12 Bisnis Online untuk Menghasilkan Uang dari Internet

Di zaman modern seperti ini, orang makin malas untuk pergi ke kantor. Saat ini trend pekerjaan mulai bergeser dari pekerja kantoran menjadi pekerja online (Kerja Remote). Selain itu, orang-orang sekarang lebih suka menjadi freelance atau menjalankan bisnis secara online.

Advertisement

Banyak sekali keuntungan jika kita menjalankan Bisnis Online, Antara Lain :

  • Memiliki waktu yang fleksibel
  • Tidak perlu macet-macetan yang membuat kita stress dijalan
  • Hemat biaya, tidak perlu biasa transportasi atau biaya sewa kantor
  • Bisa dekat dengan keluarga, anak dan orangtua
  • Modal kecil dan tidak perlu ijazah
  • Lebih bebas dan tidak ada yang mengatur
  • Uang yang dihasilkan bisa melebihi gaji level manager sekalipun

Bisnis online memang merupakan bisnis yang banyak dicari orang karena sangat menyenangkan. Hanya bermodal HP, Komputer dan Internet kita dapat menghasilkan uang tanpa batas.

12 Bisnis Online untuk Menghasilkan Uang dari Internet

Semakin tinggi skill kita maka semakin besar penghasilan yang kita dapatkan. Disini ijazah tidak penting karena untuk menghasilkan uang di intenet, yang kita butuhkan hanyalah skill.

Nah, sebagai pengalaman pribadi, berikut admin akan bagikan beberapa bisnis online untuk pemula yang bisa anda coba. Simak artikel berikut ini

Advertisement

Semua Bisnis Online ini telah saya coba dan 100% Menghasilkan, jadi bukan karangan semata! Simak artikelnya, jangan malas membaca dan Semoga Berhasil!

Septian Rishal

12 Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Banyak sekali bisnis online tanpa modal yang kini bisa dijalankan oleh siapapun. Mau pemula atau mastah, semua bisa. Asal ada kemauan untuk mempelajarinya. Sebenarnya, menghasilan uang dari internet tanpa modal, kita hanya perlu belajar dan belajar. Berikut beberapa bisnis online yang bisa anda coba..

1. Menjadi Blogger

Bisnis online pertama yang saya sarankan bagi pemula yaitu Bisnis Blog. Ya, ini juga merupakan bisnis yang saya jalankan sekarang. Dari blog saya bisa menghasilkan Belasan juta per bulan nyaris tanpa modal!

Semua penghasilan tersebut saya dapatkan dari :

  • Kerjasama periklanan dengan Google Adsense
  • Pemasangan iklan Banner, Guest Post dan Content Placement
  • Jasa Review Produk
  • Jasa Pembuatan website dan landingpage
  • Jasa optimasi website
  • Jasa Penulisan Artikel

Semua keahlian diatas 100% saya dapatkan sendiri secara otodidak di internet sejak 2012 (saat berusia 13 tahun dan duduk di bangku SMP).

Awalnya saya memulai menjadi blogger menggunakan HP di flatform mywapblog (gratis). Namun saat itu saya hanya meluapkan hobby dan tidak menghasilkan uang. Kemudian saya pindah ke flatform blog gratis milik google yaitu Blogger (blogspot).

Kita dapat mendaftar secara gratis dan dari sini saja mencoba menulis beberapa konten hingga jumlahnya mencapai ratusan dalam waktu 3 tahun. Akhirnya saya di terima daftar program Google Adsense.

Jadi kita dapat menjadi publisher dengan menghasilkan uang setiap kita mendapatkan klik iklan dari pengunjung. Nah dari sinilah awal mula saya menghasilkan uang dari internet melalui blog.

Kemudian saya upgrade blog saya menggunakan WordPress Self Hosted dan menyewa domain premium. Hingga sekarang saya aktif mengelola beberapa blog serta menerima penawaran kerjasama dan membuka jasa website.

2. Menjadi Youtuber

Trend menjadi youtuber memang sedang memuncak. Hampir setiap orang kini ingin menjadi youtuber. Saya pun dulu pernah mencoba menjadi youtuber namun ternyata gagal karena akun saya di banned karena sedikit kesalahan.

Sebenarnya, menjadi youtuber merupakan peluang yang hal yang sangat menguntungkan karena penghasilanya dapat mengalahkan blogger. Kita lihat saja banyak channel-channel youtube yang mampu menghasilkan uang ratusan juta per bulan.

Sama seperti blog, sumber penghasilan utama youtube yaitu dari Google Adsense. Namun jika channel kita sudah besar, kita dapat menerima jasa seperti review produk, menyisipkan iklan kerjasama dan sebagainya.

Menjadi youtuber merupakan pilihan tepat bagi anda yang kurang suka menulis namun lebih suka membuat konten dalam bentuk video.

3. Menjadi Influencer di Sosial Media

Influencer adalah orang yang memiliki banyak followers di sosial media. Misalnya di Instagram, Facebook, Twitter hingga Tiktok. Biasanya ketika followers kita sudah mencapai puluhan ribu hingga ratusan ribu maka banyak para pebisnis yang menawarkan kerjasama.

Hanya dengan memposting iklan, maka kita akan mendapatkan uang yang lumayan besar. Semakin banyak followers maka semakin besar jumlah uang yang bisa kita dapatkan.

Misalnya seperti cristiano ronaldo, yang bisa mendapatkan Puluhan M hanya dengan sekali posting di sosial media instagram pribadinya.

4. Bisnis Affiliasi

Bisnis affiliate merupakan bisnis tanpa modal berikutnya. Kita hanya perlu bekerjasama dengan orang lain atau perusahaan yang membuka program affiliasi.

Misalnya kita menjual sebuah hosting dan domain, setiap orang yang daftar melalui link yang kita bagikan, kita akan mendapat komisi 70%.

Bisnis ini memang cukup menguntungkan, kita hanya perlu mencari perusahaan atau orang yang memberikan komisi afiliasi yang besar.

5. Bisnis CPA dan Survei Berbayar

CPA adalah Click per Action. Biasanya kita mendaftar di situs CPA untuk mengikuti berbagai challenge atau tugas. Misalnya memasukan email, mengisi survei dan sebagainya.

Setiap kita menyelesaikan tugas, maka kita akan mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan uang atau hadiah.

Bisnis ini cocok bagi anda yang memiliki banyak waktu dan ingin menghasilkan uang dari pekerjaan yang ringan.

6. Bisnis Dropship

Dropship adalah bisnis jualan online tanpa perlu stok barang. Cara kerjanya yaitu kita bekerjasama dengan retail atau distributor. kemudian kita mempromosikan produknya di internet, misal di sosial media, di website atau lewat iklan seperti facebook ads, instagram ads dan google ads.

Setiap ada orang yang membeli, maka kita mendapat transfer dengan harga diskon dari distributor. kemudian kita memberitahu distributor untuk mengirimkan barang langsung dari gudang mereka ke pembeli tanpa pelantara.

Jadi kita mendapat keuntungan dari harga diskon yang diberikan distributor. Kita dapat menaikan harga sesuai kesepakatan. Semakin besar margin yang kita dapatkan maka semakin besar keuntungan yang kita dapatkan.

Carilah agen atau distributor yang menerima kerjasama reseller dengan sistem dropship untuk memulai bisnis ini.

7. Jualan Online

Berbeda dengan bisnis dropship, jualan online merupakan bisnis yang lebih umum. Kita bisa berjualan barang-barang yang kita miliki atau mengambilnya dari grosir.

Selain itu kita juga bisa bekerja sama dengan UKM-UKM di sekitar kita dan memasarkan produk kita secara online.

Banyak sekali pebisnis online yang mampu menghasilkan uang hingga ratusan juta dari bisnis ini. Bisnis online tidak sesulit bisnis offline.

Jika offline kita harus menawarkan barang door to door atau membuka toko yang mahal. Namun jika bisnis online, kita dapat memasarkanya secara gratis memanfaatkan media sosial.

Selain itu, kita juga dapat memanfaatkan flatform iklan seperti Facebook Ads, Google Ads atau sejenisnya. Selain lebih murah, beriklan online juga lebih efektif dan jangkauanya lebih luas.

8. Menjadi Freelance

Freelancer merupakan pekerjaan serabutan di dunia online. Jika kita memiliki keahlian maka kita dapat menawarkan jasa di website-website freelancer seperti fiverr, Sribulancer, Project.id, dan masih banyak lagi.

Kelebihan menjadi freelance yaitu kita memiliki waktu yang fleksibel. Semakin banyak project yang kita selesaikan maka semakin besar penghasilan.

Cocok bagi para pemuda atau orang yang tidak suka terikat dengan jam kerja kantoran.

9. Mengikuti Lomba

Di internet, banyak sekali lomba yang bisa kita ikuti untuk menghasilkan uang atau hadiah. Dari internet saya sudah bisa liburan keluar negeri gratis, mendapatkan uang puluhan juta dan mendapatkan barang-barang mahal hanya dari lomba.

Banyak sekali lomba di internet yang bisa anda ikuti, misalnya seperti :

  • Giveaway di Instagram
  • Giveaway di Youtube
  • Lomba Menulis
  • Lomba SEO (Search Engine Optimization)
  • Lomba Desain (misalnya di 99design)
  • dan masih banyak lomba lainya

Anda hanya perlu mencari channel dan website yang mengumumkan lomba-lomba terbaru. Tips dari saya, jika anda mengikuti lomba di internet, bacalah syarat dan ketentuan dengan teliti serta buatlah hasil kerja anda beda dari yang lain agar memperbesar peluang untuk menang.

10. Menjual Karya di Microstock

Microstock adalah sebuah wadah untuk menjual karya. Baik berupa desain, logo, stock image, fotografi, lukisan, desain 3d dan sebagainya.

Jika anda mahir membuat karya-karya seperti itu, anda dapat menjadikan situs microstok sebagai sumber passive income.

Kita akan mendapatkan penghasilan dari setiap penjualan di situs-situs tersebut. Semakin banyak karya yang kita jual maka semakin besar uang yang dihasilkan.

Kita hanya perlu menghasilkan karya berkualitas sebanyak-banyaknya.

11. Membuka Kursus Online (E-Course)

Jika anda memiliki keahlian, sebaiknya anda manfaatkan untuk mendapatkan uang! Saya sendiri membuka Ecourse Kelas Landingpage. Biaya pendaftaranya yaitu 800 ribu. Bayangkan, 100 orang saja yang daftar perbulan, saya sudah mendapatkan penghasilan 80 Juta.

Nah, jika anda pun memiliki keahlian tidak ada salahnya untuk membuka ecourse, misalnya kursus online tentang desain, tentang membuat sesuatu atau hal-hal lainya yang banyak dibutuhkan oleh orang-orang.

Untuk membuat sebuah website ecourse, anda hanya perlu modal sebuah website dan membeli flatform e learning. Modalnya kurang dari 1 juta kok jika anda membuat website nya sendiri.

Namun, jika kelas anda laku maka semua itu akan terbayarkan berkali-kali lipat.

12. Membuka Jasa Private Online

Jika anda mahir mengajari orang, anda bisa membuka jasa private online. Misalnya setiap orang yang ingin private ke anda, anda bisa mematok tarif 100 ribu hingga 1 juta. Tergantung apa yang anda tawarkan, bisa konsultan online, les online, pelatihan online dan sebagainya.

Kita juga bisa membuka les online untuk mengajari anak-anak yang memiliki orang tua yang sibuk. Kita tidak perlu mengeluarkan modal, cukup memanfaatkan flatform gratis seperti grup facebook, whatsapp, telegram atau line.

Kesimpulan

Itulah beberapa bisnis online tanpa modal yang 100% pernah saya coba dan buktikan sendiri. Sebenarnya, masih banyak peluang lain untuk menghasilkan uang di internet. Kita tidak perlu modal, cukup kemauan untuk belajar dan mencari channel.

Ikutilah sosial media para mastah dan ahli internet marketing. Jika perlu ikuti ecourse mereka, karena investasi ilmu itu tidak akan rugi. Selain itu asah terus skill kita, ikuti minat dan bakat anda.

Banyak sekali flatform untuk belajar, bisa dari youtube, sosial media, ataupun buku. Ingat, untuk menjadi berhasil di dunia online, kita tidak perlu modal, yang kita perlukan yaitu tekad belajar dan mental pantang menyerah.

Semoga berhasil!

Share jika suka!

Leave a Comment