10 Skill yang Wajib Dikuasai Blogger Agar Menghasilkan Uang

Blog, media satu ini mungkin tidak sepopuler Instagram atau Youtube tempat Anda mengunggah foto atau video dan berbagi apa yang Anda rasakan melalui unggaha tersebut. Namun blog tetap menjadi tempat favorit bagi orang-orang yang suka menuangkan pemikirannya dalam bentuk tulisan. Bukan hanya sekedar hobi, menjadi blogger kini bahkan bisa menghasilkan uang. Asalkan Anda tahu caranya dan menguasai berbagai skill khusus.

Advertisement

Ingin Membuat Blog Anda Menjadi Sumber Penghasilan? Blogger Harus Punya 10 Skill Ini

Kalau dulu Anda suka mencurahkan perasaan atau menuliskan pengalaman berharga di dalam sebuah diary, nah blog ini prinsipnya sama seperti itu. Bedanya hanya sudah berbentuk digital. Blog pun kian berinovasi dengan mengembangkan tampilan yang kian menarik, fitur semakin bervariasi dan bisa menghasilkan uang.

Inilah yang belakangan dimanfaatkan oleh para blogger –pemilik yang mengelola dan menulis di dalam situs blog- untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Menjadi blogger kini bukan hanya sekedar media untuk menyalurkan hobi saja, namun juga bisa menjadi media untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Agar bisa menjadi blogger yang menghasilkan uang, setidaknya ada 10 skill yang harus Anda kuasai.

1. Menulis

Menjadi blogger tentu membutuhkan skill menulis yang baik. Anda harus bisa membuat tulisan yang menarik minat pembaca. Bukan hanya sekedar merangkai kata menjadi kalimat di dalam paragraph. Anda juga harus bisa menyampaikan pesan tertentu dari tulisan yang Anda buat.

Dengan kemampuan menulis yang baik, bukan tidak mungkin jika tulisan atau skill Anda ini ‘dibeli’ oleh perusahaan. Biasanya perusahaan membutuhkan jasa penulis untuk mempromosikan produknya. Jenis tulisannya biasanya bersifat review. Dari skill inilah Anda sebagai blogger bisa mendapatkan penghasilan yang cukup menjanjikan.

Advertisement

2. Kemampuan Berbahasa Asing

Kemampuan berbahasa asing ini juga penting bagi blogger untuk bisa menghasilkan uang. Dengan kemampuan bahasa asing, Anda bisa membuat konten di blog Anda dengan bahasa yang Anda kuasai tersebut. Sekali lagi, jika tulisannya menarik, bisa saja salah satu pembaca Anda menawarkan kerja sama.

3. Skill Fotografi

Saat ini sudah ada banyak jenis konten yang ditampilkan oleh blogger. Selain tulisan, para blogger ini juga menampilkan gambar-gambar hasil jepretannya sendiri. Bisa gambar makanan atau gambar footage perjalanan traveling yang dilakukan.

Nah, inilah yang saat ini sedang menjadi trend. Ada blogger yang isi blognya khusus tentang makanan, ada pula yang isinya khusus tentang traveling. Dari sinilah para blogger ini mendapatkan penghasilan. Para blogger ini mendapatkan uang dari endorsement dari produk-produk makanan atau agen perjalanan yang menggunakan jasa mereka untuk mempromosikan produknya.

Hal ini tidak akan terjadi kalau blogger tidak memiliki kemampuan fotografi yang mumpuni. Karena selain tulisan, pembaca akan lebih tertarik jika disisipkan gambar dengan kualitas bagus atau dari sudut pengambilan yang bagus.

4. Skill Photo Editing

Selain skill fotografi, skill photo editing juga perlu dimiliki oleh blogger untuk bisa menghasilkan uang dari mengelola blog. Penempatan foto pada unggahan di blog sudah pasti akan membuat pengunjung lebih nyaman dalam menikmati konten dari blog Anda.

Karena itulah dibutuhkan skill editing untuk foto yang akan Anda unggah. Skill editing ini akan membantu Anda dalam membuat tampilan foto yang Anda ambil semakin menarik dengan berbagai teknik editing yang digunakan.

5. Skill Memahami Template dan Bahasa Pemrograman dalam Blog

Umumnya blog dibuat dengan framework tersendiri, dan dibuat agar kodenya bisa diotak atik oleh penggunanya. Inilah kemampuan yang harus dimiliki oleh blogger untuk bisa mendapatkan uang. Kode-kode seperti javascript, html dan CSS adalah beberapa diantaranya.

Dengan memahami kode ini Anda bisa merealisasikan fitur atau fasilitas apapun yang Anda inginkan di dalam blog. Ketika tampilan blog Anda lebih menarik tentu akan meningkatkan traffic kunjungan. Nah, jika traffic kunjungan sudah tinggi, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari berbagai cara menggunakan blog Anda.

6. Kemampuan Desain

Satu lagi skill yang harus dimiliki oleh blogger untuk bisa menghasilkan uang adalah kemampuan desain. Selain bahasa pemrograman pada blog, ilmu desain ini juga dibutuhkan untuk mempercantik tampilan blog.

Kemampuan web atau blog desain ini sangat dibutuhkan agar tulisan yang Anda buat di dalam blog lebih lengkap dengan adanya gambar. Nah, penempatan gambar ini tentu tidak bisa sembarangan. Maka dari itu, Anda membutuhkan skill desain ini untuk membuat tampilan blog lebih menarik.

Blog dengan isi konten yang menarik dan didukung dengan tampilan yang juga tak kalah menarik akan mendatangkan traffic. Apabila traffic blog Anda meningkat dengan baik, maka akan ada pengiklan yang tertarik untuk memasang iklan pada blog Anda. Tujuannya tentu saja untuk mengenalkan produknya agar dibeli oleh pengunjung blog Anda.

7. Skill Komunikasi

Meskipun berbasis digital, Anda sebagai blogger harus tetap bisa menjalin komunikasi dengan pihak lain, dalam hal ini adalah pembaca. Ketika Anda bisa menjalin komunikasi yang baik dengan pembaca. Komunikasi itu bisa dilakukan melalui komentar atau fitur chatting.

Kemampuan komunikasi yang baik ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk menjalin relasi dengan sesama blogger lain. Anda bahkan bisa mendatangkan sumber penghasilan baik dari afiliasi, endorsement, hingga menjadi pembicara di dalam webinar.

8. Skill Marketing

Skill satu ini adalah skill yang pasti dibutuhkan di berbagai aspek kehidupan. Skill marketing ini akan membantu Anda dalam mempromosikan blog Anda agar bisa mendapatkan engagement yang tinggi.

Agar blog Anda dikenal oleh banyak orang yang memiliki banyak pengunjung, yang mana pada akhirnya akan mendatangkan penghasilan, tentu dibutuhkan tahapan promosi. Promosi blog Anda ini pun harus dibuat semenarik mungkin agar orang-orang tertarik mengunjungi blog Anda.

Jika Anda tidak menguasai skill marketing yang baik, maka Anda tidak bisa mempromosikan blog Anda dengan menarik. Hal tersebut tentu berdampak pada pengunjung yang juga tidak bisa meningkat dengan signifikan.

9. Kemampuan SEO

Skill SEO tidak hanya dibutuhkan oleh para pemilik bisnis online saja. Anda para blogger dan pemilik blog juga membutuhkan kemampuan ini. Dengan kemampuan SEO ini, Anda bisa membuat blog Anda berada di halaman teratas mesin pencarian.

Ketika blog Anda berada di halaman teratas mesin pencarian, maka peluang untuk diklik oleh pengunjung pun akan semakin besar. Inilah yang bisa meningkatkan traffic kunjungan ke blog Anda dan bisa Anda ubah menjadi sumber penghasilan.

10. Skill Mengelola Media Sosial

Nah ini adalah skill terakhir yang harus dimiliki oleh blogger untuk bisa menghasilkan uang. Media sosial ini bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan blog Anda sehingga akan semakin banyak orang yang mengunjunginya.

Tentu saja, promosi di media sosial pun tidak hanya sekedar promosi. Anda harus memiliki kemampuan mengelola media sosial dengan baik. Kemampuan yang mana Anda bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk posting sehingga lebih banyak orang yang melihat.

Menulis di blog saat ini sudah bukan lagi menjadi satu hobi saja. Anda bisa menjadikan hobi itu sebagai sumber penghasil uang, jika Anda cermat dan pintar dalam memanfaatkan peluang. Anda blogger yang ingin menjadikan blog Anda menghasilkan uang, setidaknya harus menguasai 10 skill yang disebutkan di atas.

Share jika suka!

Leave a Comment