;

7 Trik Jitu Agar Ngecas HP Android Lebih Cepat Penuh

Memiliki smartphone tentu Anda juga harus tahu cara perawatannya. Perawatan smartphone yang tepat tentu akan semakin memperpanjang daya tahan dan usia ponsel pintar Anda. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam merawat smartphone adalah perawatan baterai. Dalam merawat baterai agar bisa bertahan lama termasuk juga di dalamnya adalah cara pengisian dayanya. Nah, berikut ini adalah beberapa tips cas HP agar baterai awet. Tidak hanya bisa memperpanjang usia baterai ponsel Anda, tips-tips berikut juga sangat berguna untuk membantu Anda mempercepat durasi pengisian daya baterai ponsel Anda.

Trik Jitu Agar Ngecas HP Android Lebih Cepat Penuh
source : www.flickr.com

7 Cara Charge HP Agar Cepat Penuh dan Membuat Baterai Bisa Lebih Awet


Dalam mengisi baterai smartphone, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan juga hindari. Hal-hal yang perlu diperhatikan ini bertujuan untuk membuat proses pengisian lebih cepat, sedangkan hal-hal yang harus dihindari itu ditujukan untuk menghindarkan baterai Anda dari resiko kerusakan. Dengan begitu, tidak hanya akan membuat proses pengisian daya baterai ponsel Anda bisa lebih cepat, namun juga sekaligus membuatnya lebih awet. Apa sajakah itu? Berikut ini cara-cara yang bisa Anda lakukan.

1. Mematikan HP Ketika Ngecas 

Salah satu cara sekaligus tips paling ampuh agar baterai HP cepat terisi penuh adalah dengan mematikan HP ketika sedang charging. Semua aktivitas yang dilakukan oleh HP saat sedang menyala sudah pasti memakan daya. Paket data yang terus diaktifkan dan terkoneksi ke jaringan internet serta layar yang terus menyala adalah penyebab utama konsumsi daya baterai yang cukup besar. Apalagi jika ukuran layar ponsel yang semakin besar serta jenis koneksi internet berteknologi terbaru seperti 4G. Sudah pasti konsumsi dayanya juga semakin besar. Oleh karena itu, untuk membuat proses charging lebih cepat salah satunya dengan mematikan ponsel Anda.

2. Mengaktifkan Airplane Mode 

Cara cas HP android biar cepat selanjutnya yang bisa Anda lakukan jika tidak mau mematikan ponsel adalah dengan mengaktifkan mode pesawat terbang. Airplane mode ini akan membuat smartphone Anda berhenti mencari jaringan. Hal ini juga berarti membuat HP Anda beristirahat sejenak dari pekerjaan yang memakan daya paling besar itu. Nah, selanjutnya untuk semakin mempercepat proses pengisian ini, jangan gunakan smartphone Anda selama proses charging. Akan percuma jika sudah mengaktifkan airplane mode namun Anda masih menggunakannya. Hal itu tetap akan membuat proses pengisian menjadi lama. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika salah satu penyebab konsumsi daya yang paling besar adalah koneksi ke internet dan juga nyala pada layar ponsel Anda, apalagi HP dengan ukuran layar yang lebih besar. Untuk itu, jika ingin mengecas lebih cepat, jangan gunakan ponsel Anda ketika sedang dicas. Dengan begitu proses pengisian bisa lebih cepat.

3. Menggunakan Charger Original 

Selanjutnya, untuk membuat baterai lebih cepat penuh saat dicas, Anda juga harus menggunakan perangkat yang tepat. Memilih charger yang berkualitas adalah jawabannya. Maksudnya charger yang berkualitas ini adalah dengan menggunakan charger originalnya. Charger original pastinya sudah dibuat dengan mempertimbangkan banyak hal termasuk bahan pembuat dan aliran arus yang dialirkan pada baterai. Berbagai penyesuaian pada kondisi HP ini akan membuat proses pengisian lebih cepat dan takaran daya yang digunakan juga tepat sehingga tidak memberikan resiko pada ponsel Anda.

