Wednesday, 30 August 2017

10 Cara Jitu Meningkatkan Traffic Blog

Advertisement

Banyak sekali tips dan trik mengenai cara meningkatkan traffic blog. Namun kadang kala cara yang dibagikan terlalu rumit dan advance untuk para blogger pemula. Nah, kali ini saya akan berbagi ilmu berdasarkan pengalaman saya ngebog selama 7 Tahun. Materi yang akan dibahas kali ini yaitu cara mendatangkan traffic ke blog maupun website agar blog kita ramai pengunjung. Terus, bagaimana caranya? mari simak artikel berikut ini...

10 Cara Jitu Meningkatkan Traffic Blog


Cara Jitu Meningkatkan Traffic Blog


1. Beli Template premium dan pilihlah yang SEO Friendly.


Template merupakan hal yang paling penting dalam membuat sebuah blog. Jadi anda harus memilih template yang sudah di optimisasi untuk tampil di pageone. Template ini biasanya dilengkapi fitur SEO (Search Engine Optimization) Frienly, fast loading dan memiliki struktur data yang baik.


2. Terapkan ilmu SEO.


Blogger wajib menguasai SEO agar blog yang dimilikinya dapat dioptimalkan untuk tampil di search engine (mesin pencari) seperti google, yahoo, bing, yandex dan sebagainya. Semakin tekun ngeblog maka biasanya pengalamanya pun semakin meningkat. Jadi teruslah belajar seo karena biasanya ilmu seo seseorang berbeda-beda tergantung pengalamanya.


3. Wajib Update Konten Berkualitas secara Rutin dan Terjadwal.


Tanpa konten blog kita tidak mungkin ramai dan mendapatkan traffic organic. Jadi anda harus mempublish artikel secara rutin minimal 1 minggu sekali agar traffic blog anda meningkat seiring waktu. Semakin bermanfaat sebuah artikel maka semakin besar peluang untuk menarik pengunjung. Dan semakin banyak artikel maka traffic akan semakin meledak seiring waktu jika di iringi dengan optimasi yang baik.


4. Bangun Jaringan Backlink Secara Perlahan.


Dengan banyaknya backlink dari web atau blog besar yang berkualitas maka rating blog dan pagerank kita berpotensi meningkat di SERPs. Anda bisa mendapatkan backlink secara perlahan dengan mengupdate konten yang berkualitas dan bermanfaat. Dengan begitu, nanti banyak blogger lain yang mengutip artikel anda namun mencantumkan link sumber disertai backlink sebagai tanda terima kasih. Selain itu anda bisa menggunakan jasa review untuk mendapatkan backlink berkualitas. Sebagai alternatif gratis untuk mendapat backlink, anda dapat membuat beberapa blog dummy berkualitas dan menyisipkan backlink di setiap blog yang anda buat.


5.  Selalu Submit Url Setelah Membuat Artikel Baru.


Seperti artikel sebelumnya, submit artikel merupakan hal yang wajib dan sangat penting karena dengan mensubmit artikel ke mesin pencari maka artikel kita akan lebih cepat untuk terindex. Anda wajib submit artikel ke Google Submit Url dan Bing Submit Url.


6. Bagikan Artikel Setelah Selesai Dibuat ke Media Sosial.


Rajinlah untuk membagikan artikel anda ke social media setiap waktu. Namun hindari share secara berlebihan karena dapat membuat jengkel orang lain. Share artikel hanya ke orang yang minat terhadap topik artikel yang kita buat. Misalnya membuat artikel tentang blogger maka share lah ke grup blogger atau orang-orang yang suka dengan kegiatan blogging. Anda bisa share ke berbagai media sosial seperti grup, fanspage di facebook, komunitas google plus, twitter dan lainya.


7. Manfaatkan Form Email Newsletter.


Anda bisa memanfaatkan form subscribe melalui email. Hal ini sangat berguna untuk menjaring pengguna yang minat terhadap blog kita. Dengan adanya form ini, orang yang berlangganan akan mendapat update artikel kita lewat kotak masuk email mereka.


8. Rajin Meninggalkan Komentar di Blog Orang Lain.


Saling mengunjungi dan berkomentar biasa disebut blogwaking. Kegiatan ini bertujuan agar blog kita ramai oleh pengunjung. Selain itu, blogwalking bisa menambah backlink jika komentar kita mengandung link aktif. Namun jangan sekali-kali meninggalkan link aktif di blog orang lain karena hal ini dapat mengakibatkan blog kita buruk di mata mesin pencari jika si pemilik blog menandai komentar kita sebagai spam. Jadi, berkomentarlah dengan sopan dan sesuai aturan yang dibuat si pemilik blog.


9. Buatlah Grup dan Fanspage Khusus di Facebook.


Dengan membuat grup dan fanspage maka kita bisa membangun komunitas penggemar blog yang kita miliki. Tentu, dengan adanya wadah maka para pembaca setia bisa saling berbagi dan selalu update tentang perkembangan blog.


10. Beriklan.


Jika ingin cara yang instan dan cepat, maka beriklan bisa menjadi solusi. Anda bisa mulai memasang iklan di beberapa ad server terkenal seperti Google Adword,, Facebook Ads dan Sebagainya. Tentu dengan iklan, promosi blog akan semakin mudah dan lebih efektif.

Sekian artikel mengenai Cara Jitu Meningkatkan Traffic Blog. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

Artikel Terkait

2 komentar dari Sahabat Septian

Setuju dengan 10 cara diatas. Tapi paling favorit sih blogwalking, karena ada banyak banget manfaatnya.... Nice sharing Mas

paling demen dengan share dan BW, udah kerasa efeknya sekarang.

Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon