20 Pekerjaan yang Dapat Dilakukan Dirumah

Dulu banyak orang yang tidak percaya ada pekerjaan yang dapat dilakukan dirumah, namun setelah pemerintah mempopulerkan istilah Work From Home (WFH), baru mereka menyadari bahwa ada pekerjaan yang dapat dikerjakan dirumah dengan gaji tinggi bahkan lebih besar dari pekerjaan yang biasa dilakukan di kantor.

Advertisement

Di artikel kali ini, admin akan membagikan pekerjaan apa saja yang dapat dilakukan sendiri dirumah, ada 2 jenis pekerjaan rumah yang dapat menghasilkan uang, yaitu Freelance (Kerja Paruh Waktu) dan Kerja Remote (Kerja Jarak Jauh).

Perbedaanya yaitu freelance kita bekerja semau kita tanpa perlu bos atau atasan. Kita bekerja sendiri dengan klien sesuai kesepakatan tanpa pelantara perusahaan. Sedangkan jika kerja remote, kita tetap bekerja untuk orang lain, hanya bedanya kita dapat melakukan pekerjaanya di rumah lewat media internet (online).

Langsung saja kita bahas…

20 Pekerjaan Online yang Dapat Menghasilkan Uang

Ada beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan dirumah, jika anda memutuskan untuk menjadi pekerja rumahan, anda harus memiliki alat pendukung pekerjaan, seperti Komputer, Laptop, Smartphone dan yang terpenting adalah Internet. Beberapa pekerjaan berikut dinilai sangat berpotensi dan tidak akan mudah digantikan oleh robot di era 4.0

Advertisement

Penulis (Content Writer)

Penulis merupakan pekerjaan yang paling mudah untuk dikerjaan dimana saja. Dengan hanya bermodalkan laptop dan internet, anda dapat melakukan bekerjaan dimanapun dan kapanpun anda mau.

Lowongan penulis semakin hari semakin tinggi karena permintaan akan konten sangatlah besar. Para bisnis atau pemilik blog banyak yang membutuhkan jasa penulis untuk mengisi konten blog milik mereka.

Selain menjadi content writer, kita juga bisa menyediakan jasa sunting naskah, jasa penulisan novel atau cerpen, copywriter atau semua pekerjaan yang masuk kedalam ranah penulisan. Pekerjaan ini cocok bagi siapapun tanpa batasan usia dan umur. Anak SD pun banyak yang bisa menghasilkan jutaan dari pekerjaan menulis.

Designer Grafis

Sebagian pekerja online yang bekerja dirumah merupakan seorang graphic designer. Keahlian ini memang banyak sekali diminati di pasar luar negeri dan bayaranya pun sangat tinggi. Bagi anda yang mendambakan penghasilan dollaran maka anda dapat menekuni pekerjaan ini.

Desainer grafis pun memiliki banyak cabang dan arah, anda bisa menjadi designer logo, packaging, branding atau illustrator. Banyak sekali cabang yang bisa anda pelajari. Selain menjadi freelance, anda dapat membuka agency desain sendiri.

Jika anda masih belajar, anda dapat mengikuti lomba logo atau design di situs luar seperti 99design. Untuk menawarkan jasa, anda dapat membuat gigs di fiverr dan untuk menjual karya seperti foto dan video anda dapat menjualnya di situs mikrostok seperti shutterstock atau Deposit Photo dan sebagainya.

Anda dapat menghasilkan passive income dengan menjual karya-karya anda di situs tersebut.

Video Editor

Video editor merupakan pekerjaan mengedit video agar lebih cantik dan sesuai dengan keinginan pasar. Anda hanya perlu menguasai basic-basic videography dan menguasai software editor seperti premiere pro, final cut, atau editor lain yang banyak diperlukan oleh pasar.

Web Developer

Website merupakan ujung tombak utama bagi semua bisnis yang mengandalkan internet. Maka dari itu kebutuhan akan website sangatlah tinggi. Untuk menjadi seorang web developer anda cukup menguasai bahasa pemrograman front end dan backend serta CMS (Content Management System).

Untuk mendalami skill web developer, banyak sekali kursus online (ecourse) atau tutorial gratis yang anda dapat pelajari di Youtube.

Programmer

Programmer merupakan pekerjaan menciptakan program dengan sebuah code (coding) yang sesuai dengan fungsi dan permintaan pasar. Untuk menjadi programmer anda harus menguasai dulu algoritma, flowchart, sistem dan tentunya bahasa pemrograman.

Pekerjaan ini merupakan salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi dan bayaranya mahal. Namun sebanding dengan beban kerja serta effort yang harus dikeluarkan oleh seorang programmer.

Trader & Investor

Anda menyukai pekerjaan High Risk dan High Return? Atau anda pernah mendengar orang kaya dengan cepat? mungkin mereka bukan melakukan hal-hal gaib, melainkan melakukan trading. Trading merupakan pekerjaan jual beli instument investasi dalam waktu yang cepat untuk mendapatkan keuntungan.

Trading juga bukan semata-mata tebak-tebakan dan mengandalkan keberuntungan. Ini juga pekerjaan yang memerlukan ilmu dan analisa yang tepat. Anda harus menguasai basic trading mulai dari fundamental, minset hingga analisa teknikal.

Namun, jika anda menginginkan sesuatu yang lebih aman, anda dapat mencoba menjadi investor. Tentu menjadi investor membutuhkan modal. Anda dapat bermain di pasar saham, reksadana, emas atau property. Jadi trader dan investor itu berbeda, namun tetap dalam suatu gerbang yang sama.

Blogger

Apa yang sedang anda baca saat ini? ya ini merupakan blog. Dan blog dapat menghasilkan uang yang besar hingga ratusan juta per bulan, semakin banyak pengunjung maka semakin besar penghasilan yang bisa didapatkan.

Untuk menjadi blogger, anda perlu belajar teknik menulis, teknik Search engine optimization (SEO) serta pemrograman dasar untuk mengelola blog.

Untuk menjadi blogger tidak perlu modal, banyak sekali flatform gratisan seperti Blogger.com atau wordpress.com untuk memulai membuat blog. Jika ingin menghasilkan, anda harus bekerja sama dengan flatform iklan seperti Google Adsense atau Membuka kerjasama pemasangan iklan.

Youtuber

Jika anda lebih suka membuat konten dalam bentuk video, maka anda dapat menjadi youtuber. Mungkin sudah tidak asing bahwa youtuber dapat menghasilkan uang hingga ratusan juta rupiah.

Ya ini memang benar, semakin banyak subscriber anda maka semakin besar penghasilan anda. Untuk menjadi youtuber yang sukses, tentu anda harus konsisten menyajikan video yang bermanfaat bagi orang lain.

Influencer

Influencer merupakan orang yang memiliki pengikut banyak di Sosial media seperti Instagram, Twitter atau sejenisnya. Jika anda sudah memiliki fansbase yang kuat, maka anda dapat menghasilkan uang dari hasil kerja sama dengan pengiklan.

Sekali pasang iklan, anda dapat menghasilkan uang ratusan ribu hingga jutaan, tergantung jumlah followers dan branding anda.

Bisnis Online

Jika anda tidak suka menjadi pekerja dan lebih suka menjalani bisnis sendiri, mungkin bisnis online merupakan kegiatan yang cocok bagi anda. Anda dapat berjualan secara online, mulai dari berjualan di marketplace seperti tokopedia, shopee, bukalapak, blibli dan sebagainya.

Anda juga bisa membuat toko online sendiri atau menjadi reseller orang lain. Untuk mencari traffic anda dapat memanfaatkan Facebook Ads atau Google Ads. Sebelum menjalani bisnis online, anda dapat mendalami ilmu internet marketing dasar atau bergabung dengan forum-forum bisnis online.

Pada dasarnya sangat mudah, Tentukan Produk dan Pasarkan Secara Online.

Dropshipper

Dropshipper merupakan cabang dari bisnis online. Bedanya dengan reseller yaitu kita tidak perlu membuat produk atau mencari produk, kita cukup bekerja sama dengan distributor atau penyedia barang, lalu kita memasarkan produk mereka secara online.

Setiap ada orang yang memesan, kita teruskan ke penyedia barang, biarkan mereka yang memproses dan mengirim barang ke pemesan. Setiap penjualan, kita akan mendapatkan komisi lewat selisih harga yang diberikan.

