;

Apa Perbedaan HTTP dan HTTPS? Berikut Jawabanya

Saat browsing atau mencoba mendalami ilmu website pasti anda akan sering mendengar istilah yang namanya HTTP atau HTTPS. Begitupun di dunia Pendidikan, kalian pasti sering menemukan soal tentang pengertian, perbedaan, fungsi atau keuntungan dari http dan https. Namun, banyak dari pengguna Internet yang belum memahami istilah ini dan apa saja perbedaanya.

Nah, untuk mengetahuinya, Anda bisa menyimak artikel perbedaan antara http dan https di bawah ini!

Apa Perbedaan HTTP dan HTTPS? Berikut Jawabanya
Source : signalinc.com

Pengertian HTTP dan HTTPS



Ternyata, walaupun hanya beda huruf akhirnya saya, http dan https memiliki perbedaan yang sangat jauh yang dapat berpengaruh pada website atau blog yang kalian miliki. Lantas apa itu http?

Apa itu HTTP?


HTTP kepanjangan dari (Hyper Text Transfer Protocol) yang berarti permintaan atau respon protokol berdasarkan sebuah mode komunikasi dari klien atau server.

Secara Singkat, HTTP dapat disebut sebuah protokol yang mengatur komunikasi antara klien dan server. Client adalah pengguna browser dan sebuah server.

Jadi ketika client menggunakan browser, klient mengirim permintaan kepada server yang memiliki konten HTML kemudian server akan meresponya dan mengirimkan file-file konten HTML. Nah proses inilah yang diatur dalam protokol HTTP.


Apa itu HTTPS?


HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure) adalah versi pengembangan dari HTTP yang berfungsi untuk memberikan keamanan lebih dalam komunikasi client dan server. Https dikembangan oleh perusahaan yang bernama Netscape Communication pada tahun 1993.

HTTPS diimplementasi dengan sebuah SSL (Secure Socket Layer) yang sekarang telah berkembang menjadi TLS (Transport Layer Security).

Nah, website-website masa sekarang rata-rata sudah menerapkan HTTPS sebagai sebuah kewajiban. Sebuah website yang ingin menggunakan protocol https harus memiliki SSL Certificate.

Nah, jika anda menggunakan browser, disamping kiri url (address bar) akan tertampil gembok hijau jika sebuah website menggunakan https, namun sebaliknya, jika masih menggunakan http biasanya browser akan menampilkan warna abu atau ada tulisan not secure (tidak aman) atau bahkan berbahaya.


Perbedaan HTTP dan HTTPS


Walaupun hampir-hampir mirip, ternyata http dan https memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Berikut adalah perbedaanya...

1. Keamanan Data


Jika http tidak bisa menjamin keamanan data antara klien dan server, maka https sudah memiliki sebuah protokol khusus yang menjamin keamanan pertukaran data antar user dan server.

Https mampu mengatasi itu keamanan data melalui beberapa method seperti autentikasi, enkripsi atau integritas data.

2. Perbedaan pada Port dan SSL


Port yang digunakan http dan https berbeda. HTTP menggunakan port 80 sedangkan HTTPS menggunakan port 443.

Protokolnya pun berbeda, jika http bekerja tanpa menggunakan SSL dan TLS maka HTTPS sebaliknya karena harus memiliki Sertifikat.

Keuntungan Menggunakan HTTPS


1. Lebih Aman


Dengan menggunakan HTTPS maka data atau transaksi dalam sebiah website dapat terenkripsi. Misalnya kartu kredit, rekening, password dan sebagainya.

2. Menambah Kepercayaan dari Pengunjung Website atau Blog


Blog atau Website yang menggunakan https akan memiliki icon hijau atau gembok pada address bar browser sehingga menambah kepercayaan pengunjung untuk melakukan aktivitas.

3. SEO Lebih baik


Google secara terang-terangan mengatakan akan memprioritaskan website yang menggunakan https sehingga akan lebih mudah muncul di pencarian google paling atas.


Sekian Artikel mengenai perbedaan http dan https beserta keuntungan, fungsi dan kelebihanya. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke teman kalian !

0 Response to "Apa Perbedaan HTTP dan HTTPS? Berikut Jawabanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 2

Advertisement

Iklan Bawah Artikel