Cara Instal AMD Crimson Driver di APU A10 5750M (Radeon 8650G + 8670M)

Ketika saya selesai menginstal Driver VGA versi terbaru yaitu AMD Crimson di Laptop saya yaitu Asus X550DP, saya mengalami sedikit masalah yaitu muncul keterangan Display Driver Not Instaled ketika membuka Radeon setting. Yang jadi kemungkinan adalah Radeon 8650G yang terdapat dalam APU Belum support GCN (Graphic Core Next) Sehingga tidak dapat menginstal crimson versi terbaru.

Advertisement
kelebihan amd crimson

Tetapi, yang sangat disayangkan adalah VGA Diskrit Radeon laptop saya yaitu 8670M mendukung GCN sehingga sangat mubazir jika tidak di manfaatkan dengan menginstal Driver versi terbaru.
Tetapi tenang, disini mimin akan bagikan tutorial cara menginstal Driver Crimson Terbaru di device yang mirip dengan kasus saya seperti yang telah di jelaskan tadi.

Overview amd driver crimson


BAHAN yang dibutuhkan

  • Driver AMD Crimson versi 15.11.1 beta atau AMD Catalyst (Pilih driver yang work di Komputer agan)
  • Driver AMD Crimson Terbaru yang ingin anda instal
  • DDU (Untuk menghapus secara bersih driver vga anda)
Kemudian ikuti tutorial berikut ini
  • Download Driver AMD Crimson versi Beta 15.11.1 atau jika driver tersebut masih belum bisa bekerja dengan baik, anda bisa menggunakan driver Catalyst.
  • Kemudian Hapus driver anda secara bersih menggunakan DDU (Display Driver Uninstaler)
  • Setelah itu, Instal Driver Crimson versi 15.11.1 atau Driver catalyst yang anda inginkan
  • Setelah driver terinstal dan bekerja dengan baik, restart komputer / laptop terlebih dahulu kemudian 
  • Timpah dan instal dengan driver crimson versi terbaru
  • Jika sebelumnya anda menginstal driver crimson, maka akan ada contact dialog seperti gambar di bawah ini dan jika anda sebelumnya menginstak driver catalyst, maka tidak akan muncul gambar di bawah ini.
cara instal amd crimson di vga non gcn
  • Kemudian pilih Upgrade dan instal seperti biasa
  • Dan tara! Radeon setting pun bisa di buka dengan normal dan driver pun bekerja dengan baik.
Mungkin sekian tutorial cada singkat menginstal driver crimson dari mimin, jika ada yang ingin ditanyakan anda dapat berkomentar di bawah.

Share jika suka!

0 thoughts on “Cara Instal AMD Crimson Driver di APU A10 5750M (Radeon 8650G + 8670M)”

  1. Apa masalahnya? Usahakan clean install & hapus driver sebelumnya menggunakan ddu terlebih dahulu, dan install lah crimson versi 15.12 atau 15.11.1 karena untuk crimson yang terbaru sepertinya kurang compatible

  2. min, ane pengguna Asus X550D processor A10 5750M (Radeon 8650G + 8670M). trus ane uda pernah mau coba upgrade ke amd crimson tapi nyatanya kaga bisa, message yg muncul pasti driver vga not compatible. ane coba paksain pasti nantinya setelah selesai trus restart, driver amd crimsonnya kaga bisa di buka. padahal sebelumnya ane uda uninstal semua driver catalyst. trus pernah nyoba pakai autodetect yg dari amd tetap aja sarannya download amd catalyst. mau nyoba up lewat driver amd catalyst katanya itu versi uda paling update. ane pakai win 10 64bit.

  3. pakai crimson versi 16.2.1
    kalau windows 10 ane saranin pakai driver dari windows update tapi kalo dari windows update tidak bakal ada settingan vga. saya juga pakai driver dari windows update soalnya

Leave a Comment