Tuesday, 28 November 2017

Cara Membuat Artikel yang Baik dan Berkualitas Khusus Pemula

Advertisement

Menulis artikel tidak hanya bisa digunakan bagi keperluan ilmiah saja. Saat ini dengan begitu pesatnya perkembangan teknologi muncul berbagai portal baru yang dapat dijadikan perantara bagi penulisan sebuah artikel. Misalnya saja “blog” yang menjadi ladang baru bagi para penulis. Penulis atau bahkan siapapun dapat mengapresiasikan ide mereka pada sebuah artikel. Jika Anda adalah seorang pemula yang sedang mulai merambah dunia blog maka sebaiknya Anda harus memahami terlebih dahulu tentang bagaimana cara membuat artikel berkualitas. Dengan artikel yang berkualitas yang SEO Friendly, blog Anda akan cepat mendapatkan pembaca atau traffic baru.

Cara Membuat Artikel yang Baik dan Berkualitas Khusus Pemula
Ilustrasi Penulis Profesional

Beberapa Cara Membuat Artikel Berkualitas dengan Mudah


1. Pelajari kata kunci atau topik

Sebelum membuat artikel pastikan terlebih dahulu mempelajari tentang topik yang akan diangkat. Dengan melakukan riset maka akan memberikan pandangan dan wawasan yang lebih luas tentang hal yang akan dibahas. Sebagai salah satu cara membuat artikel berkualitas, pemahaman topik menjadi faktor penentu utama. Bagaimana jadinya bila kita sendiri sebagai penulis tidak memahami benar tentang topik yang akan kita tulis. Beberapa penulis terkenal bahkan melakukan penelitian dan melibatkan dirinya langsung pada bahan tulisan yang akan ia tulis.

Bagi penulis awal, melakukan penelitian mungkin bisa menjadi salah satu yang sangat sulit untuk dilakukan. Referensi tidak hanya bisa dilakukan dengan penelitian, masih banyak hal yang bisa dikerjakan untuk mendapatkan referensi yang baik. Anda bisa menggunakan kemampuan membaca Anda untuk memperdalam referensi tulisan. Berkunjunglah ke perpustakaan yang menyediakan sumber referensi sangat banyak dan gratis. Atau jika Anda merasa jauh dari perpustakaan, saat ini Google telah memberikan kemudahan mengakses informasi dengan sangat mudah termasuk untuk mendapatkan referensi.


2. Pembuatan kerangka artikel

Seperti yang pernah diajarkan pada saat Anda masih duduk di bangku sekolah, pada pelajaran bahasa Indonesia pasti dijelaskan bahwa proses pembuatan artikel sebaiknya juga diawali dengan membuat kerangka artikel. Pembuatan artikel menjadi salah satu cara membuat artikel berkualitas. Kerangka artikel dibuat dengan tujuan agar artikel tersebut tidak akan melenceng dari topik yang sudah ditentukan. Kerangka ini juga akan memudahkan penulis memberikan relevansi antara judul dengan bagian-bagian tulisan di bawahnya. Sebaiknya, Anda menyusun kerangka artikel sesuai standar SEO yaitu mudah dibaca oleh manusia, terstruktur dan mengalir.


3. Metode Long Tail Keywords

Metode ini adalah metode dimana seorang penulis harus mampu menghasilkan sebuah judul yang menarik. Metode long tail keywords ini dinilai dapat meningkatkan jumlah kunjungan sebuah blog menjadi dua kali lipat lebih banyak. Selain meningkatkan kunjungan pada blog, metode ini juga merupakan cara membuat artikel berkualitas. Pilihlah judul yang relevan dan banyak dicari di internet tapi kemudian sisipkan beberapa kata pada awal atau akhir kalimat. Metode ini akan membuat judul lebih menarik dan mudah ditemukan oleh pembaca.


4. Penentuan target pembaca dan jumlah kosakata

Menentukan target pembaca semakin memudahkan Anda untuk menjaring pembaca lebih banyak. Dengan menarik garis lurus antara target pembaca dengan isi artikel yang dibuat akan menjadikan tulisan Anda menjadi tulisan yang berkualitas. Selain itu hindari kosakata yang terlalu berlebih sehingga bisa membuat pembaca menjadi bosan.

Itulah kiranya beberapa cara membuat artikel berkualitas yang sangat mudah untuk diterapkan meskipun bagi para pemula. Selain mudah, cara-cara ini dapat menjadikan artikel Anda sebagai artikel yang cukup baik dibandingkan dengan artikel-artikel lainnya. Satu hal lagi yang perlu dilakukan adalah bagaimana caranya menulis sesuatu dengan jiwa.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon