Mengatasi Panas Lenovo A6000 / Plus Snapdragon 410

Ketika saya membeli Lenovo A6000 plus, Saya mengalami panas yang berlebih di Android saya.
Anehnya, Saya tidak sedang menggunakan perangkat dan sayapun belum menginstal Aplikasi terlalu banyak, Tetapi hanya mengisi film dari laptop.
Setelah Saya telusuri bahwa memang, Android dengan Prosesor Snapdragon 410 memiliki BUG Media Server. Tidak hanya handphone saya, Android yang memakai Prosesor tersebut juga banyak yang mengalaminya seperti Redmi 2 milik teman saya.

Advertisement

Berikut Cara Mengatasi Overheat di Android yang terkena bug Media Server.

baterry usage
Cek Penggunaan Baterai

Pertama, Cek di Setting-Battery. Apakah ada Media Server? Jika ada itu normal selama penggunaan baterai dibawah 10% an. Jika tidak ada itu juga normal.
Tetapi jika penggunaan Media Server Sampai Puluhan bahkan Sampai 50% Keatas, Anda Terkena BUG ini! Solusinya adalah Menghapus Semua Video MKV yang ada di Smartphone anda kemudian restart dan diamkan beberapa saat. Ini adalah Penyebab Utamanya.

contoh file mkv
Ilustrasi File .mkv

Untuk tambahan, Anda bisa melakukan hal – hal berikut untuk mengatasi Panas di Android.

tampilan lolipop lenovo a6000 plus
Pastikan signal selalu cukup

1. Pastikan Android anda selalu mendapat sinyal yang bagus diaatas 3 bar. Karena jika di daerah anda kurang sinyal. Akan memberatkan kinerja handphone karena selalu memindai jaringan.

Advertisement
S030_151030 A6000 plus
Perbaharui Sistem Android secara rutin

2. Update selalu Android anda, karena ini akan memperbaiki Bug dan permasalahan yang ada.
Cek terus perkembanganya di forum forum Android. Anda bisa mendownload OS / firmware Original Lenovo A6000 & A6K+ DISINI

running ram
Cek Aplikasi yang running in background

3. Hapus Aplikasi yang memberatkan kinerja Android terutama yang berjalan di background. Ini juga membuat android cepat panas karena prosesor terus menerus bekerja.

hapus aplikasi bawaan android
Nonaktifkan aplikasi tidak berguna

4. Kemudian, Nonaktifkan / Disable Aplikasi bawaan yang tidak perlu dengan cara buka Application – All, pilih aplikasi yang tak berguna kemudian pilih disable / Nonaktifkan.

5. Anda Bisa juga membersihkan Semua sampah di Android dengan AplikasiĀ Cleaner Teringan & Hemat RAM

6. Terakhir, Jangan gunakan Hardcase / Casing tambahan yang menghalangi sistem pendinginan alami & menghambat terbuangnya panas di Body Smartphone.

Setelah Semua cara diatas dilalakukan dengan benar, Anda tinggal Merasakan perbedaan yang signifikan dari sebelumnya

CPU-Z lenovo a6000 plus
Kemudian cek suhu android anda

Sekian Post hari ini, Salam Cyber

 

Share jika suka!

10 thoughts on “Mengatasi Panas Lenovo A6000 / Plus Snapdragon 410”

  1. kok pas bgt dengan masalah yg saya alami ya, pas baca saya langsung kaget karena pas saya cek lenovo saya sama persis, mkv, media server, background app, dll..
    bermanfaat sekali gan artikelnya..

  2. Lenovo up to lolipop ,makin hari performa makin buruk , saat ingin mengetik , chat , WA atau sms , tombol keyboard tak tampil hanya tombol emoticon , saya atasi dng alih bahasa indo english. Begitu seterusnya , sering terjadi , dan sering auto restart , saran saya ga usah beli ini hp , tak cocok bagi anda yg punya mobilitas tinggi ,teliti sebelum beli

Leave a Comment