Saturday, 20 February 2016

Alasan windows 8 & 10 tidak perlu antivirus tambahan

Advertisement

perlukah mengintal antivirus di windows?
Antivirus merupakan salah satu software wajib yang harus terinstal di komputer berbasis windows karena antivirus dapat mencegah kerusakan secara fisik maupun non fisik pada komputer kita. Tetapi, di versi windows terbaru seperti windows 8.1 & windows 10, antivirus sudah terpasang secara bawaan yang diberi nama Windows Defender. Tetapi di windows 7 pun, microsoft telah lebih dulu merilis antivirus khusus buatan microsoft yaitu MSE (Microsoft Security Essentials) tetapi harus di download secara manual di situs raksasa software tersebut. Jadi, hanya dengan antivirus bawaan windows pun, komputer kita sudah lebih dari cukup untuk menghadang virus & malware yang menyerang, asalkan windows defender / MSE dalam keadaan selalu up to date.

Tidak ada perbedaan yang mencolok antara windows defender & MSE, keduanya memiliki tampilan interface yang mirip dan serupa. Mungkin hanya perbedaan nama dan versi saja.


perlukah antivirus di windows
Tampilan Microsoft Security Essentials di windows 7


alasan windows tidak perlu antivirus tambahan
Tampilan windows defender di windows 8.1 & Windows 10
Tetapi, jangan sekali kali Mematikan antivirus anda saat menginstal software, game atau dalam keadaan apapun karena disaat itulah celah masuknya virus & malware terbuka. Dan jika virus, malware, trojan dan sebagainya telah menginfeksi komputer kita maka antivirus pun akan sulit untuk membersihkanya seperti semula. Lebih baik mencegah dari pada mengobati hehe.

Dan berikut adalah 5 Alasan mengapa windows 7, 8 dan 10 tidak perlu menginstal antivirus tambahan / pihak ketiga :


  • Windows 8 dan 10 sudah memiliki antivirus bawaan yang ampuh dan baik.
  • Tanpa antivirus tambahan, windows akan terasa lebih ringan & cepat karena tidak dibebani dengan software antivirus yang terkenal menghabiskan sumber daya CPU & RAM.
  • Di windows 8 & 10, jika menginstal antivirus tambahan, bisa saja mereka bentrok dengan windows defender (Jika windows defender tidak di disable terlebih dahulu).
  • Antivirus pihak ketiga biasanya lebih galak dari pada windows defender dalam hal menghapus software atau game pak tani / bajak*n sehingga merugikan pengguna.
  • Kita akan lebih irit qouta & bandwidth internet karena kita hanya perlu mengupdate 1 antivirus saja yaitu windows defender / MSE.

Artikel Terkait

2 komentar

mantab...... teruslah menebar ilmu yg bermanfaat mas riyadusolihin...

Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon