15 Aplikasi Edit Video Terbaik di HP dan PC

Konten kreator sebuah video merupakan sebuah pekerjaan yang saat ini banyak dilakukan oleh orang-orang yang ingin berkiprah dalam dunia digital, khususnya youtube dan instagram. Untuk memperoleh sebuah video yang berkualitas, tentunya Anda harus melakukan editing terlebih dahulu sebelum dipublikasikan. Banyaknya aplikasi yang dapat Anda gunakan dalam membantu membuat sebuah video yang berkualitas. Berikut beberapa aplikasi edit video mudah dalam menggunakannya, baik itu di PC maupun di ponsel.

Advertisement

Aplikasi-aplikasi Edit Video yang Banyak Digunakan untuk PC dan HP

Bila Anda menggunakan PC sebagai perangkat dalam melakukan pengeditan video yang akan menjadi konten, cobalah beberapa aplikasi edit video PC yang banyak digunakan oleh para pemula maupun yang sudah lama berkiprah dalam dunia hiburan ini.

Aplikasi Edit Video Terbaik di PC dan Mac

Ada beberapa aplikasi video editor terbaik gratis dan berbayar yang bisa anda coba di PC berbasis Windows atau Mac. Antara lain sebagai berikut…

1. Adobe Premiere Pro

Download Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro adalah sebuah program editor video buatan Adobe Systems. Aplikasi Premiere Pro merupakan aplikasi edit video paling populer dan banyak di gunakan di seluruh dunia. Pasti setiap orang yang ingin belajar edit video profesional akan diarahkan untuk menggunakan Premiere karena editor ini merupakan software yang diterima di industri seperti industri film, jasa advertising hingga para content creator.

Jadi, jika anda ingin mulai belajar edit video secara profesional, saya sarankan belajar adobe premiere pro terlebih dahulu sebelum mencoba aplikasi lain.

Advertisement

Adobe Premiere Pro adalah sebuah program penyunting video berbasis non-linier dari Adobe Systems. Itu adalah salah satu produk software dari Adobe Creative Suite, tetapi juga bisa dibeli personal. Bahkan kalau dibeli personal, itu termasuk Adobe Encore dan Adobe OnLocation. 

2. Final Cut Pro X

aplikasi final cut pro x terbaru

Final Cut merupakan aplikasi ekslusif yang hanya ada di perangkat buatan apple, seperti Macbook dan iMac. Awalnya aplikasi ini dikembangkan oleh Macromedia Inc. dan kemudian dibeli oleh Apple.

Final Cut Pro X merupakan aplikasi editor profesional yang cepat, ringan, stabil dan kaya fitur. Karena itulah, banyak film-film hollywood yang di produksi menggunakan final cut pro. Editor ini menjadi salah satu standar industri di luar negeri sana selain Premiere Pro buatan Adobe.

3. Corel Video Studio

Corel Video Studio Terbaru

Corel merupakan program editing yang sudah lama ada di dunia digital. Tidak kalah dengan Adobe, Corel juga mengeluarkan program editing videonya yang sangat banyak peminatnya, yakni Corel Video Studio.

Tampilan yang sederhana menjadi kelebihan dari aplikasi ini untuk digunakan khususnya para pemula. Selain itu, para penggunanya juga dimanjakan dengan beragamnya fitur-fitur yang dapat menunjang dalam proses edit video agar tampak lebih atraktif.

Sayangnya Corel Video Studio bukanlah aplikasi gratis. Anda harus berlangganan terlebih dahulu untuk memperoleh lisensi dari aplikasi ini dan dapat menggunakannya.

4. Magix Vegas Pro (Dulu Sony Vegas)

Sony Vegas Pro Terbaru

Sony Vegas Pro merupakan salah satu software editing video yang telah memiliki banyak penggemar. Meskipun aplikasi ini tidak gratis alias berbayar, namun fitur-fitur yang dapat Anda gunakan dalam membuat sebuah video yang sangat menjual bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Selain itu, fitur yang kompleks menjadikan para penggunanya adalah orang-orang yang sudah berpengalaman dalam mengedit video-video berkelasnya. Kelebihan dari Sony Vegas Pro adalah tampilannya yang cukup simple, membuat para pembuat konten tersebut lebih dimudahkan dalam penggunaannya.

Keunggulan lainnya yaitu terdapat 2 buah layer untuk sebuah video. Layer-layer tersebut berfungsi untuk memberi efek animasi dan sound effect di layer yang berbeda. Sehingga sangat efisien waktu dalam mengerjakan sebuah video tanpa harus dua kali kerja.

Sony Video Pro juga telah memiliki beberapa pilihan animasi sendiri yang dapat Anda gunakan sewaktu-waktu dibutuhkan. Serta masih banyak lagi fitur-fitur lainnya yang menarik untuk digunakan.

5. Filmora by Wondershare

wondershare fiimora terbaru

Filmora merupakan video editor buatan wondershare yang dikenal sangat ringan dan mudah digunakan. Software ini selain murah, juga bersahabat dengan Laptop atau Komputer dengan spesifikasi rendah.

Walaupun ringan dan simple, filmora tetap menawarkan fitur essensial editor video yang sangat berguna dan tidak kalah dengan editor lainya. Banyak sekali template dan audio yang telah disediakan sehingga memudahkan kita dalam membuat video.

6. Avidemux (Gratis)

Avidemux

Avidemux adalah aplikasi gratis untuk mengedit sebuah video yang hendak dijadikan sebuah konten. Selain gratis, aplikasi edit video PC untuk pemula ini sangat mudah digunakan dalam pengoperasiannya.

Selain itu, Avidemux juga mendukung sistem operasi linux, sehingga memudahkan para pecinta linux untuk mengedit video tanpa harus berpindah sistem operasi.

Meskipun banyak pemula yang menggunakan aplikasi ini, tidak jarang juga orang yang sudah profesional masih menggunakan Avidemux sebagai aplikasi untuk mengedit video-video mereka dan menghasilkan sebuah karya yang begitu berkesan.

7. HitFilm Express (Gratis)

Download hitfilm express

Bila Anda ingin mencari aplikasi edit video tanpa watermark dan gratis, HitFilm Express dapat dijadikan sebuah solusi yang sangat tepat. Banyak yang menggunakan aplikasi ini untuk menambahkan efek visual (VFX) yang begitu mencengangkan.

Anda tidak perlu menggunakan komputer dengan spesifikasi tingkat tinggi, karena HitFilm Express adalah aplikasi edit video PC ringan yang kebanyakan para pemula gunakan.

8. OpenShot (Gratis)

Download openshot terbaru

OpenShot adalah aplikasi edit yang memiliki fitur yang sangat lengkap namun gratis dalam penggunaannya. Saking lengkapnya fitur tersebut, fitur yang paling sederhana juga sudah tersedia untuk para pemula.

Terdapat sebuah fitur yang cukup menarik, yakni curve-base Key Frame yang mana akan memberikan sebuah efek animasi yang super keren. Dengan tampilan yang sederhana dan pastinya para pemula akan terbantu dengan hal tersebut dalam menciptakan karya yang luar biasa.

Aplikasi Edit Video Terbaik untuk HP (Android dan iPhone)

Sedangkan bagi para pembuat konten yang baru memulai menginjakkan dalam dunia ini, pastinya tidak memiliki modal yang besar untuk membeli PC atau Laptop sebagai perangkat editnya. Namun gunakanlah ponsel sebagai medianya. Berikut aplikasi edit video HP terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik konten. 

9. Viva Video (Gratis dan Berbayar)

download vivavideo gratis

Vivavideo merupakan aplikasi buatan QuVideo Inc. yang menjadi salah satu aplikasi editor mobile terbaik saat ini. Bagaimana tidak, setiap tahun aplikasi ini menjadi best download di kategori tools dan editor.

Hal ini karena Viva Video memiliki fitur sangat lengkap hampir menyamai editor di PC. Tersedia juga versi gratis yang bisa anda coba untuk mulai mengedit video di hp.

Anda dapat membuat Video, Menggabungkan Foto dengan Lagu sehingga menjadi slideshow yang indah.

10. VideoShow (Gratis)

image 48

Selain vivavideo, ada juga videoshow. Aplikasi ini lebih fokus di pembuatan slideshow, yaitu menggabungkan beberapa foto menjadi video dengan efek yang indah disertai suara lagu. Anda dapat dengan mudah membuat video-video kreatif, musikalisasi puisi atau sekedar membuat status galau.

Jika anda suka berkreasi di hp, anda wajib mencoba aplikasi gratis ini. Anda dapat menggabungkan gambar terbaik dengan suara rekaman jernih buatan anda sendiri dengan mudah.

11. Adobe Premiere Rush (Clip)

Adobe premiere rush gratis

Adobe Premiere Rush yang dulu bernama Premiere Clip adalah aplikasi edit video yang dapat Anda gunakan di ponsel baik itu Android maupun iOS. Banyak sekali fitur yang dapat digunakan untuk membantu memberikan efek yang keren dari video konten Anda.

Tidak ada iklan yang akan mengganggu Anda saat sedang melakukan editing video. Malah, Anda dapat melanjutkan pekerjaan tersebut di keesokan hari bila pada saat itu diharuskan berhenti sejenak.

12. Quick (Gratis)

aplikasi editor quick gopro

Quick merupakan sebuah program buatan Go Pro yang digunakan dalam memperingan pekerjaan dalam hal editing video yang super cepat. Bahkan, aplikasi ini mampu menyunting video-video Anda secara otomatis dan tidak membutuhkan beberapa efek-efek yang memperburuk penampilan dari karya tersebut.

Apabila masih ingin mengasah kemampuan dalam merombak video tersebut, tentu saja Anda bisa lakukan sendiri secara manual untuk menambah kualitas dari konten tersebut. Format kualitas dari video yang dihasilkan bisa mencapai 1080 pixel.

13. iMovie (Gratis)

aplikasi edit video terbaik untuk iphone

Aplikasi edit video iPhone dan Mac yang paling baik digunakan pada perangkat tersebut adalah iMovie. Banyaknya fitur-fitur yang mendukung dalam pembuatan sebuah video yang menarik telah ada dalam aplikasi ini.

iMovie juga memiliki fitur yang mampu memberikan sebuah latar belakang yang diinginkan dengan menggunakan efek green screen. Bahkan bila belum merampungkan editing dari aplikasi ini, Anda dapat melanjutkannya di lain waktu.

14. KineMaster (Gratis dan Berbayar)

Aplikasi editor video hp terbaik

KineMaster adalah sebuah aplikasi edit video yang tengah marak digunakan oleh banyak kalangan. Banyak orang yang menggunakan aplikasi ini sebagai alat bantunya karena penampilannya layaknya beberapa program editor di PC.

Memiliki fitur-fitur yang sangat menarik, sehingga banyak sekali konten kreator profesional juga menggunakan KineMaster. Fitur-fitur tersebut antara lain, yakni filter audio, efek lucu, penambahan efek, dan masih banyak lainnya. Tidak hanya itu penampilan yang cukup sederhana dan mudah digunakan menjadi alasan utamanya.

15. FilmoraGo (Gratis)

Aplikasi filmora go di android dan iphone

Pemula yang baru menginjakkan dunia editing tentunya membutuhkan sebuah editor yang sangat sederhana serta mudah digunakan. Aplikasi edit video Android yang pas dengan ketentuan tersebut adalah FilmoraGo yang dapat langsung diunduh di PlayStore ponsel Anda.

Dalam aplikasi ini banyak sekali fitur yang dapat dirasakan sangat membantu dalam membuat sebuah video yang begitu menarik, seperti pemotongan video, penggabungan, menambah sound effect, bahkan penambahan sebuah tema di dalamnya.

FilmoraGo juga memiliki beberapa efek yang dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya, seperti efek transisi, opening dengan desain yang khas dari pembuat, slow motion, dan masih banyak lainnya.

Editor ini juga dapat menyesuaikan dengan bentuk layar dari platform yang akan diberi video tersebut. Seperti berbentuk potrait ataupun landscape dapat dipilih sesuai kebutuhan. Tentu saja aplikasi ini dapat digunakan secara gratis.

Kesimpulan

Itulah 15 aplikasi edit video gratis maupun berbayar yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan dalam membantu membuat sebuah konten yang berkualitas. Tentunya, semua berawal dari proses dasar untuk memulainya hingga menjadi profesional dalam penggunaan editor yang kompleks.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment