;

Mengembalikan Kontak Whatsapp yang Hilang, Terhapus atau Tidak Muncul

WhatsApp adalah aplikasi chatting yang hampir semua orang memilikinya. Adanya Whatsapp memang memudahkan para pengguna gadget untuk berkomunikasi hanya dengan memanfaatkan jaringan internet. Menariknya lagi, aplikasi ini secara otomatis terhubung dengan kontak yang ada di dalam ponsel. Sehingga Anda tidak perlu menambahkan nomor secara manual pada aplikasi untuk melakukan chatting. Terkadang, ada kondisi dimana nomor dalam kontak tidak terdeteksi atau hilang dari aplikasi Whatsapp. Penyebab kontak wa hilang sangat beragam. Ada yang dikarenakan tidak sengaja dihapus, ganti ponsel, dan lain sebagainya. Untuk Anda yang mengalami masalah seperti itu, tidak perlu khawatir karena ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kontak pada smartphone bisa kembali muncul di WA. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Mengembalikan Kontak Whatsapp yang Hilang, Terhapus atau Tidak Muncul
WhatsApp Merupakan salah satu aplikasi messenger paling banyak digunakan saat ini

Cara Memunculkan Kembali Nama Kontak Whatsapp Tidak Muncul


1. Setel ulang sinkronisasi

Cara pertama adalah dengan menyetel ulang sinkronisasi ponsel dengan whatsapp. Caranya, Anda buka menu setelan atau pengaturan pada ponsel. Kemudian klik akun dan pilih WhatsApp. Setelah itu, akan muncul layar baru kemudian Anda klik tulisan WhatsApp lagi. Pilih Tombol Menu lalu Hapus akun. Selanjutnya, Anda buka aplikasi WhatsApp. Pilih tulisan Kontak, Klik Tombol Menu dan pilihlah tulisan Perbarui. Apabila cara sinkronisasi ini masih tidak bisa, kemungkinan akses WA telah dihalangi oleh aplikasi keamanan yang ada pada ponsel. Untuk itu, cobalah buka setelan atau pengaturan kembali. Kemudian klik Aplikasi. Pilih WhatsApp dan tap tulisan Izin. Dalam hal ini, pastikan jika semua izin aplikasi sudah diberikan.

2. Ganti ponsel

Banyak kasus dimana pengguna Whatsapp mengganti ponsel mereka dan ingin membackup semua data kontak pada nomor WA yang lama. Cara mengembalikan kontak whatsapp di hp baru sangatlah mudah. Karena aplikasi Whatsapp memang dirancang untuk bisa mem-backup data kontak dengan cepat dan mudah meskipun penggunanya mengganti handphone. Caranya, Anda unduh aplikasi WA seperti biasa. Login seperti biasa, masukkan nomor verifikasi akun yang dikirimkan melalui nomor WA Anda sebelumnya. Secara otomatis, semua kontak dan grup Anda akan pindah ke ponsel baru.

Caranya berbeda jika Anda mengganti nomor telepon. Pada ponsel lama, Anda buka aplikasi WhatsApp. Kemudian masuk ke setelan, lalu pilih akun dan klik ganti nomor. Selanjutnya, masukkan nomor ponsel yang lama. Nomor ponsel yang lama adalah yang tertaut saat ini pada akun WhatsApp Anda. Masukkan setiap digit nomor telepon baru yang hendak digunakan. Lakukan verifikasi pada nomor yang baru dengan cara memasukkan kode verifikasi. Kini, akun WA Anda sudah berganti nomor. Dengan melakukan cara ini, maka nomor kontak yang sudah tersimpan akan tetap muncul walaupun Anda mengganti nomor ponsel. Untuk melakukan cara ini, ada beberapa persyaratan yang harus Anda ikuti. Pertama, pastikan jika kartu seluler yang nomornya Anda daftarkan pada aplikasi Whatsapp dalam kondisi yang aktif. Karena pihak WA akan mengirimkan kode verifikasi hanya pada nomor ponsel yang terintegrasi dengan akun WA. Syarat lainnya adalah Anda harus mempunyai akses langsung ke akun WhatsApp yang lama.

3. Menggunakan akun Google

Cara mengembalikan kontak wa yg dihapus baik secara sengaja ataupun tidak sengaja adalah dengan menggunakan akun Google. Seperti yang diketahui bahwa kontak yang ada di dalam akun WhatsApp memang terintegrasi secara otomatis dengan akun Google. Jadi di akun gmail, ada banyak kontak yang selama ini Anda simpan di dalam Phone Book. Apabila nomor kontak yang tersimpan pada akun Google melebihi batas maksimal yang tersedia, maka di Phone Book akan ada beberapa kontak yang tidak muncul di aplikasi WhatsApp.

Cara mengatasinya sangatlah mudah. Pertama, Anda klik Settings pada menu aplikasi kontak smartphone. Kemudian klik opsi Contact to display. Lakukan pengecekan list akun Gmail yang menjadi tempat Anda menyimpan kontak. Selanjutnya, Refresh Contact di WhatsApp. Dengan cara ini, maka kontak yang sebelumnya tidak terdeteksi atau hilang akan muncul dan bisa di chat seperti biasanya.

4. Ubah Permission

Saat mendaftarkan nomor pada akun Whatsapp, Anda akan diminta untuk memilih apakah WA bisa mengakses kontak yang ada di dalam ponsel atau tidak. Dengan memilih “Ya” maka secara otomatis kontak yang ada di dalam ponsel akan terhubung dengan akun Whatsapp. Karena pada dasarnya, nomor yang ada di hp akan berintegrasi dan menjadi kontak di WA. Karena keunggulan inilah Anda bisa dengan mudah melakukan backup data atau kontak di WA. Apalagi setelah kemunculan sistem operasi Android Marshmallow. Dimana dengan adanya sistem ini, Anda bisa menentukan Permission apa saja yang berhubungan dengan aplikasi. Dengan cara ini, Anda bisa memberikan izin atau tidak terkait dengan fitur WA dalam membaca kontak pada ponsel. Saat kontak tidak muncul di dalam aplikasi WA, bisa jadi Anda tidak sengaja mematikan “off” Permission WhatsApp sehingga kontak yang tersimpan di dalam WA menghilang.

Tidak perlu khawatir karena ada cara yang bisa mengatasinya. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke dalam menu pengaturan atau Settings. Kemudian, pilihlah opsi Application. Pada aplikasi WA, Anda klik Permission. Aturlah agar Permission WA untuk membaca semua kontak di dalam ponsel menjadi On. Perlu diingat bahwa cara mengubah Permission ini hanya berlaku untuk ponsel Android yang sudah menggunakan OS Android Marshmallow.

5. Bersihkan cache

Cara lainnya adalah dengan membersihkan cache pada aplikasi WA. Cara ini bisa dicoba apabila kontak yang ada di WhatsApp Anda secara tiba-tiba menghilang. Untuk mengembalikannya, Anda masuk ke menu pengaturan ponsel. Kemudian klik Application. Jika sudah, pilihlah aplikasi WhatsApp. Selanjutnya, akan muncul Apps Info pada layar. Anda pilih opsi menu Force Stop. Lalu klik opsi Clear Cache. Apabila sudah dilakukan, Anda restart ponsel dan cobalah untuk masuk ke aplikasi WA dan lihat kontak yang ada di dalamnya. Kontak yang sebelumnya hilang tanpa jejak akan kembali lagi pada akun WA Anda. Cara ini tentunya sangat cocok jika ada salah satu kontak wa hilang dan Anda berniat untuk mengembalikannya lagi.

Kini, Anda tidak perlu risau jika ada kontak WA yang menghilang. Anda pun bisa dengan mudah dan leluasa menggonta-ganti ponsel ataupun nomor hp tanpa perlu khawatir kontak di dalam WA akan menghilang. Hanya saja tetap, Anda harus memastikan bahwa nomor yang akan digunakan untuk terhubung dengan Whatsapp dalam kondisi yang aktif. Karena jika tidak aktif atau kartu tersebut hilang sebelum Anda mengganti nomor, maka akan sangat sulit bagi Anda untuk mengembalikan kontak dan grup yang sudah ada di dalam akun WA sebelumnya. Demikianlah cara-cara yang bisa dilakukan untuk memperlihatkan kembali nama kontak whatsapp tidak muncul, semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengembalikan Kontak Whatsapp yang Hilang, Terhapus atau Tidak Muncul"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Advertisement

Iklan Tengah 2

Advertisement

Iklan Bawah Artikel