10 Tips Membeli Macbook Bekas

Ketika membeli laptop macbook bekas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak menyesal di kemudian hari. Kita harus cerdas dan hati-hati dalam melihat kondisi macbook ketika anda COD atau pergi ke toko komputer.

Advertisement

Banyak sekali penjual nakal yang menawarkan macbook bekas dengan harga murah namun barang yang dijual nyatanya merupakan barang rekondisi yang diambil dari seller tidak terpercaya. Agar tidak tertipu maka anda harus pintar mengecek kondisi macbook dan kesehatan nya karena macbook second sangatlah rentan tidak seperti membeli baru.

Lantas apa saja hal yang harus diperhatikan ketika membeli macbook bekas? Simak panduan membeli macbook bekas berikut ini…

Tips Cerdas Membeli Macbook Bekas

10 Tips Membeli Macbook Bekas

Di artikel kali ini saya akan membagikan pengalaman saya dalam jual beli laptop khususnya macbook agar anda bisa memilih dan mengetahui macbook bekas yang masih bagus atau tidak. Biasanya saya akan melihat beberapa hal berikut…

Baca point-point dibawah ini dengan teliti agar anda tidak menyesal di kemudian hari

1. Bekas Garansi Apa?

Hal yang paling penting dan utama ketika anda memutuskan untuk membeli macbook yaitu dengan menanyakan dimana penjual membeli macbook. Perlu di ingat bahwa macbook yang terpercaya yaitu macbook yang dibeli dari toko resmi seperti Apple Store, ibox, emax, atau authorized reseller resmi lainya.

Advertisement

Hal ini dapat diketahui dari buku garansi atau stiker yang menempel pada box kemasan macbook. Jika anda membeli macbook batangan, maka anda harus lebih berhati-hati karena bisa saja barang tersebut merupakan barang curian, illegal dari luar negeri, republish atau bekas servisan.

Dan untuk mengecek apakah macbook masih garansi atau tidak, anda dapat memasukan serial number (SN) di situs resmi apple pada link berikut ini.

cara cek garansi macbook

Jika anda ingin aman, maka carilah bekas garansi resmi. Namun biasanya macbook bekas garansi resmi memiliki harga yang tinggi, jika anda tetap ingin membeli macbook batangan maka anda bisa mengecek point berikutnya…

2. Kelengkapan Unit

kelengkapan unboxing macbook 1

Point berikutnya yang harus di perhatikan yaitu kelengkapan unit. Biasanya macbook berisi box dengan stiker resmi dengan serial number yang sesuai dengan perangkat. Selain itu didalamnya terdapat charger magsafe, buku garansi, buku panduan, serta aksesoris.

Tanyakan pada penjual apakah aksesoris masih original atau kw. Jika aksesoris macbook lama terlihat masih baru anda patut curiga karena biasanya charger magsafe yang telah lama akan terlihat agak kucel dan kekuning-kuningan.

3. Spesifikasi

mengecek spesifikasi macbook 1

Sebelum memutuskan membeli macbook, anda harus searching terlebih dahulu tipe dan spesifikasi bawaan macbook yang anda incar. Banyak sekali tipe macbook yang memiliki desain dan tampilan mirip namun jeroanya berbeda. Misalnya varian macbook pro 2012 kebawah.

Tanyakan pada penjual apakah sudah ada komponen yang sudah diganti atau di upgrade. Biasanya macbook keluaran lama masih bisa di upgrade, misalnya menambah kapasitas RAM dan mengganti Harddisk dengan SSD agar performanya lebih cepat.

Jangan sampai anda tertipu dengan tampilan karena beda tipe dan tahun maka perbedaanya bisa signifikan.

4. Kondisi Fisik

Mungkin orang lain yang masih awam akan melihat barang seperti macbook dari tampilanya dahulu. Namun bagi saya tampilan merupakan point ke 4 karena casing atau housing macbook itu bisa di ganti.

kerusakan macbook 1

Anda harus hati-hati karena banyak sekali penjual nakal yang menjual produk dengan jeroan yang sudah rusak namun menggantinya dengan housing baru sehingga tampak masih baru.

Untuk mengeceknya cukup mudah, anda dapat melihat serial number di bagian belakang macbook, apakah sama dengan box atau tidak. Jika tidak ada serial number maka anda harus curiga.

5. Kondisi Hardware

mengecek kondisi hardware macbook 1

Setelah mengetahui kondisi fisik, maka hal yang penting untuk diperhatikan yaitu melihat kondisi hardware. Yang harus anda cek dengan cermat antara lain :

  • Layar macbook, apakah ada bleeding, deadpixel, whitespot atau keanehan lainya. Anda harus teliti, agar lebih mudah anda dapat mengubah wallpaper macbook ke warna solid seperti putih dan hitam.
  • Selanjutnya cek kondisi port, mulai dari port usb, usb type c, port magsafe, port sd card, port lan, port hdmi dan sebagainya. Pastikan anda mengujinya satu-satu
  • Jangan lupa untuk cek juga wifi, bluetooth, touch id, trackpad, dan yang terpenting keyboard.
  • Lalu anda coba putar lagu untuk mengecek speaker apakah sudah sember atau belum, putar dengan volume maksimal menggunakan lagu treble dan bass.
  • Cek kondisi baterai, pada umumnya macbook merupakan laptop dengan keawetan baterai diatas rata-rata. Yang masih bagus biasanya memiliki daya tahan diatas 7 jam, antara 7-10 jam. Yang sudah lama biasanya antara 3 atau 5 jam. Jika dibawah itu berarti baterai sudah drop.
  • Anda bisa mengecek Cicyle Count baterai, semakin besar CC baterai maka semakin buruk kesehatanya, karena CC merupakan indikator berapa kali siklus pengisian baterai telah dilakukan. Cari CC baterai yang dibawah 300.
  • Jangan lupa untuk cek kamera dengan membuka aplikasi facetime.

Nah itulah beberapa indikator untuk mengecek hardware macbook. Jika anda memiliki keahlian membongkar, sebaiknya anda juga membongkar macbook jika di izinkan pemilik untuk melihat komponen dalam, apakah pernah diganti, tersiram atau ada yang sudah rusak.

6. Uji Performa

Setelah semua indikator diatas lolos cek, maka untuk memastikanya kita harus menguji performa. Caranya cukup mudah, putar saja video youtube dengan resolusi Full HD dari kondisi baterai penuh hingga habis.

Disini anda akan mengetahui performa baterai dan kesehatan macbook. Jika macbook panas dan lemot maka anda patut curiga. Bahkan jika macbook hang atau mati tiba-tiba sebaiknya anda jangan beli mac tersebut karena dipastikan sudah bermasalah.

Setelah uji video youtube, anda bisa menguji dengan menginstal aplikasi benchmark atau sejenisnya untuk mengukur performa seperti :

  • DriveDX untuk mengecek kesehatan Harddisk dan SSD
  • Battery Health untuk mengecek kesehatan baterai
  • Blackmagic Disk Speed Test untuk mengecek kecepatan Baca Tulis Harddisk dan SSD
  • Geekbench untuk mengetahui performa CPU dan GPU secara keseluruhan
  • GFX Bench untuk mengecek GPU, jika terjadi screen artefak, stuttering atau hal lainya dipastikan VGA rusak atau bermasalah
  • Cinebench untuk mengetahui kecepatan render

Uji performa harus dilakukan dengan teliti, anda jangan terburu-buru ketika membeli macbook bekas, santai saja dan minta penjual untuk meluangkan waktunya agar kita dapat mengetahui kondisi macbook secara keseluruhan.

7. Jenis dan Tipe Macbook

Setelah semua OK, maka langkah selanjutnya yaitu pastikan jenis dan tipe macbook yang ditawarkan penjual apakah sesuai dengan yang kita bayangkan.

Jangan sampai kita terkecoh, misalnya kita ingin membeli macbook pro mid 2012, ternyata yang ditawarkan penjual macbook pro 2011. Kedua macbook ini memiliki tampilan fisik 99% sama. Maka anda harus teliti, untuk mengecek tipe macbook anda mengklik logo apple > lalu klik About This Mac.

Macbook sendiri memiliki beberapa tipe, yaitu

  • Macbook Air (varian terendah dan termurah untuk pelajar)
  • Macbook (varian menengah untuk kantoran)
  • Macbook Pro (varian tertinggi khusus profesional)

Selain itu, tipe macbook diatas juga memiliki beberapa varian, misalnya macbook air tahun 2011, tahun 2017 dan sebagainya. Semakin baru maka semakin bagus.

8. Jaminan Penjual

Agar lebih aman, ketika anda selesai mengecek semua dan dirasa OK langkah selanjutnya yaitu meminta jaminan penjual. Entah itu garansi 1 hari, 7 hari atau sebulan.

Hal ini penting agar ketika sewaktu-waktu macbook yang dibeli mengalami masalah, maka kita dapat mengembalikanya.

Agar aman, pastikan anda mengenal seller nya, lebih aman lagi anda membeli di toko karena jika penjual sudah memiliki toko maka sedikit kemungkinan seller akan kabur jika ada sesuatu.

Manfaatkanlah masa garansi untuk melakukan point-point yang telah saya jelaskan diatas.

9. Harga

Harga merupakan indikator bontot yang mungkin perlu anda pertimbangkan. Sebelum nego dan memutuskan untuk membeli macbook bekas, alangkah bijak jika anda melalukan survei harga terlebih dahulu.

cek harga macbook bekas

Caranya cukup mudah. anda dapat mengetikan keyword di google atau di olx. Anda cek berapa harga pasaran untuk tipe macbook yang anda incar. Hal ini untuk meminimalisir agar anda tidak tertipu dan membeli macbook bekas kemahalan.

10. Software

Ini merupakan point bonus. Tanyakanlah apakah macbook yang dijual sudah terinstal software pokok yang biasa anda gunakan? misalnya seperti microsoft office, adobe family (ilustrator, photoshop, premiere pro) atau sebagainya.

Tanyakan juga apakah software yang di instal software original atau bajakan. Karena software illegal juga ada di perangkat macbook, tidak seperti mitos yang mengatakan macbook tidak bisa di instal software bajakan.

Kesimpulan

Tips membeli macbook diatas merupakan tips yang saya susun berdasarkan pengalaman saya sendiri. Jika anda menerapkanya dengan teliti maka kecil kemungkinan anda menyesal karena tertipu telah membeli macbook yang rusak. Maka dari itu, saya harap anda tenang dan jangan tergesa-gesa ketika membeli macbook.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya.

Share jika suka!

Leave a Comment