Monday, 16 October 2017

iPhone X vs iPhone 8 vs iPhone 8 Plus, Apa Sih Perbedaannya?

Advertisement

Tahun 2017 ini, Apple genap berusia 10 tahun. Untuk melengkapi tahun istimewanya ini, Apple mengadakan acara besar di markas baru untuk pertama kalinya. Di Steve Jobs Theater yang berlokasi di Apple Park, Cupertino, California, Amerika Serikat inilah Apple meluncurkan berbagai perangkat iPhone terbaru yang sudah ditunggu-tunggu oleh banyak orang, yaitu iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X.

Nah, apa sih perbedaan di antara ketiga perangkat iPhone terbaru tersebut? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Desain


Iphone X vs Iphone 8 vs iphone 8 plus, perbedaanya
Iphone - Pocket-Lint

Perbedaan utama dari ketiga perangkat iPhone teranyar dari Apple adalah desainnya. Untuk iPhone X, yang digadang-gadang sebagai “The Future of The Smartphone”, Apple menghadirkan desain yang cukup radikal. Dengan layar yang hampir menutupi seluruh bagian body, smartphone ini hanya menyisakan lebih sedikit pinggiran (bezel) dibanding smartphone Samsung Galaxy S8.

Apple juga membuat inovasi dengan meniadakan tombol home-nya yang begitu khas pada seri iPhone X, sehingga fitur Touch ID pun juga ikut hilang. Sebagai gantinya, Apple menghadirkan fitur identifikasi dengan deteksi wajah yang disebut Face ID.

Untuk bagian belakangnya yang terbuat dari kaca, Apple tetap menggunakan dual kamera seperti seri iPhone 7 Plus. Bedanya, di iPhone X mereka menempatkannya dengan posisi vertikal. Adapun pilihan warna yang disediakan adalah silver dan space gray.

Sedangkan, untuk seri iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, keduanya memiliki desain yang bisa dibilang mirip dengan seri iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Kedua seri ini juga mengusung frame aluminium dan material casing belakang yang terbuat dari kaca, dengan pilihan warna yang meliputi silver, gold, dan juga space grey.

Layar

layar iphone 8, iphone 8 plus, iphone x
Iphone - Dekh News

Dari segi layar, ketiga seri iPhone terbaru dari Apple juga hadir dengan spesifikasi layar yang berbeda-beda. Pada seri iPhone X, untuk pertama kalinya Apple mengusung layar OLED Super Retina HD Display beresolusi 2.436 x 1.125 pixel dan kepadatan 458 ppi. Berbeda dengan seri iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang masih memakai layar LED Backlit IPS LCD.

Selain itu, ketiganya juga dilengkapi dengan teknologi True Tone, yaitu kemampuan untuk menyesuaikan tingkat kecerahan serta 3D Touch. Namun, iPhone X memiliki tambahan fitur yang tidak dimiliki kedua seri lainnya, yaitu dukungan HDR dan Dolby Vision.

Kamera

kualitas kamera iphone x 8 plus
Iphone - Wccftech

Nah, untuk kamera, iPhone X dan iPhone 8 Plus sama-sama menawarkan konfigurasi dual kamera belakang dengan kombinasi dua kamera 12 megapixel, PDAF, 2x Zoom Optical, serta empat lampu LED. Bedanya, iPhone X mengusung dua Optic Image Stabilization (OIS) pada kameranya, sedangkan iPhone 8 Plus hanya satu saja.

Sementara itu, pada iPhone 8, spesifikasi kamera yang ditawarkan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan iPhone 8 Plus. Hanya saja, seri ini hanya memiliki 1 buah kamera belakang 12 megapixel. Kemudian, untuk bagian depan, ketiganya sama-sama memiliki kamera berukuran 7 megapixel.

Software

update software iphone 8 X plus +
Iphone - iNews

Seri iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus memiliki spesifikasi software yang tidak jauh berbeda, yakni mengusung chipset Apple A11 Bionci terbaru. Ketiga smartphone ini nantinya juga hanya tersedia dalam 2 varian penyimpanan internal, yakni 64GB dan 256GB.

Untuk RAM, iPhone X dan iPhone 8 Plus memiliki RAM sebesar 3GB, sedangkan iPhone 8 hanya sebesar 2GB saja. Namun, meski begitu, RAM 2GB tersebut sudah sangat mumpuni untuk menjalankan sistem operasi iOS andalan Apple.

Selain itu, ketiga seri iPhone terbaru dari Apple juga memiliki fitur Wireless Charging yang sebenarnya sudah ditunggu-tunggu sejak lama. Sementara itu, untuk iPhone X, seri ini juga memiliki fitur baru bernama Animoji. Melalui fitur yang mengandalkan teknologi Face ID ini, kamu bisa mengirim emoji bergerak mengikuti gerakan wajah yang direkam melalui kamera.

Harga

harga iphone x 8 plus terbaru
Iphone – Pocket-Lint

Karena memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, harga dari ketiga seri iPhone terbaru ini tentu juga tidak sama. iPhone 8, yang menjadi seri termurah di antara ketiganya, dibanderol dengan harga mulai dari USD 699, atau sekitar Rp9.2 juta. Diikuti dengan iPhone 8 Plus yang ada pada kisaran USD 799, atau sekitar Rp10.5 juta. Dan sebagai seri yang paling mahal, iPhone X berada pada kisaran harga USD 999, atau sekitar Rp13.2 juta.

Itulah beberapa perbedaan dari iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Jika memiliki salah satu dari ketiga smartphone canggih tersebut, kamu tentu perlu memastikan bahwa provider yang kamu gunakan memiliki akses internet yang kuat dan cepat, seperti misalnya kartu perdana Simpati dari Telkomsel. Dengan begitu, kinerja dan fitur-fitur di dalam smartphone tersebut akan berjalan secara optimal.

Jika perlu mengisi pulsa untuk membeli paket data, kamu bisa membeli pulsa melalui platform pembelian pulsa online seperti Traveloka. Beragam info transfer pulsa Simpati di situs Traveloka.com pun juga tersedia di sana.

Dengan pulsa yang terisi penuh dan layanan transfer pulsa Simpati, kamu juga berbagi pulsa ke kerabat atau teman yang sedang membutuhkan pulsa tetapi tidak memungkinkan untuk mengisi pulsa sendiri.

Cara untuk melakukan transfer pulsa Simpati juga terbilang cukup mudah, bisa melalui layanan SMS ataupun USSD. Untuk keterangan lebih lengkapnya, silakan langsung meluncur ke Traveloka yang bisa diakses di website maupun aplikasinya. Semoga bermanfaat.

Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, Anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

Artikel Terkait

2 komentar dari Sahabat Septian

Sampai sekarang belum pernah megang ip. hehe. Tapi mengikuti perkembangannya sampai iphone X. Keren smartphone ini

Haha, sama bro. Saya juga belum pernah punya iPhone. Tapi selalu update wkwk

Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon