;

Mengatasi Sinyal Jaringan Internet 4G LTE Lemot

Banyak pengguna internet yang bertanya-tanya, kenapa jaringan 4g lte lemot. Sebelumnya, seperti yang diketahui bahwa internet sudah menjadi suatu kebutuhan yang sulit dilepaskan dari masyarakat modern sekarang ini. Hal ini tentu saja karena perkembangan teknologi yang semakin canggih. Diman hampir semua orang telah memanfaatkan smartphone yang terhubung ke internet. Paket internet merupakan salah satu paket pembayaran untuk mereka yang ingin mengakses internet di ponsel. Saat membeli paket internet, maka Anda akan diberikan kuota internet sesuai dengan jumlah yang dibeli. Jaringan internet sendiri beragam, ada jaringan 2G, 3G, EDGE, dan lain sebagainya. Jaringan data yang saat ini sedang booming adalah 4G LTE. Pada beberapa kasus, jaringan 4G bisa saja terasa lemot karena beberapa hal. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah hal-hal yang menyebabkan jaringan LTE lemot dan bagaimana cara mengatasinya.

Mengatasi Sinyal Jaringan Internet 4G LTE Lemot


Pahami Apa Penyebab dan Cara Mengatasi 4G yang Lemot

Bisa dilihat bahwa semua operator selular sangat gencar memberikan promosi kepada konsumen untuk membeli paket 4G. Mereka mengklaim bahwa jaringan data ini lebih cepat dan stabil dibandingkan dengan jaringan lainnya. Hal inilah yang membuat konsumen tergoda untuk mencobanya. Tidak sedikit pula masyarakat yang membandingkan antara operator untuk melihat kualitas jaringan 4G yang ditawarkan. Sayangnya, banyak orang yang mengeluh jaringan 4G di ponselnya sangat lemot. Sehingga banyak diantara mereka yang mencari tahu tentang penyebab dan  cara mengatasi 4g yang lemot. Karena tidak dipungkiri bahwa sinyal internet yang lemot sangatlah mengganggu aktivitas online pengguna smartphone seperti mendownload, browsing, streaming, dan lain sebagainya. Baca Juga : Cara Mengaktifkan 4G LTE

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kestabilan dan kecepatan jaringan internet 4G bisa berkurang atau tidak lancar. Salah satunya adalah karena sistem smartphone yang bermasalah. Pada kasus ini, data LTE terlihat memiliki sinyal yang bagus. Tapi entah kenapa koneksi jaringan justru lemot. Hal tersebut tentunya menunjukkan bahwa ada masalah pada sistem ponsel sehingga koneksi internet jadi terhambat. Penyebab lainnya adalah jaringan operator seluler yang bermasalah. Semua provider menjanjikan koneksi internet yang cepat dengan memakai jaringan 4G. Tapi faktanya, tidak semua provider bisa memenuhi janjinya tersebut. Karena masing-masing wilayah memiliki jangkauan BTS dan kuota yang berbeda dalam menyediakan jaringan 4G. Misalnya saja ada 4g lte ooredoo lemot di desa A, tapi justru kencang di desa B atau di kota A.

Terkadang, spek smartphone juga mempengaruhi kualitas jaringan 4G. Semakin bagus kualitas hardware ponsel, maka kualitas data transfer jaringan 4G juga semakin bagus. Terlalu banyak aplikasi juga membuat jaringan 4G LTE tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Setelah mengetahui beberapa penyebab dari koneksi internet 4G yang lemot, di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi jaringan 4G yang bermasalah.

1. Restart ponsel

Apabila jaringan internet lemot tidak begitu sering terjadi, Anda bisa melakukan restart terlebih dahulu. Karena pada beberapa kasus, sistem ponsel yang bermasalah akan pulih kembali secara otomatis setelah di restart. Aplikasi yang berjalan juga akan berhenti, sehingga jaringan internet akan lancar seperti biasanya.

2. Cek Kuota

Tips selanjutnya adalah mengecek kuota data seluler Anda. Karena bisa saja, kuota Anda sudah sangat menipis sehingga koneksi internetnya juga semakin labil. Misalnya saja simpati 4g lte lemot yang biasanya disebabkan karena paket kuota yang tinggal sedikit.