Konsultan Online

Anda sudah menjadi konsultan? jika ya anda dapat menjadikan bisnis anda online. Dengan begitu anda dapat bekerja dirumah. Konsultan online banyak sekali jenisnya, mulai dari konsultan hukum, property, bisnis, karir, akuntan, pajak dan sebagainya.

Untuk memulai bisnis konsultan online, anda cukup membuat halaman untuk menampilkan jasa anda, bisa dengan website, sosial media atau flatform online lainya.

Kursus Online

Saat ini banyak sekali siswa atau orang yang membutuhkan pelatihan diluar pendidikan formal. Anda dapat memanfaatkan peluang ini sebagai pekerjaan. Mulai dari membuka jasa pembelajaran online, membuka ecourse, les privat, dan sebagainya.

Anda cukup membuka kursus yang sesuai dengan keahlian anda, misalnya anda lulusan sarjana inggris, anda bisa membuka jasa les privat bahasa inggris.

Photografer dan Videografer

Pekerjaan ini banyak dilakukan oleh mereka yang hobi dengan di bidang foto dan video. Menjadi photographer dan videographer merupakan pekerjaan yang mengasyikan serta berpeluang mendapatkan bayaran yang mahal.

Selain membuka jasa, anda dapat menjual karya anda di situs microstock, banyak dari photographer dan videographer terkenal menghasilkan passive income dari pekerjaan ini.

Admin dan Costumer Service

Maraknya UMKM Bisnis Online yang tumbuh menjadikan lowongan pekerjaan CS meningkat. Anda dapat memanfaatkan peluang ini sebagai admin atau costumer service online. Anda bisa tetap bekerja dirumah hanya bermodalkan hp atau laptop dengan internet.

Gaji CS online rata-rata cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, pekerjaan ini cocok bagi anda yang senang melayani orang lain.

Voice Over dan Dubber

Pekerjaan ini erat kaitanya dengan pekerjaan videographer dan editor video. Untuk menciptakan video iklan atau film, tentu membutuhkan seseorang sebagai pengisi suara. Nah, jika anda merasa memiliki suara yang khas dan menarik, anda dapat membuka jasa dubber atau voice over.

Penerjemah

Jika anda ahli dalam bahasa asing, anda dapat membuka jasa penerjemah online. Biasanya orang membutuhkan penerjemah untuk menenerjemahkan skrip atau jurnal. Selain bahasa inggris, banyak sekali bahasa lain yang banyak dicari orang lain, misalnya bahasa francis, korea hingga china.

Jika tidak ingin banyak saingan, anda dapat memilih bahasa yang tidak banyak penerjemahnya.

Data Entry

Ada memiliki kesabaran dan ketelitian tinggi? mungkin pekerjaan input data merupakan pekerjaan yang tepat. Biasanya pekerjaan ini banyak berhubungan dengan excel yang software sejenisnya.

Anda cukup mengikuti perintah dari klien dan hasilkan uang sesuai dengan target anda.

Gamers

Siapa bilang bermain game hanya membuang-buang waktu? Jika anda memiliki skill bermain game diatas rata-rata, anda dapat menghasilkan uang lho.

Banyak sekali peluang dari menjadi gamers, mulai dari mengikuti kompetisi, membuka jasa joki game hingga menjadi streamer. Selain menyenangkan, pekerjaan ini juga memiliki bayaran yang lumayan tinggi.

Katering Online

Jika anda senang memasak, mungkin membuka jasa katering merupakan bisnis yang tepat bagi anda. Saat ini, kita dapat berjualan katering tanpa perlu membuka toko atau rumah makan. Cukup dengan internet, kita dapat menerima pesanan.

Untuk mengirim pesanan, kita dapat memanfaatkan jasa kurir seperti Ojek Online atau Taksi Online. Selain praktis, katering online juga dapat menyasar pasar yang lebih luas.

Baca Juga :

Kesimpulan

Itulah pekerjaan-pekerjaan yang dapat dilakukan di rumah. Ternyata banyak sekali pilihan pekerjaan yang dapat menghasilkan uang dan gaji yang tidak terbatas. Semakin tinggi skill dan keahlian maka semakin besar potensi kita untuk mendapat bayaran yang tinggi.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah.

Share jika suka!

Leave a Comment