5 Tips Dasar Memotret & Mengambil Foto menggunakan HP & Smartphone

tips mengambil gambar menggunakan HP

Di zaman sekarang, perkembangan dunia fotografi sangatlah pesat. Banyak sekali berbagai produk kamera yang dilengkapi dengan fitur-fitur baru dan mengesankan. Tak ketinggalan, Perkembangan kamera pun marambah ke rana smartphone. Kamera sudah menjadi fitur wajib pada handphone pintar saat ini. Bahkan sekarang ini, Performa & Kualitas gambar yang dihasilkan smartphone dapat menandingi Kamera Saku bahkan Kamera DSLR.

Saat ini, fitur kamera smartphone sudah seperti layaknya kamera digital professional. Kebanyakan Smartphone High End telah menyisipkan Pengaturan Kamera seperti ISO, WB, Focus, Resolusi, Efek, Zoom, Image Stabilizer dan masih banyak lagi.
Bahkan, ada juga smartphone yang sudah memiliki Resolusi Gambar tingkat tinggi yang mencapai 41MP seperti Nokia Pureview, dan banyak juga smartphone yang sudah memiliki fitur focus menggunakan sensor laser dan memiliki lensa bawaan khusus seperti Samsung Galaxy K ZOOM.

Nah, kali ini mimin akan share Tips memotret gambar menggunakan smartphone atau hp biasa agar Foto yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik dan bagus.
Berikut adalah 5 Tips Dasar mengambil gambar menggunakan HP

a. Lebih dekat ke obyek 

macro yellow flower by septian rishal

Ponsel sebuah kamera yang beredar di pasaran kebanyakan tidak dibekali dengan lensa zoom yang maksimal & memadai, jadi pastikan Anda mengcloseup atau mendekati obyek yang akan dibidik. Pastikan lengan tidak bergoyang saat memotret dan aturlah focus secara tepat dan pas.

b. Berhati Hati-hatilah dengan cahaya

tips memotret di tempat yang memiliki sumber cahaya

Cobalah untuk mengambil sebuah foto dalam kondisi penerangan yang cukup. Saat merekam atau memotret di bawah terpaan sinar matahari, obyek janganlah membelakangi sumber cahaya, karena obyek akan menjadi gelap dan tidak jelas.

c. Steady Jaga keseimbangan dan goncangan

cara menahan goncangan saat menjepret

Usahakan tangan Anda jangan sampai bergoncang & bergoyang saat memotret maupun merekam. Hal ini untuk menjaga agar foto tidak blur dan video Anda enak dilihat. Untuk beberapa smartphone, anda dapat mengaktifkan fitur image stabilization atau fitur anti goncangan.

d. Hindari penggunaan digital zoom 

jangan menggunakan zoom ketika memotret


Dekatkanlah diri anda ke obyek sasaran dengan cara menggeser posisi Anda secara perlahan, bukan menggunakan digital zoom karena penggunaan digital zoom dapat membuat kualitas dan ketajaman gambar berkurang.

e. Hindari Panning

contoh foto panning

Panning dalam teknik fotografi adalah mengambil object bergerak dengan memfokuskan kamera ke object sasaran sehingga object terlihat tajam tetapi backround terlihat blur. Intinya, panning adalah teknik untuk mengambil foto dengan kesan object yang di ambil bergerak.

Jadi hindari lah Panning jika memotret menggunakan smartohone karena jika menggunakan smartphone yang memiliki kualitas kamera yang pas-pasan, maka hasil gambar akan terlihat blur dan tidak tajam. Kecuali bila itu sangat diperlukan untuk memperlihatkan situasi/ kondisi di sekitar. Misal kerusuhan & kepanikan warga, Memotret kebakaran, dan lain-lain.


Bagikan jika suka:

Tentang Penulis

Photo of author

Septian Riyadus Solihin

Dikenal juga dengan nama internet Septian Rishal. Beliau merupakan Sarjana Desain (S.Ds) dan lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan. Aktif sebagai blogger sejak 2012, sehari-hari bekerja sebagai Digital Marketing Consultant yang memiliki ketertarikan di bidang filsafat, teknologi, game, smartphone, bisnis online, media sosial, investasi, dan desain.

Leave a Comment