3. Cek jaringan

Cara mengatasi 4g lte tidak stabil selanjutnya adalah dengan mengecek jaringan. Sinyal yang terputus atau lemah adalah kondisi yang paling sering dialami masyarakat. Cobalah Anda tanyakan secara langsung pada penyedia operator jaringan. Atau bisa juga keluar ruangan untuk mencari sinyal yang lebih stabil dan kuat. Untuk memastikan apakah SIM card Anda berfungsi atau tidak, Anda bisa mengujinya pada smartphone lain.

Jika di ponsel lain pun sinyal masih lemot, maka bisa dipastikan bahwa yang salah ada pada kartu seluler Anda. Namun apabila 4g lte indosat lemot atau provider lain menjadi lancar setelah menggunakan ponsel lainnya, maka bisa jadi sistem atau hardware ponsel Anda yang mengalami masalah. Periksa pula ketersediaan jaringan 4G di lokasi Anda. Karena ada beberapa daerah yang memang masih belum dijangkau provider dalam penyediaan koneksi internet LTE.

4. Cek APN

Cara selanjutnya adalah dengan mengecek APN atau Access Point Names. Pakailah APN “internet” tanpa menggunakan username ataupun password untuk kartu seluler apapun yang akan diaktifkan. Hanya saja, cek APN berbeda untuk masing-masing sistem operasi Android. Sebut saja OS Android yang melakukan pengaturan di menu Mobile Network dan iOS pengaturannya ada pada menu Cellular Data Network. Cara ini bisa diterapkan pada jaringan 4g lte xl lemot, Telkomsel, Indosat dan provider lainnya. Setelah mengecek APN, restart ponsel.

4. Resert pengaturan sistem

Jika semua aplikasi online mulai dari media chatting, browser, dan lain sebagainya tidak bisa diakses dengan lancar menggunakan koneksi internet meskipun sinyal sudah jaringan 4G, maka Anda bisa melakukan Reset ulang pada pengaturan Sistem android. Jaringan 4g lte 3 lemot ataupun provider lain biasanya akan kembali lancar setelah ponsel di reset ulang. Cara ini dilakukan jika soft reset pada ponsel tidak bisa mengatasi masalah. Apabila Anda sudah melakukan reset ulang (hard) namun ternyata masalah tetap tidak bisa terselesaikan, maka cara selanjutnya yang bisa dicoba untuk dilakukan adalah Flashing ulang firmware smartphone. Dengan flashing ini, seharusnya semua sistem ponsel dapat berfungsi seperti semula.

5. Akses Safe Mode

Indosat 4g lte lambat juga bisa diatasi dengan cara mengakses Safe Mode. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol daya agak lama lalu tahan Power Off. Jika sudah, klik OK. Jika ponsel Anda sudah menunjukkan kinerja yang baik pada safe mode, bisa disimpulkan bahwa jaringan LTE menjadi lambat karena adanya hambatan dari aplikasi pihak ketiga. Jadi reboot perangkat Anda agar aplikasi tersebut hilang dan ponsel bisa bekerja sebagaimana mestinya.

6. Bawa ke service center

Apabila semua cara di atas tidak bisa menyelesaikan masalah, bahkan proses flashing pun tidak bisa memberikan solusi, maka sangat besar kemungkinannya jika hardware ponsel Andalah yang menjadi pemicu axis 4g lte lemot. Jadi, segera bahwa perangkat smartphone Anda ke service center agar dilakukan sevice atau pemeriksaan.

Jaringan yang lemot memang menjadi hal yang sangat menyebalkan. Maka dari itu, Anda harus mengetahui hal-hal apa saja yang sebenarnya dapat mengganggu kualitas dan kecepatan jaringan 4G LTE. Demikianlah beberapa cara dan tips agar 4g lte tidak lemot. Dengan adanya informasi di atas, semoga masalah Anda terkait dengan jaringan 4G LTE yang bermasalah seperti lemot atau tidak terdeteksi bisa segera terselesaikan.

2 Responses to "Mengatasi Sinyal Jaringan Internet 4G LTE Lemot"

  1. Sekali waktu lancaar banget jaringan 4G nya, tapi sekali waktu juga ngilang sama sekali.
    Tiba2 muncul lagi.

    Mungkin pengaruh cuaca juga kali, ya 🤔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu dari sinyalnya. Salah satu faktornya bisa cuaca. :)

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Advertisement

Iklan Tengah 2

Advertisement

Iklan Bawah Artikel