Saturday, 18 March 2017

Cara Mengatasi dan Menonaktifkan Hamparan Layar Terdeteksi Android

Advertisement

Ketika saya mengupgrade samsung j5 saya ke versi android 6.0 marshmallow ada sebuah masalah baru yang terjadi. Masalah tersebut antara lain munculnya peringatan hamparan layar terdeteksi ketika memberi izin sebuah aplikasi yang baru di instal. Teman saya yang menggunakan j7 prime pun mengalami hal yang sama yaitu muncul peringatan Screen Overlay Detected ketika memberi izin lokasi ketika browsing di chrome. Setelah saya searching tentang permasalahan ini kesana kemari ternyata banyak juga yang mengalaminya termasuk pengguna Asus Zenfone. Seperti yang kita tahu bahwa Android Marshmallow 6.0 merupakan versi update dari versi sebelumnya yaitu Lolipop. Di update versi ini tentu banyak sekali update security, perbaikan bug, perubahan interface dan tentunya penambahan fitur baru. Salah satu update yang menyebabkan masalah diatas yaitu update security dan fitur hemat daya doze. Jadi dengan fitur ini, aplikasi harus diberi izin dulu untuk melakukan akses tertentu. Dengan begitu baterai akan lebih efisien. Namun, jika ada sisi positif pasti ada pula sisi negatifnya. Sisi negatifnya yaitu kita harus memberi izin satu persatu aplikasi yang kita instal secara manual. Namun masalahnya, ada beberapa pengguna yang mengeluhkan ketika hendak memberi izin, muncul peringatan hamparan layar terdeteksi sehingga aplikasi tidak bisa di beri izin. Kira-kira tampilanya seperti berikut.
Cara Mengatasi dan Menonaktifkan Hamparan Layar Terdeteksi Android
Peringatan Screen Overlay Detected di Android Marshmallow
Setalah saya mengotak-ngatik sedikit, akhirnya ketemu juga penyebabnya. Ternyata masalah ini disebabkan oleh aplikasi yang menggunakan tombol melayang seperti facebook messanger, cm locker/security atau uc browser. Contohnya seperti gambar dibawah.

Penyebab hamparan layar terdeteksi
Aplikasi UC Browser menggunakan hamparan layar untuk tombol booster
Nah, untuk mengatasinya sendiri ada 3 cara, kali ini mimin akan menjelaskanya secara rinci ketiga cara tersebut agar kalian paham dan mengerti. Berikut caranya...

Mengatasi Hamparan Layar Terdeteksi

1. Cara Pertama, menonaktifkan izin hamparan layar pada semua aplikasi

  • Caranya cukup mudah dan simple, ketika muncul popup Hamparan layar terdeteksi, anda klik Buka Setelan.
pertama, buka pengaturan hamparan layar
Ketika peringatan muncul, klik buka setelan
  • Setelah itu hilangkan centang pada semua aplikasi yang ada.

menu pegaturan screen overlay
Hilangkan centang pada semua aplikasi yang ada

  • Kemudian pencet tombol home dan coba buka lagi aplikasi yang tadi tidak bisa di beri izin. Dan Tara!!! Sekarang bisa bukan?
  • Setelah kalian berhasil membuka aplikasi yang dimaksud jangan lupa aktifkan kembali izin hamparan layar yang tadi kalian nonaktifkan ya. Jika tidak tahu letak pengaturanya kalian tinggal klik recent app saja.
2. Cara Kedua, Force Stop aplikasi yang dicurigai menggunakan hamparan layar
  • Cara kedua ini juga masih terbilang mudah, kita hanya tinggal paksa berhenti aplikasi yang dianggap menggunakan hamparan layar. Cara mengenalinya cukup mudah, yaitu kita tinggal lihat saja homescreen, jika ada yang melayang berarti itulah aplikasinya. Contohnya seperti screenshoot kedua artikel ini yaitu tombol booster uc browser. 
  • Untuk paksa berhenti proses caranya masuk ke pengaturan > aplikasi > aplikasi manager > pilih aplikasi yang dicurigai > kemudian klik force stop.
pengaturan aplikasi android marshmallow j5
Klik menu aplikasi
manager aplikasi android marshmallow
Pilih Manager Aplikasi
cara force stop aplikasi android
Cari aplikasi yang dicurigai dan klik paksa berhenti
  • Setelah itu buka lagi aplikasi yang memunculkan peringatan hamparan layar ketika diberi izin. Dan tara!!! jika aplikasi yang di force stop benar maka aplikasi tadi akan bisa buka.
  • Sebagai referensi, contoh beberapa aplikasi yang menggunakan hamparan layar yaitu Du Battery Saver, CM Security, Locker & Booster, UC Browser, Clean Master, dan aplikasi yang menggunakan tombol booster melayang lainya. Jika tidak ingin ribet, hapus aja aplikasi yang disebut tadi.
3.  Cara Ketiga, Masuk ke Save Mode untuk memberi izin aplikasi
  • Jika kedua cara diatas gagal maka anda bisa mencoba cara ketiga ini. Caranya lumayan sedikit rumit. Pertama matikan smartphone android anda.
  • Kemudian dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol power.
  • Setelah muncul logo, lepas tombol power tekan dan tahan tombol volume bawah hingga ponsel menyala.
  • Jika berhasil, akan ada bacaan Save Mode di pojok kiri bawah homecreen seperti gambar di bawah ini
masuk ke mode aman android samsung j5
Save Mode Android
  • Setelah berhasil masuk save mode, buka pengaturan > aplikasi > manager aplikasi > dan cari aplikasi yang akan diberi izin.
memberi izin aplikasi yang memunculkan peringatan hamparan layar terdeteksi
Contohnya salah ingin memberi izin aplikasi PicSay Pro
  • Setelah itu klik izin.
memberi izin aplikasi android marshmallow
Kemudian tap menu izin
  • Kemudian tap semua izin yang diperlukan. Seperti lokasi, kamera, kalender, kontak, penyimpanan dan lain-lain.
memberi izin aplikasi di android
Tap pada izin yang ada
  • Jika sudah, reboot ponsel android anda dan coba buka lagi aplikasi yang anda maksud dan tara!!! kini bisa dibuka dan digunakan.
Semoga artikel mengenai tutorial cara mematikan dan menghilangkan hamparan layar terdeteksi diatas bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

Artikel Terkait

4 komentar

Saya sudah coba semua cara tapi tidak berfungsi..gimana nih? Android saya 6.1

Thanks a lot..pke cra p 1 gagal tp alhamdulillah cra k 2 berhasil. Infox sngt mbantu

Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon