Wednesday, 26 July 2017

Mengatasi “E: Package ‘courier-imap’ has no installation candidate” Mail Server Linux Debian

Advertisement

“E: Package ‘courier-imap’ has no installation candidate” (highlight warna merah di gambar) merupakan salah satu masalah yang sering muncul pada saat instalasi mail server pada server linux Debian 6.


Cara Mengatasi “E: Package ‘courier-imap’ has no installation candidate” pada saat konfigurasi Mail Server di Linux Debian 6
Contoh kesalahan pada instalasi Mail Server di Debian 6
Masalah tersebut muncul setelah kita mengetik perintah instalasi apt-get install postfix courier-imap courier-pop (highlight warna hijau di gambar). Hal ini terjadi karena paket courier-imap dan courier-pop yang merupakan protokol penting mail server, tidak ada dalam instaler DVD 1 Debian 6.

Perlu diketahui, bahwa Debian 6 memiliki dua DVD instalasi yaitu Debian 6 DVD 1 dan Debian 6 DVD 2. Masalah yang satu ini muncul karena paket courier-imap dan courier-pop tidak tersedia dalam Debian 6 DVD 1, melainkan dimuat dalam Debian 6 DVD 2. Meskipun kita memasukan Debian 6 DVD 2, masalah tidak akan terselesaikan begitu saja. 

Berikut saya berikan penjelasan cara mengatasi pesan “E: Package ‘courier-imap’ has no installation candidate” di mesin virtual linux Debian 6 (Oracle VirtualBox). 

Pertama, Anda masukkan terlebih dahulu Debian 6 DVD 2 di komputer server atau mesin virtual yang anda gunakan. Jika menggunakan virtual box anda dapat melakukan :
  • Klik kanan ikon Disk pada status bar (pojok kanan bawah mesin virtual). 
  • Pilih ‘debian-6.0.6-i386-DVD-2.iso’ atau klik pilihan Choose disk image kemudian cari file *.iso Debian 6 DVD 2 di komputer Anda.
mengganti dan menambah disk di virtual box
Pilih DVD 2
  • Kemudian ketikan perintah apt-cdrom add
perintah menambahkan cdrom di linux
  • Maka hasilkan akan seperti berikut ini
ciri cd atau disc telah terdeteksi di linux
  • Maka DVD 2 dari linux Debian 6 akan teridentifikasi oleh server, sehingga paket courier-imap dan courier-pop pada Debian 6 DVD 2 dapat dieksekusi. 
  • Lalu, ketik kembali perintah apt-get install postfix courier-imap courier-pop.
langkah penginstalan mail server debian yang benar
  • Kemudian ketik y dan enter.
tanda penginstalan mail server berhasil


Terlihat pada gambar, setelah saya mencoba instal kembali paket postfix (mail server), courier-imap dan courier-pop, pesan “E: Package ‘courier-imap’ has no installation candidate” tidak lagi muncul. Bahkan pesan “E: Unable to locate package courier-pop” dibawahnya tidak lagi muncul. Pesan yang muncul adalah perintah memasukkan kembali DVD 1 untuk proses instalasi paket postfix, yang artinya proses instalasi courier-imap dan courier-pop sudah bisa di install setelah instalasi postfix. Hal ini dikarenakan server Debian telah mengenali paket yang semula tidak ada pada installer Debian 6 DVD 1.

Semoga tutorial singkat ini dapat membantu Anda mengatasi masalah kecil pada saat instalasi mail server linux Debian 6. Jika ada hal yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon