UFS Card, Jenis Penyimpanan Baru Pengganti MicroSD

Sunday, July 31, 2016
Advertisement by Google
ufs card, sang pengganti micro sd
Bentuk fisik dari UFS Card buatan Samsung
Apa itu UFS Card? UFS (Universal Flash Storage) adalah Jenis Flash Storage terbaru yang memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi dari pendahulunya yaitu MicroSD. UFS sendiri dibuat untuk memenuhi permintaan pasar Smartphone, Kamera Digital Dan jenis perangkat lainya yang membutuhkan Media Storage berkecepatan tinggi. UFS di gadang-gadang mampu mengalahkan MicroSD tipe UHS-1 Maupun UHS-2 sekalipun. Saat ini, Kecepatan Baca dan Tulis Tertinggi yang dapat dicapai MicroSD adalah sekitar 90 MB/s hingga 150 MB/s. Sedangkan UFS memiliki kecepatan hingga 170 MB/s hingga 530 MB/s. Wow, sangat mengesankan bukan?

perbandingkan kecepatan micro sd dengan ufs card
Perbandingan kecepatan MicroSD dengan UFS Card
Dengan kecepatan hingga 3x lebih cepat dibandingkan MicroSD, UFS Card akan berdampak langsung pada Performa Perangkat yang digunakan. Merekam Video, Memotret, Bermain Games pun akan terasa lebih cepat dan lancar tanpa adanya LAG.

ufs dan micro sd system
System UFS & Micro SD
Selain cepat, UFS Card juga memiliki konsumsi power yang jauh lebih rendah dari jenis terdahulu yaitu MicroSD. Sebagai informasi, MicroSD membutuhkan daya sekitar 2-3 Watt ketika di gunakan. Sedangkan UFS Card hanya membutuhkan daya sekitar 1,5 Watt yang berarti lebih hemat setengahnya jadi pendahulunya.

Perbandingan penggunaan daya baterai microsd dan ufs card
Perbandingan Penggunaan daya listrik MicroSD dan UFS Card
Saat ini, UFS Card hanya baru diperkenalkan oleh Samsung 7 Juli 2016 Kemarin dengan berbagai kapasitas diantaranya Kapasitas 32 GB, 64 GB, 128 GB dan 256 GB, Namun kedepanya vendor lain seperti  Nokia, Sony Ericsson, Texas Instruments, STMicroelectronics, Micron, SK Hynix dan pabrikan lainya mungkin akan menyusul.

perbandingan speed micro sd, emmc dan ufs
Perbandingan Speed UFS, eMMC dan Micro SD Card

Dengan adanya UFS Card, pasar Memory Card mungkin akan berkembang dan melengkapi jenis penyimpanan yang ada saat ini seperti MicroSD dan eMMCs. Mungkin, beberapa tahun kedepan, UFS Card di prediksi akan menggantikan pasar MicroSD yang umurnya sudah lumayan tua.

Untuk harganya sendiri, saat ini belum dapat dipastikan mengingat UFS Card sendiri merupakan jenis storage yang masih sangat baru dan masih sangat langka dipasaran.
Advertisement by Google

Share dan Jadilah Orang Bermanfaat :

Seorang Blogger Newbie & Content Writer di beberapa blog Technology & Kesehatan. Sangat Suka akan Dunia Teknologi dan Gadget.

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • Like Fanspage Facebook Kami agar kami Semangat untuk Menjawab Pertanyaan Anda
  • © 2016 Septian Official Blog ✔