JOOX vs Spotify : Kelebihan, Kelemahan & Mana yang terbaik?

JOOX Music atau Spotify? Siapa yang lebih baik? Tentu itulah yang mungkin sedang di cari oleh pecinta music streaming indonesia. Saat ini, Music Streaming sangat Populer dan menjadi Trend Terkini karena selain Legal & Halal, Mendengarkan Music streaming dapat menghemat ruang penyimpanan storage smartphone anda.

Advertisement

Yang pertama kali hadir di indonesia mungkin Jokebox by Tencent. Tetapi Kemarin, Spotify Indonesia juga ikut meramaikan kancah aplikasi musik online indonesia yang tentu saja siap bersaing dengan music streaming lain seperti Apple Music, Deezer Music, Guvera dan tentunya Joox.

Jadi, Manakah yang terbaik antara Spotify vs Joox? Berikut adalah Perbandinganya

 

  • Dari Segi Tampilan atau Interface
Dilihat dari tampilan antarmuka, JOOX (Kiri) terlihat lebih berwarna dan atraktif, sedangkan spotify (Kanan) Lebih terlihat simple & elegan karena spotify terlihat lebih mengutamakan kemudahan dan kesederhanaan. Tetapi, JOOX mempunyai nilai lebih karena JOOX menyediakan Theme Center sehingga pengguna bisa mengubah tampilan JOOX mereka dengan mengunduh tema yang telah disediakan.
kumpulan tema joox
Beberapa tema yang tersedia di Galeri Tema JOOX

Walaupun JOOX lebih terlihat keren, tetapi kelebihan itu harus di bayar mahal karena pengoprasian aplikasi menjadi lebih berat apalagi di smartphone low end yang memiliki prosesor lawas dan ram yang kecil. Sebaliknya, Spotify memiliki performa yang ringan dan cepat karena aplikasi ini mengusung tampilan yang sederhana.

Advertisement
  • Pendaftaran Member Baru
tampilan sign up spotifytampilan sign up joox
Dari segi ini, Kedua aplikasi menyediakan pendaftaran yang memudahkan pengguna untuk melakukan sign up karena kedua aplikasi ini tidak membutuhkan credit card seperti Apple Music.
Di joox, anda dapat mendaftar menggunakan akun We Chat, Facebook maupun Email. Dan di Spotify, Anda bisa menggunakan Email maupun Facebook.
  • Katalog & Kategori Musik
genre & mood kategori spotifygenre & mood kategori joox
Kedua aplikasi ini memiliki katalog musik yang hampir mirip seperti Genre dan Mood. Joox lebih menitik beratkan ragam kategore genre musik yang sangat lengkap, bahkan pop sunda dan dangdut pun ada di dalamnya. Tetapi, Untuk Mood, Spotify lebih unggul karena banyak sekali pilihan yang sangat pas sesuai keadaan pengguna. Contohnya, jika anda ingin tidur, anda dapat memilih mood tidur, dan banyak lagi mode keren lain yang dapat dipilih seperti Suasana Hati (Sedih, Semangat, Santai dan lainya), Pesta, Running, Perjalanan, Dekade, Makan Malam, Komedi dan masih banyak lagi. Joox juga memiliki fitur ini, tetapi tidak sebaik yang dimiliki spotify.
Sekedar info, Spotify mengklaim bahwa sudah ada 30+ Juta lagu tersedia di list musik mereka, Sedangkan JOOX baru memiliki sekitar 5+ Juta lagu. Tentunya itu wajar karena JOOX merupakan pendatang baru, sedangkan Spotify sudah sangat lama dalam bisnis ini.
  • Kualitas Suara Saat Streaming Lagu
pengaturan kualitas suara spotify
Dari segi kualitas suara, keduanya memiliki pengaturan kualitas musik yang bisa diatur lewat pengaturan. Untuk Spotify, pengaturan kualitas suara bisa diatur secara otomatis sehingga menyesuaikan dengan kecepatan koneksi internet pengguna. Untuk JOOX, musik dapat diatur dengan kualitas low, medium atau high. Pengaturan low tentunya akan menghemat data yang dibutuhkan untuk streaming musik, begitupun sebaliknya.
  • Sinkronisasi antar perangkat
halaman depan joox web
Fitur sinkon merupakan fitur yang wajib ada di setiap penyedia layanan music streaming. Alasanya tidak lain karena user mungkin menggunakan banyak perangkat yang beragam seperti PC, Notebook dan Smartphone. Nah, untuk mendukung mobilitas, Spotify maupun JOOX juga memiliki fitur ini, Tetapi untuk urusan sinkronisasi, Spotify lebih unggul karena dengan hanya mendownload lagu di perangkan desktop atau PC, anda dapat langsung mengontrol lagu yang kamu unduh dan dengarkan di smartphone seperti android atau ios, begitupun Sebaliknya.
Dan fitur lain yang dimiliki kedua aplikasi ini yaitu Semua lagu yang ada di akun kamu akan tersimpan di semua perangkat secara otomatis, Jadi anda tidak akan kerepotan walaupun berpindah-pindah perangkat, asalkan menggunakan akun yang sama.
  • Layanan VIP & Premium
layanan vip gratis jooxlayanan vip gratis spotify
Untuk layanan Premium & VIP, keduanya menyediakan trial gratis. JOOX menyediakan layanan VIP Gratis selama 1 bulan untuk member baru, Sedangkan Spotify menyediakan 1 Minggu Layanan Premium untuk member baru. Jika masa layanan habis, Anda masih dapat mendengarkan lagu tetapi dengan konsekuensi anda akan mendengarkan iklan audio di setiap anda memutar musik. Dan untuk JOOX, anda tidak akan bisa menikmati lagu berlabel VIP lagi dan fitur download pun tidak akan tersedia.
Tetapi, ada kelebihan yang sangat keren dari JOOX. Kita dapat memiliki layanan VIP Gratis selama satu hari Gratis! Caranya yaitu hanya dengan menshare lagu yang kita dengarkan ke sosial media seperti facebook maupun wechat. Jadi, kita bisa mendapatkan VIP Selamanya hanya dengan share lagu setiap hari. Keren bukan?
pembayaran joox vip
Dan untuk pembayaran, JOOX lebih mudah karena kita bisa membayar dengan billing operator lewat google play, jadi dengan hanya menggunakan pulsa, kita tidak perlu repot-repot membayar dengan kartu kredit. Tetapi, menurut info yang saya pernah baca, Fitur ini pun akan tersedia di spotify, hanya tinggal menunggu waktu saja.
  • Fitur Tambahan
fitur dts pada joox
Untuk fitur tambahan, Spotify mungkin sedikit kalah karena JOOX memiliki beberapa fitur keren seperti DTS yang dapat meningkatkan kualitas audio dengan mengunakan efek DTS yang telah disediakan. Sayangnya, fitur ini tidak tersedia secara gratis! Anda diharuskan untuk membayar 15 ribu rupiah / bulan. Tetapi tenang saja, Bagi member baru, akan diberikan layanan DTS gratis selama 3 Bulan secara cuma-cuma.
fitur timer pada joox
Fitur lain yang tak kalah penting yaitu Timer. Lagi-lagi, Spotify tidak dibekali fitur ini dan harus tunduk kepada JOOX karena JOOX memiliki penghitung waktu sehingga anda dapat mengatur kapan aplikasi dimatikan. Tentunya fitur ini sangat penting ketika kita ingin mendengarkan musik sebelum tidur.
lirik pada joox
JOOX juga memiliki fitur lirik yang akan muncul setiap kita mendengarkan lagu yang kita pilih. Tentu fitur ini sangat penting apalagi buat anda yang suka berkaraoke ria selagi mendengarkan musik.
fitur kutipan lirik maker
Dan ada suatu fitur yang menarik dari JOOX. Fitur ini dinamakan Kartu lirik! Kartu lirik berguna untuk membuat kutipan lirik bergambar dari lagu yang sedang kita dengarkan. Anda dapat mengatur lirik yang ingin di kutip, Background, dan Jenis Font. Setelah anda membuat suatu kartu lirik, anda dapat menshare nya ke sosial media ataupun dijadikan Profil Picture. Keren Bukan?
KESIMPULAN
Dari semua compare diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa Kedua aplikasi musik streaming diatas memiliki kelebihan dan kelemahanya masing masing. Spotify lebih unggul di segi performa yang ringan dan tampilan yang sederhana. Belum lagi Lagu yang disediakan oleh Spotify sangat banyak, Sekitar 30+ lagu tersedia dalam list musik mereka. Tidak lupa, Spotify juga memiliki fitur tangga lagu yang sangat penting karena fitur ini dapat mempermudah kita untuk mendengarkan musik yang terbaik saat ini. Dan tidak lupa, Spotify juga memiliki Katalog Musik yang bagus apalagi kategori MOOD nya yang dapat mempermudah kita dalam memilih lagu sesuai keadaan pengguna.
Untuk JOOX, Kelebihan yang paling menonjol yaitu dari segi interfacenya. JOOX menyediakan Galeri tema sehingga user tidak akan bosan dalam menatap aplikasi JOOX. Keunggulan lainya yaitu pada fitur tambahan seperti Timer. Lirik, DTS Effect dan Kartu Lirik yang sangat berguna untuk menunjang aktifitas Musik Streaming pengguna.
Dan yang paling Penting, JOOX memiliki fitur sharing sosial yang dapat menghasilkan layanan VIP Gratis selama 1 Hari. Dengan fitur ini, pengguna dapat menjadi anggota VIP setiap hari tanpa harus mengeluarkan biaya.
KELEBIHAN JOOX
  • Interface Bagus karena memiliki Galeri Tema
  • Fitur Share to get VIP
  • Memiliki Lirik
  • DTS
  • TIMER
  • Kartu Lirik
  • Musik Indonesia yang lengkap
  • Pembayaran mudah, bisa memakai pulsa
KELEMAHAN JOOX
  • Sedikit lebih berat dibandingkan Spotify
  • Kualitas Audio dibawah Spotify
  • Jumlah lagu hanya sekitar 5+ Juta
KELEBIHAN Spotify
  • Ringan, Cocok untuk device low end
  • Sederhana
  • Mudah Digunakan
  • Memiliki lagu yang sangat banyak, Sekitar 30+ Juta Lagu
  • Tangga Lagu
  • Fitur MOOD yang Akurat
  • Unggul dalam sinkronasi perangkat
KELEMAHAN Spotify
  • Tidak memiliki lirik
  • Tidak adanya TIMER
  • Pembayaran sedikit ribet
  • Tidak memiliki fitur layanan premium gratis seperti joox setelah habis masa trial

Share jika suka!

0 thoughts on “JOOX vs Spotify : Kelebihan, Kelemahan & Mana yang terbaik?”

  1. Saya bikin review dari segi pengalaman Spotify Premium dari Malaysia
    Tentang kelemahan Spotify yg dong bilang,
    1. Lirik mmg betul teda direct display, kena pakai Musixmatch tapi, Spotify dgn Musixmatch akan melancarkan integrasi dlm tajun ini tentang direct lyrics display.
    2. Pasal ribet, subjective terpulang kpd telcol, mcm sya pakai Maxis, sya bayar RM10 (IDR 32,892.33/bulan) saja + ektra 1GB utk Spotify download
    3. Sya dpt Shazam, SoundHound serta main DJ dgn lagu2 dari Spotify, DJ app ialah Algoriddim dimana JOOX nada DJ app yg bisa dpt.

    Kelebihan utk JOOX:
    1. kelebihan ini terpulang kepada jika kamu lebih minat lagu2 Asia, in this case JOOX menang sbb lagu2 Asia mmg lebih daripada Spotify.
    2. Kalau suka share lagu melaui media sosial pakai WeChat lebih daripada Whastapp, JOOX mmg pilihan, kalau ndak, then Spotify.

    Harap maklumat sya dpt tolong sbb sya pun pakai banyak streaming app, termasuk Deezer, Beatport, Apple Music & Tidal, yg sya boleh bilang, Spotify & Deezer still the best sbb sya lebih kpd lagu2 barat sama electronik.

  2. Kenapa ga dibandingkan dengan deezer ? Bagi yang paham audio, music playernya deezer ini akurat frekuensi yang dihasilkan. Jadi mulai dari 20Hz sampe 20 kHz itu clearly kedengeran di perangkat audio premium, kalau Joox frekuensi rendah keluar jg tapi kurang nendang, kalau Spotify dia main aman yang dominan mid rangenya. Jadi kalau orang yang bener2 penikmat musik cocok tuh download Deezer. Kalau sekedar mau simpel sih dan lebih suka lagu lokal ya Joox aja. Dan untuk penikmat lagu2 yang anti mainstream ya pake spotify karna koleksinya terlengkap.

  3. yooo kalo deezer sound nya bisa sampe lossless (1411kbpsan), kl spotify di pc cm 160kbps (normal) and mentok di 320kbps (high).. tp sayang kl denger FLAC di headset/headphone or speaker murah, ga akan kerasa bedanya. kadang juga susah bedain 320kbps sama lossless.. harus true audiophile dulu kayaknya haha..
    tp kl dari database kayaknya tetep spotify deh (currently using spotify).. pernah nyoba Joox, ya lumayan buat lokal n asia (pdhl di spotify juga ada), soalnya suka sm fitur lirik bawaannya…

  4. Wahhh… Saya udh setia di spotify, tpi kurangnya gk bisa denger offline klo gk bayar premium dan gratis tpi berisi iklan, sdngkan joox bisa gratis dan vip hanya share lagu.. Tpi masih banyakan lgu di spotify…

  5. overall spotify is winner over joox
    why
    spotify got all category all you want
    other user can contribute
    fun fact apple copy & paste spotify looks into itunes

  6. Saya dari Malaysia, sesetengah data plan adanya partner dgn JOOX atau Spotify dan adanya kedua-dua….
    Kena pilih yg mana lagi best? dari segi streaming dll dgn guna unlimited data plan….

Leave a Comment