Saturday, 12 August 2017

Cara Mengganti Logo Squirrelmail dengan Logo Kita Sendiri

Advertisement

Bosan dengan tampilan login aplikasi e-mail Squirrelmail yang berwujud hewan tupai? Jangan khawatir, logo tupai Squirrelmail itu dapat diubah dengan gambar yang kita inginkan. Format yang dapat digunakan bisa *.jpg dan *.png. Pada artikel kali ini, saya akan berikan tutorial singkat cara mengganti logo Squirrelmail dengan logo kita sendiri.

Cara Mengganti Logo Squirrelmail dengan Logo Kita Sendiri

Namun, sebelumnya Anda harus menginstall DNS server, mail server dan FTP server (untuk transfer file gambar dari harddisk kita ke virtual machine server linux Debian kita). *caranya sudah dibahas di artikel sebelumnya

Saya asumsikan Anda sudah melakukan instalasi dan konfigurasi DNS server, mail server dan FTP server. Pertama, siapkan gambar yang akan digunakan untuk mengganti logo Squirrelmail. Gambar tersebut dapat berupa logo perusahaan, logo instansi, atau logo buatan anda sendiri.

Pada artikel ini saya menggunakan gambar bernama LogoBaru.jpg yang sudah saya transfer ke direktori /home/share/ server Debian saya.

1. Pertama, Copy gambar dari direktori gambar Anda ke direktori /usr/share/squirrelmail/images/ dengan perintah berikut.

perintah copy gambar linux

2. Kemudian, buka file konfigurasi Squirrelmail dengan perintah berikut.

syntax konfigurasi squirrelmail
Cari tulisan $org_logo.
3. Pada baris $org_logo (baris ke 13), ganti tulisan sm_logo.png menjadi ‘LogoBaru.jpg’ (sesuai nama file gambar yang akan Anda gunakan). Anda juga bisa mengubah ukuran gambar sesuai selera Anda, asal tidak terlalu besar. Mengubah ukuran gambar bisa dilakukan dengan mengubah nilai $org_logo_width dan $org_logo_height.

mengubah ukuran resolusi gambar di squirrelmail linux debian
Sebelum diubah
mengubah logo login squirrelmail
Sesudah diubah
4. Save perubahan tersebut dengan menekan tombol Ctrl+X lalu tekan tombol Y.
5. Terakhir, cek apakah logo pada saat login e-mail Squirrelmail sudah berubah atau belum. Cek pada browser client.

custom logo squirrelmail
Berikut Hasilnya
Sekian artikel kali ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon