Tuesday, 20 December 2016

Self Stirring Mug, Cangkir yang Dilengkapi Mesin Pengaduk

Advertisement

Di zaman modern ini mesin sudah seperti pengganti tangan manusia. Dengan adanya mesin, pekerjaan manusia menjadi lebih ringan dan lebih cepat. Kali ini, Penulis akan mereview dan membongkar sebuah alat unik yang dilengkapi dengan mesin kecil atau biasa dinamakan dinamo, Alat tersebut dinamakan dengan "Self Stirring Mug". Dari namanya saja pasti kita sudah bisa menebak bahwa alat ini merupakan sebuah cangkir yang dapat mengaduk sendiri dengan bantuan mesin. Cukup Unik Bukan?

review dan bongkar self stirring mug, cangkir pengaduk otomatis yang dilengkapi mesin
Self Stirring Mug, Cangkir yang dilengkapi mesin pengaduk
Saya mendapat Mug ini di salah satu toko online pada saat perayaan hari belanja online nasional (Harbolnas) tanggal 12 desember kemarin seharga Rp.25.000,00 (sudah include ongkir). Cukup murah bukan? karena sebelum harbolnas kemarin, saya sudah ada niat dan melihat-lihat harga dari si cangkir unik ini dan harganya masih terbilang mahal, sekitar 30-50 ribu (belum termasuk ongkir). Bahkan banyak seller nakal yang menjual dengan harga mencapai 120 ribu! Waw, bisa untung banyak tuh seller hehe. Nah, sekarang langsung saja ke materi pembahasan yaitu Review & Bongkar Self Stirring Mug, Ada apa saja sih didalamnya?

Review
Setelah saya unboxing, saya langsung cuci dan langsung saya gunakan untuk menyeduh kopi dengan air panas. Tidak disangka-sangka ternyata putaran dinamo yang kelihatanya pelan ternyata memiliki power yang luar biasa. Dengan hanya ditenagai baterai 2 X AAA 1.5 V, kopi dapat teraduk dengan sempurna hanya dengan beberapa detik saja. Begitu pun dengan susu kental manis, susu dapat tercampur dengan rata tanpa meninggalkan gumpalan. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah keunggulan dan kekurangan dari Self Stirring Mug :


bentuk fisik self stirring mug
Tampilan Fisik Self Stiring mug dari depan

Kelebihan

  • Material plastik yang solid dan kokoh 
  • Dibalut dengan Stainless Steel yang elegan
  • Tombol Stir enak ditekan
  • Power atau kekuatan mengaduk sangat baik
Kelemahan
  • Bahan atau material yang digunakan belum pasti / terjamin apakah bahan ini aman untuk minuman yang diseduh menggunakan air panas atau dingin. Saya pun masih ragu menggunakan cangkir ini takutnya material yang digunakan tidak lolos uji standar kesehatan.
  • Stirring langsung terhubung ke dinamo, jadi jika ada kebocoran sangat membahayakan ke sterilan minuman.
Bongkar jeroan dari Self Stirring Mug
Setelah saya menggunakan cangkir ini, saya pun penasaran dengan cara kerja dan isi dari jeroanya. Maka tanpa basa basi saya pun langsung mengambil toolset dan bongkar dengan melepaskan 2 baut yang menempel di bagian bawah dekat baterai.

bagian dalam (pengaduk) gelas pengaduk otomatis Self Stirring Mug
Tampilan Bagian Dalam
bagian belakang self stirring mug, tempat dudukan baterai
Bagian belakang yang merupakan tempat dudukan 2 buah baterai
bongkar bagian dalam self stirring mug
Bagian dalam Self Stirring Mug setelah dibongkar, Hanya ada sebuah dinamo yang langsung terhubung dengan stirring dan beberapa kabel yang terhubung dengan baterai dan tombol stir.
Cara kerja cangkir ini sangat sederhana, hanya ada sebuah dinamo yang terhubung ke stirring. Diantara celah dinamo dan stirring, ada sebuah pengganjal yang terbuat dari karet yang berfungsi untuk menahan air agar tidak bocor dan merembes. Sebelum baterai terhubung ke dinamo, baterai melewati dahulu tombol stir yang dihubungkan oleh 2 buah kabel sehingga ketika kita menekan tombol stir di telinga cangkir, dinamo akan bergerak mengaduk air yang telah dituangkan kedalam cangkir.

Sekian Artikel kali ini, jika ada yang ingin ditanyakan anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon