;

Mengenal Cache pada Smartphone, Perlukah dihapus?

Setiap sistem komputer yang menggunakan sistem penyimpanan data, pasti sebuah sistem data untuk mengoptimalkan kinerja prosesor. Salah satu penyimpanan data yang dapat meringankan kinerja prosesor yaitu Data Cache.

Apakah Cache itu? apakah perlu dihapus dan dibersihkan secara berkala? Atau jangan-jangan tidak boleh dihapus? untuk menjawab semua itu, mari kita simak penjelasan berikut ini...

Mengenal Cache pada Smartphone, Perlukan dihapus?


Pengertian Cache pada Smartphone 


Secara pemahaman, cache merupakan data sementara yang di buat oleh sebuah program atau sistem smarthone, contohnya aplikasi atau sistem operasi seperti Android maupun iOS.

Data ini dibuat untuk menuliskan history-history atau aktivitas kamu ketika menggunakan sebuah program.

Maka tidak heran jika semakin lama usia smartphone atau aplikasi, maka semakin banyak cache yang menumpuk.

Apa manfaat dan Kegunaan Cache?


Cache berguna untuk mempercepat proses kerja dalam menggunakan program aplikasi. Jadi aplikasi tidak perlu memproses data lagi ketika menjalankan perintah yang sama.

Contohnya seperti membuka aplikasi instagram, dengan cache, foto yang telah dimuat tidak perlu di unduh ulang jika kita membuka instagram yang kedua kalinya. Makanya prosesnya menjadi lebih cepat dan efisien.

Apakah Cache Perlu dihapus?


Sebenarnya, pada sistem operasi terbaru yang telah modern, pengelolaan data cache sudah baik dan optimal. Namun, ada kalanya banyak cache atau sampah-sampah yang mengendap dan tidak terhapus sehingga kinerja smartohone menjadi lemot dan lagging. Jadi ada baiknya kita menghapus cache secara rutin. Anda dapat menghapus cache dengan cara :

a. Menggunakan Aplikasi
Anda dapat dengan mudah menghapus cache atau sampah dengan bantuan aplikasi. Anda dapat menggunakan aplikasi seperti nc cleaner, smart booster, cc cleaner, clean master dan aplikasi sejenis lainya.

b. Hapus Cache secara Manual
Anda dapat menghapus cache secara manual dengan cara membuka pengaturan > Aplikasi > Pilih aplikasi yang ingin anda hapus cache > Kemudian pilih penyimpanan > Cari Clear Cache.

cara clear cache android tanpa aplikasi
Contoh menu clear cache di Android Lawas


Kesimpulan

Jadi, cache merupakan data sementara yang dibuat oleh aplikasi untuk mempercepat proses data. Namun jika menumpuk akan menyebabkan smartphone menjadi lemot, jadi harus dibersihkan secara rutin.

Sekian artikel mengenai cache pada smartphone dan apalah perlu dihapus?
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

3 Responses to "Mengenal Cache pada Smartphone, Perlukah dihapus?"

  1. Saya hampir tiap minggu bersihan cache di hape, kadang isinya bisa nyampe 500Mb-an.

    ReplyDelete
  2. wah itu gunanya cahce pada smartphone, ya kalau melihat fungsinya mendingan jangan dihapus

    ReplyDelete
  3. Makasih infonya sangat bermanfaat. Selama ini saya biasa menghapus cache pake clean master...

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 2

Advertisement

Iklan Bawah Artikel