Saturday, 1 July 2017

Belajar SEO Hanya Buang Waktu dan Uang Jika...?

Advertisement

Bagi para blogger dan webmaster tentu tidak asing jika mengenal kata SEO. Bahkan banyak sekali website dan blog yang khusus membahas tentang topik ini. Lantas apa sih seo itu? seo merupakan singkatan dari Search Engine Optimization adalah suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan visibilitas sebuah blog atau web di mesin pencari seperti google, bing, yahoo, yandex dan sebagainya.


Belajar SEO Hanya Buang Waktu dan Uang Jika...

Nah, bagi kalian para penulis dan blogger baru sebaiknya anda baca baik-baik artikel ini agar kedepanya anda tidak tersesat dan gagal dalam dunia blogging. Banyak sekali blogger yang putus asa dan akhirnya berhenti karena mereka terlalu fokus dan serius dalam suatu hal namun mengabaikan hal lain yang lebih dasar. 

Seperti halnya memasak makanan, jika resep yang dibuat tidak beraturan maka hasilnya tidak akan maksimal. Begitupun dengan blogging, jika anda tidak tau teori dasarnya maka kesana nya akan gagal.

Contohnya yaitu seo. Banyak sekali orang terlalu fokus dengan yang namanya seo hingga segala cara, tips, trik, dan tutorial yang tersebar di internet dituruti dan diterapkan. Padahal semua itu belum tentu benar dan teruji secara teknis.

Asal kalian ketahui, banyak sekali blog abal-abal yang membahas seo di internet. Setelah saya selidiki satu-persatu ternyata artikel nya hanya sebuah karangan belaka tanpa ilmu dari pakarnya. Dan jika dilihat dari latar belakang si penulis, kebanyakan mereka tidak ada basic dalam bidangnya. Mereka kebanyakan hanya menulis ulang atau bahasa kerenya rewrite dari blog lain.

Kenapa melakukan hal itu? Mereka hanya mencari keuntungan dalam bisnis ini. Seo merupakan niche favorit karena mudah untuk ditulis. Bahkan banyak sekali orang membuka jasa seo dan bimbingan online yang nyatanya hanya membuang uang dan waktu. 

Namun tidak semua seperti itu, banyak juga blogger yang berbagi ilmu seo yang benar-benar bisa dibuktikan. Biasanya mereka memang pakar di bidangnya atau mereka membagikan ilmu yang memang pernah di lakukan oleh penulisnya sendiri. Ilmu dari pengalaman memang lebih berharga dan lebih terpercaya.

Jadi saran saya, jika anda masih pemula jangan dulu belajar seo. Lebih baik anda sempurnakan dulu dasar menjadi blogger berikut ini...
  1. Memiliki Rencana (Planning) dan Tujuan
  2. Memiliki Tekad dan Motivasi yang Kuat
  3. Memiliki Ilmu yang Cukup sesuai Bidang yang Anda Gemari
  4. Memiliki niat yang tulus untuk berbagi, bukan hanya sekedar hanya mencari materi
  5. Jujur dan Konsisten
Nah, jika anda sudah yakin dengan semua hal diatas maka anda tinggal memulai secara perlahan dan tidak terburu-buru. Jika anda ingin blog anda sukses maka langkah awal yang anda dapat lakukan adalah...
  • Jangan dulu pikirkan uang, fokus dahulu untuk niat berbagi.
  • Setelah itu, buat blog dengan nama domain yang anda inginkan (saya sarankan untuk analisis terlebih dahulu karena hal ini sangat penting untuk kedepanya).
  • Setelah itu, desain blog anda sebaik mungkin. Jika masih belum paham, anda dapat menggunakan template bawaan.
  • Setelah itu, anda dapat memulai untuk membuat artikel.
  • Seiring berjalan waktu, anda akan terbiasa untuk menulis. Jika anda sudah merasa mahir maka anda sekarang bisa fokus untuk menaikan visitor blog anda.
  • Nah, jika blog anda sudah memiliki sedikit visitor maka saatnya anda belajar mengenai SEO.
  • Sebenarnya ilmu SEO akan datang dengan sendirinya seiring dengan pengalaman dan waktu jadi anda jangan terpaku pada yang namanya seo, anda cukup fokus saja membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca.
  • Jika visitor sudah dirasa cukup banyak, maka anda tinggal mengoptimalisasi blog anda agar visitor tidak kabur dan betah di blog anda.
  • Setelah itu, anda dapat memulai untuk memonetisasi blog anda untuk menghasilkan uang.
Nah, jika artikel yang anda buat berguna bagi orang lain maka tanpa seo pun visitor akan berdatangan dengan sendirinya. Saya sudah buktikan sendiri. 

Sekian artikel kali ini, semoga artikel ini berguna dan bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

Artikel Terkait

Ini Artikel Yang Terbaru

Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon