Tuesday, 1 August 2017

Cara Agar Foto & Video Tersimpan Selamanya Di Google (Abadi)

Advertisement

Foto dan Video merupakan salah satu bentuk pengabadian moment yang sering kita lakukan. Ketika kita berlibur bersama keluarga atau teman, kita sering meluangkan waktu sejenak untuk mengambil gambar sebagai kenang-kenangan atau untuk sekedar eksis di sosial media. Namun, kadang kala photo atau video kita hilang karena hal-hal yang tidak sengaja seperti terhapus, terformat, corrupt, bahkan hilang karena memory (sd card) nya rusak.


Cara Agar Foto & Video Tersimpan Selamanya Di Google (Abadi)

Nah, salah satu cara mengatasinya yaitu dengan membackup dan menyimpanya di penyimpanan awan atau biasa disebut cloud. Banyak sekali penyedia penyimpanan cloud gratis diantaranya seperti google photos / drive, mediafire, dropbox, onedrive, mega, dan sebagainya.

Namun, kali ini saya akan membagikan salah satu trik paling simpel dan gampang dengan menggunakan Google Photos. Mengapa menggunakan Google Foto? Alasanya karena aplikasi foto memiliki kelebihan sebagai berikut :
  • Penyimpanan tak terbatas (unlimited)
  • Backup secara otomatis beberapa detik setelah mengambil foto ataupun video
  • Ringan
  • Kualitas foto dan video tidak menurun walaupun di kompress
  • Simple
  • Keamanan terjamin
  • Terdapat fitur "Mengosongkan Penyimpanan" yang dapat memperluas storage kita dengan menghapus foto atau video duplikat
Nah, berikut tutorial lengkapnya... 

Cara Agar Foto dan Video Anda Abadi Tersimpan Selamanya di Google Photos Secara Otomatis

  • Pertama, anda download dan instal terlebih dahulu aplikasi Google Foto di link berikut ini


  • Setelah itu, anda login dengan akun gmail lalu cari dan buka menu pengaturan (setelan)
  • pengaturan backup otomatis foto dan video
    • kemudian masuk ke pengaturan backup & sinkronisasi
    sinkronisasi foto dan video secara otomatis
    • kemudian anda centang fitur Back Up & Sinkronisasi lalu centang juga "foto" dan "Video" di menu "backup dengan kuota internet" agar foto anda terupload secara otomatis menggunakan data. Jika anda ingin menghemat kuota, anda bisa mencentang foto saja.
    cara menyimpan foto online
    • Nah, sekarang folder kamera / DCIM telah tersinkron secara oromatis ke server google. Agar lebih aman, tambahkan juga folder lain yang ingin anda simpan secara online dengan memilih menu Backup folder perangkat dan pilih folder yang di inginkan.
    membackup folder foto di android
    Nah, sekarang file foto dan video anda sudah aman dan tersimpan abadi di server internet google selama google photo masih ada. Untuk mengeceknya, anda bisa mengambil satu foto kemudian buka dan login di web https://photos.google.com di browser atau PC. Jika foto yang anda ambil langsung muncul dalam beberapa menit, berarti pengaturan sudah berhasil.

    Sekarang anda dapat melihat foto dan video anda di internet kapanpun, dimanapun dan diperangkat apapun selama akun google yang digunakan sama.

    Sekian artikel kali ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin di tambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

    Artikel Terkait

    3 komentar dari Sahabat Septian

    Ini paling asik nih, udah gitu unlimited lagi. Cocok banget bagiku, selain bisa tersimpan selamanya, bisa juga untuk meringankan hardis komputer..hehe

    Wah pas banget baca atikel ini. Belum lama ini memory card saya rusak, alhasil semua foto dan video pun hilang. Tapi untungnya udah di back up di Google Photos. Makasih ilmunya bang.

    Keren ya cloud dari Google ini, unlimited ini yang paling menguntungkan penggunanya... Secara koleksi foto dan video sangat banyak

    Jadi ga ngabisin hardisk ya mas hehe

    Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

    Terima Kasih.

    EmoticonEmoticon