;

8 Tips Membangun Tim Kerja Efektif dan Solid

Dalam perusahaan tentu Anda tidak bekerja sendiri, Anda tentu membutuhkan partner kerja di bidang yang Anda geluti. Dengan karakter yang berbeda-beda tentu, Anda harus beradaptasi dan pandai menyikapi perbedaan tersebut untuk mendapatkan partner kerja yang solid. Dibutuhkan kesabaran yang tinggi juga kerja sama yang kuat agar pekerjaan Anda terselesaikan dan hubungan Anda dengan rekan kerja Anda berjalan dengan baik. 

8 Tips Membangun Tim Kerja Efektif dan Solid

Berikut 8 tips membangun tim kerja yang efektif dan solid:

1.Komunikasi yang baik

Dalam bekerja dalam tim maka komunikasi menjadi suatu hal yang sangat penting karena akan memudahkan kerja sama antar anggota tim. Komunikasi yang tulus dan jujur akan memperlancar hubungan kerja sama yang terjalin baik di lingkungan kantor atau di luar kantor.

2. Saling percaya

Demi membangun kerja sama tim yang solid dibutuhkan saling percaya antar anggotanya. Seluruh anggota tim harus saling percaya satu sama lain sehingga pekerjaan dapat mudah terselesaikan dengan cepat dan sesuai dengan rencana. Jika di dalam tim tidak saling percaya tentunya akan timbul sebuah kecurigaan antar anggotanya dan menimbulkan masalah maka kerja sama antar tim tidak akan solid dan efektif.

3. Saling menghargai

Selain saling percaya, di dalam kerja sama tim juga harus saling menghargai dan menghormati antar sesama anggota. Nantinya akan tercipta rasa empati dan simpati yang dapat memperkuat kerja sama tim. Misalnya ketika ada anggota yang berbeda anggota dan ingin menunaikan ibadah maka anggota lain dapat menghargainya dengan diam dan memberikan tempat dan waktu.

4. Visi dan misi sama

Dalam sebuah kegiatan atau perusahaan tentunya memiliki visi dan misi yang akan dipenuhi dan dijalankan. Perusahaan akan berjalan baik jika mulai dari atasan hingga bawahan memiliki visi dan misi yang sama.

5. Mengerti tanggung jawab masing-masing

Dalam perusahaan karyawan dipekerjaan untuk mengerjakan bidangnya masing-masing. Tim yang solid adalah tim yang disiplin dan saling mengerti tanggung jawab masing-masing. Jika ada salah satu anggota yang malas tentunya tujuan yang telah direncanakan tidak akan tercapai karena tidak mengerjakan bagian yang menjadi tanggung jawabnya.

6. Memberi reward

Diperlukan penghargaan sebagai penghargaan atas hasil kerja keras yang telah dilakukan oleh para anggota tim. Tujuannya agar lebih termotivasi dan bersemangat dalam bekerja dan memotivasi anggota lain untuk bekerja keras dan mendapat reward.
                   

7. Kegiatan di luar kantor

Selain untuk mendekatkan diri antar sesama anggota tim, kegiatan luar kantor seperti camping, makan siang bersama, family gathering dapat menghilangkan stress dan suntuk setelah bekerja keras sepanjang hari.


8. Evaluasi

Evaluasi kerja perlu dilakukan secara rutin agar tujuan yang sudah terencana akan lebih cepat dan mudah untuk tercapai. Dapat juga untuk melihat berbagai masalah yang dihadapi tim dan cara menyelesaikannya.

Kerja sama tim yang baik akan membuat rencana yang tersusun dapat dicapai dengan mudah, cepat dan efisien waktu. Manfaatkan LinovHR sebagai software berbasis HRIS yang mempermudah pekerjaan HR seperti penggajian karyawan, absensi dan fitur pengelolaan karyawan yang lengkap. Klik https://www.linovhr.com untuk informasi selengkapnya dan uji coba secara gratis.

0 Response to "8 Tips Membangun Tim Kerja Efektif dan Solid"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 2

Advertisement

Iklan Bawah Artikel