;

Ciri Smartphone Android terkena Virus dan Cara Mengatasinya

Saat ponsel terkena virus, tentunya Anda akan sangat khawatir dengan keamanan data di dalam ponsel. Hal tersebut sangat wajar, mengingat virus bisa membuat perangkat menjadi lemot bahkan menghilangkan data penting yang ada di dalam smartphone. Oleh karena itulah kenapa Anda harus mengetahui Tanda smartphone android terkena malware dan solusinya. Virus adalah sebuah program yang sangat merugikan. Virus dalam dunia pemrograman adalah bad script yang dapat mengganggu dan merusak kinerja sistem smartphone. Cara Menghilangkan virus pada smartphone sebenarnya sangat mudah karena bisa dilakukan dengan menggunakan komputer atau laptop biasa yang sudah dibekali dengan aplikasi penghapus virus. Hal tersebut tentu saja karena Android adalah platform yang sifatnya open source. Sehingga Anda bisa mendeteksi atau mengenali file atau aplikasi yang terserang virus atau crash. Tapi untuk mencegah virus semakin merusak dan mengganggu kinerja ponsel, Anda harus memahami terlebih dahulu apa saja ciri-ciri dari smartphone yang terkena virus.

Inilah Beberapa Tanda Smartphone Android Terkena Malware dan Solusinya


Ciri Smartphone Android terkena Virus dan Cara Mengatasinya
Ngertiin Dong...

Umumnya, ponsel yang terserang virus akan membuat kinerja Android menurun. Hal ini tentu saja membuat ponsel tidak bisa bekerja sesuai dengan fungsinya. Serangan virus yang semakin parah juga bisa membuat sistem operasi ponsel rusak. Kondisi tersebut tentu merugikan Anda. Saat ini, ada banyak jenis virus yang tersebar di dunia pemrograman. Biasanya virus ini masuk melalui jaringan internet. Virus memang diprogram untuk merusak file atau menghilangkannya dari ponsel. Sebelum file dalam perangkat smartphone Anda benar-benar terserang virus secara keseluruhan, maka sudah seharusnya Anda memahami apa saja tanda-tanda ponsel terkena malware. Di bawah ini adalah beberapa Ciri android terkena trojan atau malware.


1. Muncul Iklan Pop-up

Ciri pertama adalah munculnya iklan aneh pada smartphone Anda. Apalagi jika pesan atau iklan tersebut terlihat seperti pop-up. Biasanya, iklan pop-up akan muncul ketika Anda memainkan game atau aplikasi gratis. Hal tersebut masih dalam tahap wajar. Tapi jika Anda tidak melakukan apapun tapi secara tiba-tiba tampil pada layar pesan atau iklan pop-up, maka bisa dicurigai bahwa ponsel Anda sedang terkenal virus. Untuk berjaga-jaga, jangan pernah kamu mengklik pesan mencurigakan tersebut. Karena bisa jadi, peretas tengah menunggu agar informasi penting di dalam ponsel Anda bisa diambil.


2. Penggunaan Internet yang Tidak Wajar

Tanda smartphone android terkena malware dan solusinya selanjutnya adalah pemakaian data internet yang tidak wajar dan cenderung berlebihan. Jika Anda mengalaminya, maka segeralah atasi secepat mungkin. Karena virus yang dapat membuat data internet terkuras habis biasanya akan mengambil informasi penting pada ponsel seperti nomor kartu kredit, kontak telepon, password dan lain sebagainya. Jika data sudah berhasil dicuri, maka virus akan mengirim data informasi kepada hacker menggunakan akses internet secara otomatis. Hal inilah yang membuat kuota Anda semakin berkurang dan data ponsel dicuri.

3. Menerima atau Mengirim SMS Aneh

Ciri selanjutnya adalah ponsel yang secara diam-diam menerima atau mengirim SMS aneh. Bahkan, bisa jadi ponsel melakukan panggilan pada normor tertentu. Teknik sms phising ini biasanya digunakan para peretas untuk mengambil alih semua akun media sosial dan akun perbankan Anda.


4. Redirect Malware

Apabila Anda sedang membuka aplikasi tertentu atau browsing tapi tiba-tiba pada tampilannya muncul redirect pada situs yang aneh, maka Anda harus menaruh rasa curiga. Cobalah periksa semua aplikasi yang terinstall pada ponsel. Apakah ada aplikasi yang tidak Anda kenali? Jika ya, maka ponsel Anda benar-benar terserang virus malware.

5. Gangguan Program

Smartphone Android yang terserang virus umumnya akan mengalami gangguan program. Misalnya saja sedang menelpon tapi secara tiba-tiba malah terputus. Bukan karena sinyal yang jelek atau pulsa yang habis, tapi disebabkan oleh hal yang tidak Anda ketahui. Tak hanya itu, aplikasi juga bisa disabotase oleh peretas untuk merusak aplikasi dan program yang ada.


6. Smartphone sering error atau crash 

Ciri android terkena trojan selanjutnya adalah performa ponsel yang semakin sering error atau crass. Hal ini tentunya menyebabkan performa ponsel Android semakin lama. Virus yang menyelinap melakukan beragam aktivitas di dalam ponsel. Hal tersebutlah yang membuat kinerja Android melambat. Kondisi ini jugalah yang membuat daya baterai menjadi cepat habis. Padahal Anda tidak melakukan apa-apa yang membuat Android bekerja terlalu keras. Virus akan membuat ponsel Anda terasa lebih lemot. Bahkan jika sudah parah membuat ponsel hang. Hal ini bisa saja dikarenakan Anda telah mengunduh sebuah cache yang didalamnya berisi malware yang berbahaya untuk ponsel.

7. Waktu Booting Lama

Ciri dari ponsel Android yang telah terkena virus adalah waktu booting yang tergolong cukup lama. Sebenarnya, ada beberapa penyebab kenapa booting smartphone bisa menjadi lama. Diantaranya adalah memori internal yang terlalu rendah, RAM yang minim atau ada virus yang masuk ke dalam ponsel.

Setelah mengetahui apa saja ciri-ciri ponsel Android yang terserang virus, hal penting yang harus Anda ketahui selanjutnya adalah bagaimana caranya menghilangkan atau menghapus malware dalam ponsel. Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah Cek virus hp di android adalah menghapus aplikasi apa saja yang sekiranya tidak bisa dibuka atau mengalami kerusakan. Jika ada aplikasi yang membuat Android lag, Anda harus menghapusnya sesegera mungkin. Caranya sangat mudah. Anda cukup masuk ke menu “Safe Mode” kemudian cek aplikasi yang terinstall pada smartphone. Selanjutnya Anda hapus aplikasi saja yang terlihat mencurigakan. Solusi yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah memasang aplikasi antivirus pada ponsel. Saat ini ada banyak sekali aplikasi yang bisa mencegah sekaligus mengatasi virus pada Android. Agar lebih aman, sebaiknya Anda unduh aplikasi antivirus pada Google Playstore.

Karena toko aplikasi tepercaya tersebut tentunya sudah memiliki fitur tersendiri yang bisa menghalangi virus berbahaya tersemat pada aplikasi-aplikasi yang disediakan. Lain halnya jika Anda mengunduh aplikasi antivirus melalui situs internet. Dimana kemungkinan jika aplikasi yang disediakan situs tersebut mengandung virus masih sangat besar. Dengan menggunakan antivirus maka ponsel Anda akan selalu terlindungi dari malware atau virus yang berbahaya.

Apabila kondisi ponsel Anda sudah sangat parah, sehingga aplikasi mencurigakan tidak bisa dihapus dan antivirus pun tidak bisa mengatasi virus tersebut maka solusi yang bisa Anda lakukan adalah mereset ponsel Android. Cara ini adalah solusi terbaik agar virus yang ada di dalam ponsel bisa terhapus dengan permanen. Hanya saja dengan menggunakan cara ini, Anda harus siap kehilangan semua data yang ada di dalam smartphone. Semua aplikasi media sosial, game dan lainnya juga akan hilang saat Anda mereset ponsel. Jika Anda tidak ingin jika ponsel kesayangannya terkena virus, maka bijaklah dalam menggunakan internet dan selalu Cek virus hp di android setiap saat. Selain itu, selalu unduh dan install aplikasi dari playstore yang jelas keamanannya.

8 Responses to "Ciri Smartphone Android terkena Virus dan Cara Mengatasinya"

  1. nah kalo gue sering iklan pop up nyebelin huh

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha sya jga pernah mengalaminya gara-gara instal share it hehe :D

      Delete
    2. memang kadang aplikasi yang menggoda itu ternyata jebakan,,, disisipi iklan, cie bahanya menggoda

      Delete
    3. wkwk laku dikit sisipin biar dapet uang bro :D

      Delete
  2. Alhamdulillah saya gak pernah dapat kendala kayak gini sih, tapi biasanya nemu iklan pop-up dari aplikasi contohnya share it atau opera max, ganggu banget sumpah.

    ReplyDelete
  3. Sejauh ini sih punyaku nggak, Mas. Tapi kalau pernah dapet itu ya iklan, tapi ya itu gara-gara habis instal apk apa gitu, maenin joox juga kadang muncul iklan gitu :D

    ReplyDelete
  4. Iklan pop up parah bngt, bikin hp eror mulu,

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya bro, iklan jenis itu memang hrus di berantas :D

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Advertisement

Iklan Tengah 2

Advertisement

Iklan Bawah Artikel