;

Kelebihan dan Kelemahan Layanan Hosting Murah

Perkembangan internet yang semakin pesat membuat kebutuhan masyarakat turut meningkat. Banyak bidang yang mulai memanfaatkan internet, misalnya toko atau bahkan sekolah. Umumnya pihak-pihak tersebut menggunakan internet untuk mengumpulkan dan menyimpan data dalam sebuah web. Namun, tidak semua pihak memiliki personil yang mampu membuat web khusus. Maka dari itu, banyak yang mencari dan berburu hosting murah. Adanya hosting sangat membantu orang-orang yang membutuhkan domain tetapi memiliki biaya yang terbatas.

Menilik Masing-Masing Kelebihan dan Kelemahan Hosting Murah


Hosting merupakan layanan penyimpanan data di internet. Orang yang membutuhkan akses penyimpanan data tetapi tidak dapat membuat web khusus sendiri, pastinya membutuhkan jasa layanan hosting ini. Hosting terdapat berbagai jenis dengan kualitas yang berbeda. beberapa hosting menawarkan layanan hosting yang murah.

Kelebihan dan Kelemahan Layanan Hosting Murah

Di Indonesia terdapat banyak jasa layanan hosting yang sangat menarik karena memasang harga dengan sangat terjangkau. Biaya menjadi alasan yang akan memikat hati banyak orang. Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan hosting yang murah, Anda perlu tahu masing-masing kelebihan dan kekurangan dari jasa layanan ini. Hal ini diperlukan supaya nantinya tidak membandingkan dengan hosting berbiaya tinggi dan membandingkan keduanya.

Kelebihan

Berikut merupakan kelebihan-kelebihan yang diperoleh dari jasa layanan hosting berbiaya murah.

1. Ada windows server atau Unix

Windows server dan Unix merupakan merk dagang dari sistem operasi server. Windows server dikembangkan oleh Microsoft Corporation, sedangkan Unix dikembangkan oleh  AT&T Bell Labs. Keduanya dapat digunakan sebagai sistem operasi sebuah hosting murah.

Meskipun masing-masing memiliki kelebihan yang berbeda, kedua sistem operasi server ini termasuk sistem operasi server yang sering digunakan karena kualitasnya. Pengembangan terus dilanjutkan serta penggunaan dari windows server dan Unix cukup stabil.

2. Kapasitas besar

Sebagai tempat untuk menyimpan data, tentunya kapasitas yang diinginkan adalah memadai dengan data yang ada, minimal pas sesuai dengan besar data. Lebih baik lagi jika kapasitas penyimpanan lebih besar agar dapat mengantisipasi penambahan data yang disimpan. Kapasitas yang ditawarkan jasa layanan hosting berbiaya murah cukup beragam, mulai dari 5 sampai 75 GB.

Kapasitas sebesar ini tergolong besar bagi sebagian orang, apalagi jika web yang akan digunakan masih baru karena belum ada traffic yang padat. Sehingga, meskipun murah, kualitas berdasarkan kapasitas penyimpanan tidak diragukan lagi dan tidak akan mengecewakan.

3. Tidak perlu investasi

Keuntungan utama dengan menggunakan hosting web murah adalah dapat menekan pengeluaran untuk investasi yang besar seperti membuat atau mengembangkan web tersebut. Perusahaan baru atau instansi nirlaba tentu akan membutuhkan jasa layanan ini. Dengan menggunakan hosting berbiaya murah, pengeluaran dapat diminimalisasi tetapi pihak-pihak tersebut masih mendapatkan manfaat yang optimal dan berkualitas.

4. Pemasangan website

Sering kali, personil-personil yang memahami IT tidak ada dalam sebuah tim. Hal ini tidak menjadi penghalang untuk membuat wesite. Para penyedia jasa layanan hosting juga menyediakan jasa pemasangan website. Bahkan ada penyedia jasa layanan hosting yang bersedia membantu menata data dalam website. Penawaran lainnya yang akan membantu adalah adanya artikel referensi yang mana artikel ini dapat digunakan oleh kalangan sendiri.

Dengan artikel referensi, Anda bisa terbantu dalam mengelola hal-hal terkait hosting meskipun tidak meminta bantuan dari jasa layanan. Penawaran ini sangat menarik karena dapat membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan.

5. Biaya murah

Seusai dengan namanya, biaya yang diperlukan untuk menyewa hosting sangat terjangkau. Beberapa hosting bahkan memasang harga mulai dari 10.000 rupiah. Penawaran ini pastinya sangat menarik dan cocok untuk pihak yang ingin mencari hosting dengan harga murah. Dengan memanfaatkan kesempatan ini, Anda juga bisa menjadi reseller hosting murah unlimited. Selain mendapatkan domain dengan harga terjangkau, Anda juga bisa mendapatkan pemasukan dari sumber lain.

6. Ada garansi dan refund

Mencari hosting harus dilaksanakan dengan saksama. Carilah hosting yang menyediakan garansi terutama jika ada permasalahan terkait domain yang dikelola oleh host. Adanya garansi akan menguntungkan Anda karena biaya untuk memperbaiki permasalahan yang menjadi berkurang. Garansi juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk maintenance domain Anda.

Selain garansi, penawaran refund atau pengembalian uang juga menjadi hal yang bisa dipertimbangkan. Anda tidak akan rugi jika di tengah jalan domain tidak memberikan kualitas sesuai dengan yang diklaim.

Kelemahan

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, mencari hosting yang murah juga memiliki kelemahan yang harus diperhatikan.

1. Gangguan server

Penggunaan sistem operasi server seperti windows server atau unix tetap tidak menghalangi adanya kendala. Beberapa gangguan pada server seperti jaringan yang tidak menentu dan adanya masalah terkait malware, menjadi perhatian utama dari pemilik website. Permasalahan ini diperparah dengan kurangnya maintenance atau upaya perbaikan sistem operasi server tersebut sehingga waktu perbaikan menjadi cukup lama apabila ada masalah.

2. Tidak bisa mencapai target pengunjung luar negeri

Apabila mengincar target pengunjung web dari luar negeri, menggunakan hosting lokal murah tidak bisa jadi alternatif. Domain yang disediakan oleh hosting lokal tidak dapat mencapai server luar negeri. Jika ditilik lebih lanjut, kelemahan ini hanya berlaku bagi pihak-pihak yang membutuhkan traffic dari luar negeri. Bagi pihak yang hanya cukup membutuhkan traffic dari dalam negeri, menggunakan hosting lokal sudah cukup membantu.

3. Keamanan domain

Hosting merupakan layanan penyewaan web. Dalam sebuah jasa layanan hosting, penyewa tidak hanya berasal dari 1 pihak saja, tetapi juga dari berbagai pihak lain yang sama-sama menyewa hosting. Hal ini dapat membahayakan domain milik Anda. Pihak lain bisa saja menggunakan fitur mailing list untuk mengirim spam. Efek terburuknya adalah setiap domain yang ada pada hosting akan diblokir oleh software anti spam, salah satunya mungkin milik Anda.

4. Layanan yang terbatas

Menyediakan hosting murah cepat akan menjadi banyak incaran pihak yang membutuhkan terutama bagi perusahaan baru atau pihak niralaba. Supaya penyedia jasa layanan tidak mengalami kerugian karena memasang harga yang murah, mereka hanya menyediakan layanan yang terbatas misalnya dalam hal kapasitas penyimpanan atau kecepatan jaringan.

Jika ingin meningkatkan performa dari layanan tersebut, diperlukan biaya tambahan. Anda harus cermat dalam memilih hosting. Meskipun murah, Anda perlu mencermati apakah layanan yang disediakan sesuai atau tidak dengan harga yang ditawarkan sehingga tidak akan rugi. Keterbatasan layanan ini tidak akan berpengaruh jika hosting yang disewa hanya untuk keperluan pribadi.

Itulah kelebihan dan kelemahan saat Anda memilih menggunakan hosting berbiaya murah. Sebelum membuat sebuah domain, tentukan terlebih dulu apa yang menjadi target. Hosting super murah lebih cocok digunakan untuk bisnis kecil, instansi nirlaba kecil, dan kepentingan pribadi karena trafficnya kecil dan dibutuhkan dari dalam negeri saja. Jika bisnis yang sedang dikembangkan merupakan bisnis besar, disarankan menggunakan hosting dengan harga lebih tinggi karena layanannya lebih lengkap.

1 Response to "Kelebihan dan Kelemahan Layanan Hosting Murah"

  1. semakin hari semakin banyak layanan hosting saat ini, saya sudah beberapa kali coba hosting baik lokal maupun luar negeri, hingga akhirnya dapat yang cocok sampai skrg saya pakai, unt harga memang lebih mahal dari yang biasa, tapi kualitas dan layanan memang lebih bagus

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 2

Advertisement

Iklan Bawah Artikel