4. Sambungkan pada Port Charger

Kebiasaan lain yang sering dilakukan pemilik smartphone ketika dalam keadaan darurat adalah mengisi pada USB port yang terhubung ke laptop. Hal ini bukanlah solusi yang tepat untuk mengisi daya ponsel Anda. Bukannya mempercepat proses charging ponsel Anda, cara ini malah akan membuat pengisian baterai menjadi semakin lama. Tak hanya itu saja, cara ini juga beresiko membuat baterai Anda menjadi rentan mengalami kerusakan. Karena itu gunakan port charger yang sesuai untuk mengisi baterai ponsel Anda. Selain itu perhatikan pula tegangan pada stop kontak yang Anda gunakan. Gunakan stop kontak dengan tegangan yang sesuai dengan tegangan pada baterai Anda untuk membantu proses pengisian agar lebih cepat.

5. Jangan Menggunakan Power Bank 

Kebiasaan lain yang perlu Anda hindari sebagai salah satu cara charge HP agar cepat adalah dengan tidak menggunakan power bank. Setiap power bank dibuat dengan tegangan listrik yang berbeda-beda. Akan sangat beresiko jika Anda menggunakan power bank apalagi jika tegangan listrik bawaan power bank tersebut tidak sama dengan tegangan standard ponsel Anda. Hal ini selain membuat proses pengisian jadi lebih lama juga bisa membuat baterai Anda lama kelamaan jadi rusak. Jika terpaksa menggunakan power bank pun, Anda harus memilih power bank berkualitas dan pastikan tegangan listriknya sama dengan standard tegangan listrik pada ponsel Anda.

6. Menurunkan Suhu Baterai 

Ketika selesai menggunakan ponsel untuk menjalankan berbagai aktivitas, resource yang digunakan oleh smartphone yang besar tentu akan membuat suhu baterai juga meningkat. Nah, peningkatan suhu inilah yang membuat daya cepat habis. Maka untuk mengecas agar baterai bisa lebih cepat penuh adalah dengan menurunkan suhunya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menutup semua aplikasi yang digunakan, membersihkan memori kemudian membuka cover HP saat melakukan pengisian. Selain itu, suhu tempat mengisi daya juga harus diperhatikan. Mengisi baterai sebaiknya dilakukan di suhu ruangan yang tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Dengan begitu proses pengisian bisa berjalan lebih cepat.

7. Menggunakan Aplikasi Charger Super Cepat untuk Smartphone

Beberapa aplikasi untuk smartphone yang ada saat ini sudah memberikan layanan fast charging. Aplikasi charger HP super cepat ini biasanya bekerja dengan cara menutup semua aplikasi yang sedang dijalankan sehingga membuat konsumsi dayanya juga semakin sedikit. Aplikasi-aplikasi ini bisa Anda dapatkan dengan mudah dan gratis di play store. Dengan menggunakan aplikasi ini akan mendukung proses pengisian menjadi lebih cepat. Namun jika Anda merasa tidak yakin pada aplikasi-aplikasi ini, Anda bisa juga menggunakan fitur fast charging yang sudah disediakan pada smartphone. Beberapa vendor smartphone saat ini sudah memberikan dukungan fast charging pada produk-produknya. Fitur ini akan membantu pengisian daya baterai menjadi 50% lebih cepat. Sayangnya memang tidak semua merek smartphone memiliki fitur ini.

Memiliki smartphone yang tahan lama tentu impian setiap penggunanya. Untuk membuat ponsel Anda bisa bertahan lama itu, tentu saja membutuhkan perawatan yang sesuai. Mulai dari perawatan perangkatnya hingga memperhatikan cara pengisian daya baterainya. Kebanyakan ponsel tidak awet juga disebabkan karena baterainya tidak tahan lama. Karena itu, Anda juga harus bisa melakukan perawatan pada baterai dengan memperhatikan proses chargingnya. Cara mempercepat charge smartphone android di atas bisa Anda lakukan untuk membantu proses pengisian baterai agar lebih cepat. Proses pengisian yang benar tidak hanya akan membantu baterai terisi lebih cepat namun juga bisa membantu memperpanjang usia baterai ponsel Anda. Dengan begitu baterai bisa lebih awet dan smartphone Anda juga bisa bertahan lebih lama.

3 Responses to "7 Trik Jitu Agar Ngecas HP Android Lebih Cepat Penuh"

  1. Keren, nanti saya praktekan ya, biar bisa full 5 menit hehehe

    ReplyDelete
  2. Baru tahu lho aku Airplane Mode bisa mempercepat pengisian dalam ngecas. Bisa dicoba nih, Mas..

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Advertisement

Iklan Bawah Artikel