;

Aplikasi Untuk Mengetahui Kapan Matahari Terbit dan Terbenam

Mengetahui posisi matahari sangat penting bagi seorang photographer atau traveler. Dengan mengetahui letak dan jalur matahari, kita dapat menentukan kapan matahari terbit maupun kapan matahari terbenam. Selain itu, kita juga dapat menentukan waktu yang tepat untuk berburu foto ataupun sekedar berpetualang.

Nah, berikut saya rangkum beberapa aplikasi terbaik khusus untuk mengetahui kapan matahari terbit dan tenggelam.

1. Sun Position (Demo dan Berbayar)
Aplikasi sun position merupakan aplikasi khusus untuk menunjukan matahari terbit dan tenggelam. Selain itu, aplikasi ini juga dapat memberikan informasi mengenai jalur matahari dan bulan pada kenyataan. Ditambah lagi dengan informasi yang lengkap seperti reality camera view di lokasi, moon rise atau set times, golden hour, waktu senja, serta fase bulan.

Aplikasi Untuk Mengetahui Kapan Matahari Terbit dan Terbenam

Aplikasi ini juga memiliki tampilan peta matahari dan bulan sesuai lokasi anda. Dengan adanya widget untuk homescreen, anda dapat dimudahkan dalam melihat informasi terkini.

Berikut adalah fitur unggulan dari Sun Position :

2. LightTrac (Berbayar)
LightTrac adalah aplikasi smartphone Android dan iOS (seperti iPhone, iPod, iPad) yang dikhususkan untuk pada pecinta fotografi outdoor yang berguna untuk merencanakan dan mengetahui kondisi pencahayaan di suatu tempat pada waktu yang ditentukan.

LightTrac

Fitur yang terdapat pada LightTrac :

3. Sunrise Sunset (Gratis)
Aplikasi ini merupakan aplikasi gratis untuk melihat matahari terbit dan terbenam di tempat manapun dan waktu kapanpun. Selain gratis, aplikasi ini juga memiliki tampilan interface yang keren dan simple.

Sunrise Sunset

Fitur yang terdapat di Sunrise Sunset :

Selain dengan aplikasi, anda juga dapat menggunakan pelacak matahari berbasis web. Anda dapat mengunjungi http://suncalc.net.

pelacak matahari berbasis web

Dengan Sun Calc anda dapat mengetahui :
  • Astronomical twilight
  • Nautical twilight
  • Civil twilight
  • Sunrise
  • Daylight
  • Sunset
  • Civil twilight
  • Nautical twilight
  • Astronomical twilight
  • Night
Selain cocok digunakan untuk para fotografer dan traveler. Aplikasi ini juga bisa digunakan oleh seorang muslim yang sedang menjalankan aktivitas outdoor seperti menjadi gunung atau ekspedisi hutan untuk menentukan waktu subuh dan magrib disaat darurat. Tentu ini sangat berguna untuk mencari waktu sholat yang tepat disaat kita tidak memiliki informasi mengenai waktu solat.

Sekian Artikel kali ini, semoga pembahasan diatas berguna dan bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah.

2 Responses to "Aplikasi Untuk Mengetahui Kapan Matahari Terbit dan Terbenam"

  1. Aplikasi ini cocok banget buat para traveller, maupun fotografer ya mas. Kalo saya mah kayaknya nggak perlu install aplikasi ini, soalnya mataharinya juga udah keliatan sih

    ReplyDelete
  2. Makasih Gan, udah sharing tentang aplikasi untuk mengetahui kapan matahari terbit dan terbenam.
    Izin bookmark :)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 2

Advertisement

Iklan Bawah Artikel