Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Hosting

Membeli hosting tak boleh asal-asalan. Perlu memperhatikan beberapa hal sebelum Anda memantapkan pilihan. Akan tetapi tahukah Anda apa saja hal yang harus diperhatikan saat membeli hosting? Pertanyaan tersebut paling sering muncul saat seseorang akan membeli hosting. Hal itu tak terlepas dari fungsi hosting yang berperan dalam keberlangsungan blog yang Anda kelola nantinya. Untuk mendapatkan hosting terbaik, berikut beberapa poin yang bisa Anda perhatikan.

Advertisement
Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Hosting

9 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Hosting

Hosting bisa diibaratkan sebagai rumah. Rumah yang nyaman dan aman sebagai berteduh pastinya menjadi idaman penghuninya. Pun demikian dengan hosting. Hosting yang berperan sebagai rumah haruslah berkualitas dan bisa tahan lama untuk tempat tinggal Anda. Dalam pemilihan tempat tinggal terdapat 2 cara yang dapat dilakukan.

Cara pertama yaitu dengan membuat rumah itu sendiri. Dalam konteks hosting membuat rumah di sini berarti mempunyai hosting dengan beragam perangkat pendukung seperti misalnya PC, internet yang stabil, dan sebagainya.

Sementara cara kedua yaitu dengan menyewa rumah untuk tempat tinggal blog yang Anda buat. Pilihan nomor dua inilah yang paling sering dipakai oleh orang-orang. Berikut akan dibahas 9 hal yang harus diperhatikan saat membeli hosting.

1. Sesuaikan Berdasarkan Kebutuhan

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memperoleh yang tepat adalah dengan menyesuaikannya berdasarkan kebutuhan Anda. Misalnya Anda menargetkan pengunjung blog Anda hanyalah berasal dari dalam negeri maka pakai saja hosting dengan server dalam negeri atau hosting Indonesia. Begitu pula sebaliknya, jika Anda menargetkan pengunjung blog dari luar negeri maka pakai saja hosting yang asalnya dari luar negeri.

Advertisement

Tidak usah terburu-buru membeli hosting berkapasitas besar apabila blog yang akan Anda kelola hanyalah personal blog. Selain itu juga jangan mudah terbujuk rayuan orang yang bilang jika Anda akan memperoleh kapasitas hosting unlimeted serta bandwtitch unlimeted. Kendati mereka bilang jika Anda akan memperoleh unlimited hosting namun kenyataannya tidak ada kapasitas unlimited yang didapat. Pastikan Anda membaca syarat dan ketentuan pemakaian hosting yang berlaku.

2. Fitur yang Ditawarkan

Poin kedua untuk mendapatkan hosting bagus adalah dengan memahami fitur apa saja yang diberikan. Sudah wajib hukumnya untuk mencaritahu fitur apa saja yang nantinya akan Anda dapatkan. Contoh dari fiturnya yaitu misal seberapa banyak space yang akan diperoleh, sebesar apa bandwitchnya, control panel apa yang dipakai, ataupun dari segi addon domainnya.

Dengan mengetahui fitur-fitur tersebut maka Anda bisa menyesuaikannya dengan kemampuan diri sendiri dalam mengolah bagian tersensitif di suatu hosting. Sebagai gambaran kecilnya ialah misalkan Anda sudah terbiasa dengan cpanel jadi saat beli hosting bercontrol panel vdeck rasanya akan sedikit sulit. Anda bisa saja kerepotan ketika mengolah file blog yang hendak diunggah. Jadi dengan mengetahui fiturnya maka akan sangat membantu Anda.

3. Harga

Tak dapat dipungkiri jika harga menjadi salah satu hal yang penting saat membeli sesuatu, tak terkecuali beli hosting. Anda pastilah mengidamkan bisa mendapatkan hosting murah dengan kualitas yang baik. Maka dari itu, sebelum membeli Anda sudah harus mempertimbangkan kemampuan yang bisa dibeli. Jangan mudah tergoda orang lain yang dengan gampangnya membeli hosting dari luar negeri seperti misalnya hawkhost, hostgator, ataupun bluehost. Hosting tersebut memang mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar, dan sejalan pula dengan harganya. Cukup perhatikan saja kemampuan keuangan yang Anda miliki.

Apabila hosting yang akan dibutuhkan hanya untuk blog biasa, maka tidak perlu gengsi menggunakan hosting dalam negeri. Harganya juga lebih murah daripada yang luar negeri. Dengan harga hosting web murah maka tidak akan memberatkan Anda apabila nanti harga sewanya telah jatuh tempo. Anda bisa membayarnya dengan mudah. Maka dari itu, pertimbangan harga adalah suatu keharusan.

4. Customer Support

Poin selanjutnya yaitu dari segi customer support atau CS. Jangan sepelekan CS karena mereka bisa membantu Anda mengetahui kualitas yang ditawarkan. Dengan Customer Support yang melayani dengan baik maka kepuasan akan Anda dapatkan. Misalnya saja Anda akan membeli hosting unlimited murah yang mereka tawarkan. Maka lihat saja bagaimana respon yang diberikan. Contoh lain lagi adalah ketika akan membeli hosting dari luar negeri dan bahasa inggris Anda kurang lancar. Apabila mereka masih bisa melayani Anda kendati terkendala bahasa maka kemungkinan besar hal yang mereka tawarkan akan tepat.

5. Keberadaan Perusahaan Hosting Terkait

Selanjutnya jika Anda akan membeli hosting maka Anda harus juga memperhatikan keberadaan perusahaan hosting tersebut. Cari tahu apakah alamatnya jelas dan benar-benar ada. Selain itu nomor telepon atau e-mail yang tertera juga valid dan masih aktif atau tidak. Akan lebih baik lagi jika nomor yang mereka cantumkan bisa melayani customer selama 24 jam non stop atau bahkan menyediakan live chat. Jadi ketika ada hal yang mendesak Anda bisa menghubunginya sewaktu-waktu. Perbedaan waktupun tak menjadi masalah.

6. Testimoni

Testimoni yang Anda butuhkan disini adalah testimoni langsung dari pelanggan. Testimoni tersebut juga ditulis di luar website perusahaan terkait. Akan lebih baik jika testimoni yang diberikan yaitu berupa review lengkap dari seorang blogger. Testimoni di luar website resmi cenderung lebih nyata dan tidak dimanipulasi atau dibuat-buat. Jadi Anda bisa membandingkan penyedia hosting satu dengan hosting lainnya.

7. Jumlah Klien

Hal lain yang harus Anda ketahui sebelum membeli sebuah hosting adalah jumlah kliennya. Semakin banyak klien yang ditangani oleh penyedia hosting tersebut maka bisa dibilang jika mereka lebih handal dari penyedia lainnya. Misalnya Anda akan membeli hosting wordpress murah, carilah penyedia yang sudah mempunyai banyak klien terlebih jika klien tersebut memiliki nama besar. Dengan begitu maka Anda bisa semakin yakin dengan pilihannya.

8. Terms of Service

Membaca Terms of Service atau TOS adalah langkah bijak yang wajib Anda lakukan sebelum membeli hosting. Di setiap penyedia layanan hosting pasti ada TOS yang berbeda-beda. Dengan memperhatikan TOS tersebut maka nantinya bisa tahu apa saja hal yang akan Anda dapat. Selain itu, Anda juga bisa tahu hal apa saja yang bisa dan tidak bisa dilakukan saat membeli hosting tersebut. Dengan begitu maka nantinya tidak ada kesalahpahaman yang bisa saja terjadi.

9. Blog atau Website yang Memakai Jasa Hosting Terkait

Langkah terakhir yang bisa Anda perhatikan sebelum membeli hosting yaitu dengan memperhatikan blog atau website yang pernah memakai jasa hosting terkait. Semua orang pasti ingin yang terbaik bagi blog dan website mereka. Maka dari itu, memilih yang terbaik adalah solusinya. Apabila blog atau website tersebut susah untuk diakses ataupun kerap maintenance server maka hosting tersebut bukanlah pilihan yang baik.

Itulah 9 hal yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan hosting paling bagus. Dengan mengikuti 9 langkah tersebut maka Anda bisa mendapatkan hosting terbaik yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Semoga tulisan ini bisa banyak berguna bagi Anda.

Share jika suka!

1 thought on “Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Hosting”

  1. gue udah pake hawkhost dan harga murah dibanding hosting lokal dan sangat jarang down dibanding lokal yg kadang sebulan bisa ampe belasan kali dan hampir semua hosting lokal udah kucobain krn sy dulu sering main situs backlink referer dan selama yg pernah dari lokal ampe luar rata2 performance masih bgs luar negeri krn ini pengalaman yg saya pernah alami dari dulu hingga sekarang krn hingga saat ini saya udah pakai belasan domain terdaftar diberbagai hosting luar dan namecheap,hawkhos,dynadot,bluehost,dll

Leave a Comment