10 Pekerjaan yang tidak akan Tergantikan oleh Robot AI

Perkembangan teknologi sangatlah pesat, Saat ini dunia akan berjalan menuju Era Industri 4.0. Di era ini, semua pekerjaan akan lebih mudah dan cepat karena digantikan oleh mesin dengan kecerdasan buatan (AI) yang terintegrasi dengan internet sehingga dapat dikendalikan secara cerdas.

Industri akan mulai meninggalkan sumber daya manusia karena dinilai lebih mahal dan tidak efisien, pada akhirnya semua beralih menggunakan robot dengan kemampuan artificial intelligence berbasis komputasi awan yang memiliki kemampuan kognitif.

Namun, teknologi ini ternyata tidak akan mampu menggantikan manusia seutuhnya setidaknya dalam 100 tahun kedepan. Lantas pekerjaan apakah yang tidak bisa digantikan oleh robot? simak artikel berikut ini…

Pekerjaan yang tidak akan Tergantikan Robot

10 Pekerjaan yang tidak akan Tergantikan oleh Robot AI 1

Dalam 100 tahun kedepan, di prediksi, robot dengan kecerdasan buatan tidak akan mampu menggantikan peran manusia dalam bidang-bidang tertentu, yaitu

1. Content Creator

Pekerjaan pertama yang tidak akan bisa tergantikan robot yaitu pekerjaan yang berhubungan dengan pembuatan konten. Entah itu penulis buku, penulis blog, copywriter, penulis naskah film dan pekerjaan lain yang berhubungan dengan konten.

Hal ini dikarenakan kecerdasan buatan dinilai tidak akan mampu melakukan pekerjaan yang mengandalkan kreatifitas dalam waktu dekat ini. Namun, di masa depan mungkin robot AI akan berkembang pesat dan bisa saja lebih pintar dari yang kita bayangkan sekarang.

2. Designer & Creative

Seperti halnya content creator, Designer atau pekerjaan kreatif juga masih akan dibutuhkan dalam beberapa tahun kedepan. Robot belum mampu menggantikan pekerjaan seperti Desainer Grafis, Video Editor, Arsitek, Designer Pakaian dan hal lainya yang membutuhkan pola pikir kreatif.

3. Human Resource Development (HRD)

Walaupun robot sudah hadir, namun robot juga membutuhkan manusia untuk mengelola semua pekerjaan. Dan pekerjaan HRD mungkin tidak bisa tergantikan karena mereka bekerja untuk mencari bakat-bakat dan potensi manusia untuk menjalankan perusahaan walaupun perusahaan tersebut sebagian sudah menggunakan teknologi robot.

4. Marketer

Industri tentu membutuhkan orang-orang marketer untuk mempromosikan bisnis mereka. Dan kabar baiknya, pekerjaan ini masih sulit digantikan oleh robot. Karena pekerjaan marketing selain berhubungan dengan data, mereka juga berhubungan dengan psikologi manusia.

5. Manager

Orang-orang yang bertugas mengatur manusia tidak akan pernah tergantikan oleh robot. Karena pada dasarnya manusia adalah pencipta robot dan tidak akan mungkin manusia mau tunduk pada ciptaanya.

Semua bidang manager seperti Manager keuangan, manager produksi dan pekerjaan lain yang berhubungan dengan kepala tidak akan mudah terganti.

6. Receptionists & Costumer Service

Sebenarnya sudah ada beberapa perusahaan yang menggunakan Bot Chat untuk menangani keluhan pelanggan, namun nyatanya hal ini belum sepenuhnya berhasil. Pada dasarnya orang tidak suka dilayani oleh robot, maka dari itu kemungkinan pekerjaan perkaitan dengan pelayanan pelanggan atau resepsionis tidak akan bisa tergantikan.

7. Analis Data

Peran para analis sangatlah penting untuk mengolah data menjadi informasi yang penting bagi perusahaan. Peran Analis data berhubungan dengan problem solving dan penelitian sehingga pekerjaan ini tidak akan tergantikan oleh robot ai dalam beberapa tahun kedepan.

8. IT

Robot dan Kecerdasan buatan pada dasarnya diciptakan oleh orang-orang IT. Entah itu programmer, Software Enginerr, Hardwaren Enginerr dan sebagainya. Maka tidak mungkin robot bisa menggantikan pekerjaan penciptanya dalam beberapa waktu kedepan karena para IT pasti berfikir bagaimana cara menghentikan mereka dan tidak lebih cerdas dari penciptanya.

9. Pengajar

Guru, Dosen atau Pengajar lepas tak akan bisa tergantikan oleh robot. Semua pasti sepakat, kita tidak akan nyaman jika belajar dengan robot karena robot tidak memiliki emosi dan empati. Hal yang berkaitan dengan kegiatan ngajar mengajar tidak hanya berkutat dalam bidang teori, ada juga budi pekerti dan akhlak yang tidak mungkin diajarkan oleh robot.

10. Ahli Bidang

Profesor, Doktor, Ahli bedah, Ahli Robotic dan pekerjaan ahli bidang lainya mungkin merupakan pekerjaan yang tetap akan eksis dan tidak tergantikan oleh robot. Peran para ahli sangat besar dalam kelangsungan hidup di keseharian atau di perusahaan. Maka dari itu, ahli bidang akan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman seiring dengan waktu.

Kesimpulan

Sebenarnya, kita tidak mampu menahan semua perkembangan ini, seiring waktu robot akan menggantikan pekerjaan manusia. Karena pekerjaan di ambil alih robot maka lambat laun kita tidak akan mampu bertahan hidup.

Maka dari itu, kita dituntut untuk mampu beradaptasi dan mengasah skill sesuai dengan perkembangan zaman, terutama Industri 4.0

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya.

Bagikan jika suka:

Tentang Penulis

Photo of author

Septian Riyadus Solihin

Dikenal juga dengan nama internet Septian Rishal. Beliau merupakan Sarjana Desain (S.Ds) dan lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan. Aktif sebagai blogger sejak 2012, bekerja freelance sebagai SEO Specialist, Content Strategist dan Digital Branding yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi, game, smartphone, bisnis online, media sosial, investasi, dan desain.

Leave a Comment