Tips Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet Saat Wifi Hotspot Tethering di Android

Tuesday, March 08, 2016
Advertisement by Google
Bagi pengguna komputer atau laptop yang tidak memiliki modem, fitur wifi tethering pada smartphone android sangatlah penting. Karena dengan fitur ini, android yang kita miliki bisa di jadikan titik hotspot dengan hanya mengaktifkan fitur ini di setting android dengan beberapa langkah saja. Kita tidak perlu ribet menginstal driver tambahan atau aplikasi di komputer karena kita hanya perlu mengkoneksikan PC kita ke hotspot yang telah dibuat.

menghemat uang ketika berinternet


Tetapi, yang jadi masalah adalah soal Kuota. Rata-rata tarif internet handphone sangatlah mahal karena kita membeli kuota yang artinya kita tidak dapat lagi terkoneksi dengan internet jika kuota kita habis. Hanya beberapa operator saya yang memiliki paket unlimited, harganya pun sangat mahal & kebanyakan menerapkan sistem penurunan kecepatan jika telah kehabisan FUP.

Apalagi, jika Android kita di pakai untuk dijadikan tethering hotspot ke komputer kita, Otomatis kuota akan terkuras dengan cepat karena Bandwidth internet di komputer lebih besar di bandingkan di smartphone android. Nah, kali ini mimin akan jelaskan tips super ampuh untuk menghemat Qouta seluler saat digunakan untuk wifi hotspot tethering ke komputer, Berikut adalah Tips singkatnya


  • Matikan Akses internet yang tidak perlu di komputer
matikan akses internet yang tidak perlu

Faktor lain yang membuat kuota cepat terkuras adalah Akses internet yang dilakukan komputer tanpa sepengetahuan pengguna. Contohnya adalah fitur Sync One Drive, Windows Update, Metro App Update, Widget Tiles Update. Untuk pengguna Sistem Operasi Windows 8.1 atau 10, anda dapat mengaktifkan fitur Metered Connection dengan cara Masuk ke PC Setting > Network > Connection > Koneksi yang dipakai > dan centang Set As Metered Connection.

Kemudian anda juga harus mengatur beberapa configurasi seperti Mengatur dan Mematikan Metered Connection di PC Setting > One Drive dan Di PC and Device > Device > Matikan Download Over metered connection. Dan tidak lupa, OFF kan juga Metered Connection di Search and Apps > Apps.

Untuk Video Tutorialnya, anda bisa lihat video dibawah ini





  • Pakailah Browser yang Hemat Kuota & Bandwidth Internet
gunakan browser hemat dan irit kuota

Faktor yang paling berpengaruh saat melakukan browsing yaitu browser. Source yang di ambil dari internet tentunya harus di optimalisasi oleh browser agar tidak memboroskan storage dan bandwidth internet. Jadi, Gunakanlah Browser yang terkenal hemat dan irit Seperti UC Browser for PC, Google Chrome, Mozilla Firefox atau Opera. Anda juga bisa mengunduh Extension Data Compresor di Store browser yang anda gunakan. 

  • Matikan Syncing Cloud Storage Anda
matikan fitur sync yang menguras kuota internet

Sikron data juga merupakan salah satu aktifitas yang sangat menguras kuota karena kuota akan habis sesuai data yang di upload ke server cloud. Jadi, ketika terhubung dengan Tethering hotspot, sebaiknya matikan atau pause saja proses sikron data yang berjalan. Sikronlah data hanya saat terhubung ke Wifi gratis atau Internet Kabel. Untuk mematikan fitur cloud storage bawaan windows yaitu Microsoft One Drive, Anda bisa mengklik kanan Icon Onedrive di Notification Area kemudian Klik Pause Sync. Jika menggunakan Dropbox, anda bisa mengklik setting di sudut kanan atas kemudian pilih Pause Syncing. Dan untuk pengguna Google Drive, Caranya hampir sama seperti One Drive yaitu dengan mengklik kanan Icon Google drive di notification Area kemudian pilih Pause.

  • Pintarlah dalam melakukan Browsing
jadilah orang yang pintar & selektif ketika berinternet

Dan yang terakhir adalah, Pintar-pintarlah saat Berinternet ria karena banyaknya kuota yang di habiskan ketika tethering itu tergantung kepada website atau content yang kita buka. Hindarilah Streaming video seperti youtube dan Streaming musik seperti Soundcloud. Dan jika anda suka membuka sebuah website, pilihlah web yang memiliki Page ringan dan tidak banyak konten flash dan gambar karena itu sangat menguras kuota internet anda.
Advertisement by Google

Share dan Jadilah Orang Bermanfaat :

Seorang Blogger Newbie & Content Writer di beberapa blog Technology & Kesehatan. Sangat Suka akan Dunia Teknologi dan Gadget.

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • Like Fanspage Facebook Kami agar kami Semangat untuk Menjawab Pertanyaan Anda
  • © 2016 Septian Official Blog ✔