Wednesday, 21 June 2017

Apa Itu Data Center dan Apa Kegunaannya?

Tags
Advertisement

Bagi masyarakat awam, kemungkinan besar mereka belum tahu mengenai apa itu data center. Karena memang tidak semua orang familiar dengan data center. Nah, bagi Anda yang belum tahu mengenai data center artikel ini akan membahas sedikit mengenai data center yang saat ini sudah sangat berkembang di Indonesia. Perlu Anda ketahui bahwa data center merupakan ruangan dengan desain tertentu yang digunakan untuk meletakkan sebuah server komputer serta beberapa jaringan komputer untuk menghubungkannya menuju jaringan internet. Dalam bahasa Indonesia data center sering diartikan sebagai “pusat data”.

pengertian data center
Ruangan untuk data center juga tidak boleh sembarangan. Salah satunya harus mempunyai syarat keamanan yang mumpuni yang diimbangi dengan tidak adanya gangguan virtual maupun fisik. Dengan syarat tersebut akan menjadikan data center yang diolah oleh sebuah server akan cepat serta mudah diakses oleh setiap penggunaannya. Karena itulah, dalam pembangunan sebuah data senter yang benar-benar handal membutuhkan beberapa konsultan dan ahli yang memiliki pengalaman dalam hal pembangunan data center. Bagi Anda yang masih bertanya apa itu data center, mungkin dengan melihat gambar ilustrasi data center, anda akan mengetahui apa sebenarnya data center itu.

contoh data center yang digunakan microsoft bing
Gambaran data center yang digunakan microsoft bing
Selain banyak yang menanyakan apa itu data center, kebanyakan masyarakat sering menanyakan bagaimana data center bisa beroperasi dengan baik. Sebelumnya tujuan adanya data center adalah untuk mempermudah akses data center yang dilakukan. Selain itu, dengan adanya data center, pengguna juga berharap mendapatkan kecepatan, keamanan dan kestabilan dari data center. Dengan demikian, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi sebelum pembangunan data center dimulai. Salah satu kriteria yang dimaksud adalah :

  • Data center harus dibangun pada lokasi yang terhindar dari bencana alam seperti gempa bumi, longsor, demo anarkis serta gangguan lainnya.
  • Kehandalan dalam akses data dari data center juga harus mumpuni. Salah satunya seperti akses data jaringan fiber optik dan juga pengaturan keefisienan jaringan yang digunakan.
  • Data center harus memiliki skalabilitas yang bisa terpenuhi dengan baik. Salah satunya data center dituntut untuk mempunyai fleksibilitas pada pemberian layanan pada setiap pelanggannya.

Bagaimana, apakah Anda sudah tahu apa itu data center? Data center adalah pusat data yang sangat berpengaruh dalam kegiatan yang dilakukan oleh setiap perusahaan besar di Indonesia maupun dunia. Selain memiliki fungsi untuk peletakan aplikasi perusahaan dan akses data perusahaan, data center juga akan membantu untuk meminimalisir pengeluaran yang setiap perusahaan keluarkan. Karena dengan memakai data center, budget perusahaan bisa tertata dengan optimal dengan sistem kerja yang jauh lebih efektif dan efisien dari sebelumnya. Karena inilah, tidak salah jika hampir semua perusahaan besar di Indonesia memiliki data center masing-masing.

Salah satu data center Indonesia adalah Nex Datacenter dari PT CBN Nusantara. Mungkin anda sudah cukup mengenal CBN internet yang merupakan ISP tekemuka di Indonesia. NEX merupakan jawaban dari perusahaan untuk menempatkan data mereka di tempat yang aman dan mudah di pantau. Pusat data NEX berada di kawasan central business distict kuningan Jakarta selatan tepatnya di Cyber2 tower rasuna said.

Sekian artikel kali ini, semoga artikel yang kami sajikan dapat bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

Artikel Terkait

1 komentar so far

untung saya mampir kesini soalnya ada pertanyaan dari tetangga soal center data dan apa gunanya, makanya browsing dan mampir deh saya kesini, besok baru tak kasih tau arti dan guna data center teh apaan gituh deh nih

Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon