Pengertian Komputer yang Benar Menurut Ilmu IT

Di sekolah, pasti kita pernah mendapatkan materi mengenai komputer. Sejak kecil, mungkin kita juga sudah mengenal yang namanya komputer. Namun, dimasyarakat awam, pengertian komputer sering disalah artikan dan melenceng dari arti yang sebenarnya. Lantas Apa itu Komputer? Mari simak artikel berikut ini…

Advertisement

Pengertian Komputer yang Benar Menurut Ilmu IT

 

Pengertian Komputer yang Benar Menurut Ilmu IT


Menurut Wikipedia, Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

Namun, seiring perkembangan zaman, arti komputer mulai bergeser. Menurut ilmu yang saya dapatkan di sekolah (SMK Jurusan Teknik Komputer Jaringan), Pengertian Komputer yaitu sebagai berikut :

Komputer adalah suatu benda, alat atau mesin komputasi berbasis elektronik yang digunakan untuk memanipulasi dan memproses data yang di input (dimasukan) kemudian mengeluarkan (output) data yang merupakan hasil dari instruksi dan perintah yang diberikan brainware yang kemudian disimpan di dalam memory. (versi www.septian.web.id)

Advertisement

Sebenarnya, pengertian komputer sangatlah banyak, ada beberapa versi. Namun, secara singkat komputer merupakan alat pemroses data. Komputer tidak melulu menjurus pada Personal Computer (PC) atau Laptop.

Kalkulator, Smartphone, PDA, Tablet dan alat yang mempunyai input, proses dan output lainya sebenarnya bisa disebut komputer.

Secara umum, komputer memiliki alat utama yaitu alat input, proses dan alat output. Nah, bagi yang belum paham, berikut adalah bagian-bagian dari sistem komputer secara umum :

sistem komputer
sumber : https://lutfihakimweb.wordpress.com

 

Input Device

Alat Input merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk memasukan data ke komputer sehingga dapat diterima dan di proses oleh alat pemroses (CPU). Contoh alat input pada komputer seperti keyboard, mouse, scanner, microphone, trackball, joystick, touch pad, webcam, barcode, handycam, dan sebagainya.

Processing Unit

Alat proses atau biasa disebut CPU ialah sebuah alat yang berfungsi untuk memproses data yang diterima dari alat input.
Biasanya data hasil proses disimpan didalam sebuah memory. Memory terdiri dari RAM (perangkat penyimpanan sementara) dan ROM (perangkat penyimpanan permanen). CPU dan Memory merupakan sebuah sistem yang saling keterkaitan. Contoh alat pemroses yaitu Prosesor. Prosesor memiliki banyak jenis dan macam mulai dari merk Intel, AMD, dan masih banyak lagi.

Output Device

Alat output (keluaran) merupakan sebuat alat yang berfungsi untuk menampilkan data yang telah di proses. Alat ini berguna untuk merubah data menjadi bentuk yang dapat dimengerti oleh brainware (manusia). Contoh alat output yaitu monitor, proyektor, speaker, printer dan masih banyak lagi.

Bagi yang ingin belajar merakit komputer, anda bisa membaca artikel Aplikasi Belajar Merakit Komputer Virtual

Sekian artikel mengenai pengertian komputer yang benar menurut ilmu IT. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

Share jika suka!

Leave a Comment