Friday, 7 April 2017

Trik Cara Ampuh Menghemat Baterai HP Android Samsung 100% Work

Advertisement

Berikut adalah cara mudah mengatasi hp android samsung yang boros baterai. - Sebagian pengguna yang menggunakan smartphone android besutan samsung mengeluhkan baterai yang cepat habis. Terutama bagi mereka yang menggunakan samsung kelas entry level yang rata-rata memiliki kapasitai baterai yang kecil. Selain itu, borosnya batre disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :
  • Panas yang berlebih.
  • Baterai sudah kembung, bocor atau ngedrop.
  • Sinyal atau jaringan yang lemah.
  • Layar yang terlalu cerah dan terang.
  • Waktu standby layar terlalu lama.
  • Terlalu banyak mengintal aplikasi yang menyedot kinerja cpu dan ram.
  • Sensor yang selalu berjalan seperti GPS, NFC, Proximity, Vibration dan sebagainya.
  • Wifi, bluetooth, data yang dinyalakan walaupun tidak digunakan.
  • Wallpaper atau tema yang terlalu terang dan kaya akan warna.
  • Banyaknya widget di homescreen.
Trik Cara Ampuh Menghemat Baterai HP Android Samsung 100% Work
Super Amoled merupakan tipe layar paling Hemat Daya di Smartphone
Nah, untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat mencoba kiat-kiat memaksimalkan kekuatan baterai agar lebih tahan lama berikut ini :

1. Gunakan Tema dan Wallpaper HITAM (GELAP)
Hal ini sangat berpengaruh terutama bagi anda yang menggunakan hp samsung dengan jenis layar Super Amoled. Jika anda menggunakan wallpaper hitam maka layar tidak akan mengeluarkan daya yang besar yang tentunya berimbas pada hematnya penggunaan baterai.
lockscreen samsung s8
Menggunakan wallpaper gelap merupakan salah satu upaya menghemat baterai
Dengan menggunakan tema serba gelap, kita dapat menghemat baterai hingga 10% dan hal ini telah saya buktikan sendiri menggunakan samsung j5 milik saya.

2. Atur Kecerahan Layar dan Waktu Tunggu Layar ke Titik Rendah
Layar merupakan komponen paling banyak menghabiskan daya baterai. Jadi, usahakanlah untuk menggunakan kecerahan layar yang rendah dan hindari menggunakan mode luar ruangan atau auto.
pengaturan kecerahan di hp samsung
Atur kecerahan dibawah 20% dan Screen On Time dibawah 30 detik
Sebaiknya, anda atur kecerahan layar dibawah 20%. Selain itu, atur waktu screen on time ke waktu yang paling rendah, usahakan di bawah 30 detik.
tema hitam gelap keren samsung
Contoh tema hitam yang keren
Cara ini merupakan cara terampuh saat ini dan dapat menghemat baterai hingga 40%.

3. Matikan Sensor dan Fitur yang tidak digunakan
statusbar samsung j5
Nyalakan fitur dan sensor hanya jika dibutuhkan
Faktor kedua yang sangat berpengaruh selain layar merupakan sensor dan komponen wireless. Jadi, matikanlah fitur yang tidak digunakan seperti Wifi, Jaringan Data, GPS, Auto Rotate, Bluetooth, NFC, Feedback Getar dan Sebagainya jika tidak digunakan.

4. Buang Widget Berlebih di Home Screen
Widget merupakan salah satu fitur android yang menghisap daya. Apalagi jika widget tersebut memerlukan proses yang banyak dan membutuhkan sikronisasi yang terhubung ke internet.
homescreen samsung j5
Hapus widget tidak berguna
Contohnya seperti widget cuaca, widget email, facebook, whatsapp, bbm dan sebagainya.

Jika tidak terlalu penting, hapuslah widget yang berada di homescreen karena dengan begitu, kinerja CPU android akan sedikit ringan yang tentunya akan menghemat baterai lebih lama dan mengatasi android yang lemot.

5. Disable Aplikasi Bawaan yang Tidak Digunakan
Smartphone Android Besutan Samsung yang terkenal dengan bloatware yang banyak. Segala aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan sering disisipkan dan tidak bisa dihapus.
menghapus dan menonaktifkan aplikasi bawaan samsung
Disable aplikasi yang tidak dibutuhkan
Pengguna hanya bisa menghapus aplikasi bawaan dengan cara rooting. Namun bagi anda yang tidak ingin melakukan hal tersebut, anda bisa menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan dan dibutuhkan lewat pengaturan.

Anda bisa masuk ke Settings > Manager Application > Pilih Aplikasi yang ingin di disable > Kemudian pilih Disable.

6. Matikan Fitur Samsung Briefing
Fitur ini merupakan fitur bawaan di Samsung Galaxy Terbaru. Briefing berguna untuk membaca berita terupdate secara langsung di homescreen. Anda tinggal mengusap layar kekanan maka briefing pun akan muncul.
cara menonaktifkan briefing samsung
Matikan fitur briefing jika jarang digunakan
Namun, fitur ini sangat menguras baterai karena briefing menggunakan sinkronisasi berita ke jaringan internet. Jadi, untuk menghemat baterai anda dapat menonaktifkanya.

Caranya cukup mudah, anda tinggal tekan dan tahan homescreen beberapa detik, kemudian slide kekanan dan hilangkan centang pada pengaturan briefing.

7. Aktifkan Mode Hemat Daya (Power Saving Mode)
Dan yang terakhir, anda dapat memanfaatkan fitur bawaan untuk menghemat baterai. Fitur power saver biasanya sudah ada secara bawaan di Android Kitkat, Lolipop, Marshmallow, Nougat keatas.
mengaktifkan fitur ultra saving mode samsung
Aktifkan mode hemat daya 
Namun, ada juga android versi lawas seperti Gingerbread, ICS dan Jellybean yang sudah memiliki fitur ini.

Untuk mengaktifkan fitur ini, anda dapat masuk ke Settings > Battery. Khusus untuk beberapa tipe, anda juga bisa mengaktifkan fitur hemat daya dan hemat daya ultra lewat status bar.

Nah, sekian artikel mengenai Tutorial Ampuh Menghemat Baterai pada hape android samsung. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ingin ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

Artikel Terkait

11 komentar

Nice, bisa aku rekomen nih buat teman-temanku yang pake Samsung. Kebetulan banyak juga yang pake. Saat ini aku belum pake lagi..hehe

Setuju kalau untu disable aplikasi bawaan yang tidak digunakan :)

Sebenarnya hampir semua jenis dan merk Android memang boros baterai, bukan Samsung aja sih. Saya juga non Samsung sama boros juga.

Tapi kalo lock screen hanya 30 detik, terlalu repot, pencet pencet tombol on off, malah bisa merusak tombol fisiknya ya... Ini sih menurut pendapat pribadi ae sih...

Nice sharing mas Septian

Wah betul bgt mas. Terima kasih udah mampir

Wah terima kasih saranya. Thanks udah mampir bro hendra

Wah terima kasih saranya. Thanks udah mampir bro hendra

Ini tentu sangat menguntungkan kita pemiliknya mas, dengan cara di atas hp akan berumur panjang baterainya, serta lebih lama aktif

Batery habis tidak terasa biasanya pas selesai menggunakan Fiwi tidak langsung di matikan Fiwinya mas....tau tau icon batery menandakan habis

Trik paling ampuh adalah... pake airplane mode dan jangan diutak-utik. Dijamin sampe 2 atau 3 hari ke depan batrenya belum abis. Hehehhe :P Wheeekkk!

Wkwk, betul. Mode greget itu mah

wahhh bisa tuh triiknyua, saya ke gunung suka habis batere spoalnya hehe

Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon