Thursday, 16 November 2017

Penyebab Silikon Jelly Case Menguning dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Handphone adalah peralatan elektronik yang dimiliki oleh hampir semua masyarakat dari berbagai kalangan. Harga ponsel sekarang ini memang beragam, dari yang termurah sampai dengan yang termahal. Untuk melindungi ponsel kesayangan dari benturan atau goresan selama pemakaian, masyarakat biasanya menggunakan case Anti Crack yang berbahan silikon jelly case untuk memberikan perlindungan pada ponsel. Sayangnya, banyak penggunanya yang mengeluh Silikon Jelly Case menguning setelah pemakaian selama beberapa waktu. Dibandingkan dengan hardcase, masyarakat memang lebih suka menggunakan softcase. Karena terasa lebih nyaman saat digenggam serta dapat meredam getaran dan benturan ketika ponsel terjatuh. Hanya saja kelemahan dari casing hp ini adalah bahannya yang mudah kotor dan menguning. Hal tersebut dikarenakan pori-pori silikon yang besar sehingga kotoran bisa dengan mudah masuk. Apalagi, silikon biasanya memang berwarna putih atau transparan.

Penyebab Silikon Jelly Case Menguning dan Cara Mengatasinya
Silikon yang menguning bisa dibersihkan menggunakan Alkohol
Silikon jelly case yang menguning memang sangat sulit dibersihkan. Jika tidak segera diatasi, kotoran yang menguning tersebut akan mengeras dan kaku. Ada banyak hal yang menyebabkan silikon case cepat menguning. Beberapa diantaranya adalah lotion yang sering dipakai pada tangan, keringat, dan sinar ultraviolet. Membeli silikon yang baru mungkin akan terasa lebih mudah. Tapi bagaimana jika casing ponsel tersebut adalah pemberian dari orang yang paling berharga? Atau model dan custom softcase tersebut terlalu sulit dicari meskipun Anda sudah pergi ke berbagai tempat. Jika silikon case Anda belum begitu kaku dan masih bisa dipakai, maka ada cara terbaik yang bisa Anda lakukan yakni membersihkan warna kusam casing tersebut agar bisa kembali dipakai. Penasaran dengan caranya? Berikut ini adalah cara mengatasi Silikon Jelly Case menguning yang bisa Anda coba.


Cara Mengatasi dan Membersihkan Silikon Jelly Case Menguning


  1. Langkah pertama mengatasi Silikon Jelly Case menguning adalah menyiapkan bahan-bahan apa saja yang diperlukan. Bahan yang disiapkan diantaranya adalah mangkuk, baking soda, air hangat dan sikat gigi yang tidak terpakai.
  2. Jika semua bahan yang diperlukan telah siap, Anda ambil masukkan baking soda dan air hangat ke dalam mangkuk. Lalu aduk hingga merata. Setelah itu, Anda masukkan silikon jelly case ponsel ke dalam mangkuk yang di dalamnya sudah berisi larutan baking soda tersebut.
  3. Biarkan selama beberapa saat. Kemudian Anda gosok secara perlahan silikon yang tengah di rendam tersebut secara keseluruhan. Pastikan jika Anda menggosok sampai ke semua sudut silikon ponsel. Jangan sampai ada yang tertinggal sehingga kotoran yang selama ini menempel bisa segera hilang. Dengan menggunakan cara mengatasi Silikon Jelly Case menguning ini, maka silikon case Anda akan terlihat seperti baru. Tapi jika kotoran atau noda silikon sulit hilang, Anda bisa merendam casing ponsel tersebut ke dalam larutan soda dengan jangka waktu yang lama. Setelah itu, barulah Anda bisa menggosoknya dengan sikat gigi.
  4. Jika merasa masih kotor, Anda dapat menggosoknya dengan alcohol yang di teteskan ke kapas halus. Selain untuk mempersihkan, alkohol juga berfungsi sebagai anti bakteri sehingga silikon case Anda kembali higienis.
  5. Apabila Anda merasa bahwa silikon jelly case yang dimiliki sudah bersih, Anda bisa mengeringkannya dengan lap bersih. Setelah itu, barulah silikon bisa dipakai kembali. Namun, pastikan jika silikon benar-benar dalam kondisi kering saat Anda memasangnya pada ponsel. Jangan sampai ada sisa air yang tertinggal. Karena hal tersebut bisa menyebabkan ponsel Anda mudah rusak.
  6. Perlu di ingat bahwa warna karet silikon yang dibersihkan tidak mungkin kembali bersih dan bening seperti awal, Namun dengan beberapa cara diatas, noda kuning dan bakteri akan berkurang dan kembali bersih.

Cara mengatasi masalah Silikon Jelly Case menguning di atas sangat mudah bukan? Bahan-bahan yang diperlukan juga mudah didapat sehingga tidak akan menyulitkan Anda. Demikianlah ulasan tentang menghilangkan warna kuning pada silikon case kali ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

2 komentar dari Sahabat Septian

Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon