah kemudian diciptakan website yang secara khusus berfungsi untuk menampilkan informasi tentang suatu daerah, mulai dari profil daerah, sejarah, destinasi wisata dan informasi umum lainnya. Website yang berfungsi untuk menampilkan informasi dari suatu daerah dan bersifat resmi inilah yang dinamakan dengan govern ment site.

6. Networking dan Sosial Media

Berikutnya adalah salah satu jenis website yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet, yaitu sosial media. Sosial media termasuk dalam jenis website networking. Seperti namanya, website yang masuk dalam kategori networking berfungsi untuk menjalin relasi atau pertemanan. Dengan website ini pengguna bisa bebas membagikan atau menciptakan isi konten dengan lebih bebas dan dimuat di laman mereka sendiri. Fitur lain yang menarik dari website ini adalah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk saling berinteraksi dengan pengguna lain yang juga terdaftar di dalam website networking tersebut. Contoh website ini sangat banyak, seperti Twitter, Instagram, Facebook dan sosial networking lainnya.

7. Blog

Apabila Anda suka menulis dan bingung harus diapakan tulisan tersebut, biasanya akan memilih blog sebagai alternatif. Blog ini biasanya menampilkan tulisan maupun ide-ide yang fungsinya bisa untuk kebutuhan pribadi maupun untuk kebutuhan publikasi. Karena bersifat gratis, blog ini juga banyak diminati oleh pengguna internet. Tampilannya yang bervariasi dan menarik membuat banyak orang yang tertarik menggunakan salah satu jenis website ini. Tidak hanya penulis amatir atau yang menjadikan menulis sebagai hobi saja yang menggunakan blog sebagai media, bahkan profesional juga memanfaatkan fungsi website ini. Tak jarang beberapa orang juga bisa mendapatkan bayaran dengan menulis di blog ini.

8. Multimedia

Satu lagi jenis website yang juga cukup banyak diminati karena fungsinya adalah website  multimedia. Seperti namanya, website ini berfungsi untuk menyediakan berbagai fasilitas yang berkaitan dengan multimedia, baik untuk menonton, mendengarkan maupun mengunduh. Website multimedia ini tidak hanya yang berkaitan dengan video, seperti Youtube atau website download film saja, namun juga yang berkaitan dengan musik atau sejenisnya. Dengan begitu pengguna bisa memilih mengakses website yang dibutuhkan.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan jika website memiliki peran penting di era digital seperti saat ini. Fungsi utamanya yang memberikan informasi kepada para pengakses membuat website terus dikembangkan agar bisa memenuhi kebutuhan pengguna lainnya. Seperti yang dijelaskan di atas, berdasarkan fungsinya, website bisa dikategorikan ke dalam beberapa jenis. Karena fungsinya yang sangat penting itu jugalah, para pemilik website biasanya sangat cermat saat membuatnya. Disinilah peran penyedia jasa web hosting terbaik Indonesia sangat dibutuhkan untuk menyediakan kebutuhan pemiliknya. Dengan penyedia jasa web hosting terbaik, para pemilik bisa mempercayakan kualitas websitenya.

Nah, bagi anda yang ingin membuat website, anda bisa mengunjungi situs sitebeat, situs ini merupakan salah satu situs penyedia jasa pembuatan website terpercaya dengan berbagai macam pilihan theme yang variatif dan menarik.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa share ke teman kalian ya!

Share jika suka!

2 thoughts on “Pengertian dan Jenis Website Berdasarkan Fungsinya”

  1. Terkadang masih banyak yang kurang paham antara pengertian website dan blog, bahkan banyak yang menyebut kalau blog itu webiste. Semoga dengan adanya penjelasan di artikel ini, pemahaman tersebut bisa berubah..

Leave a Comment