Friday, 8 July 2016

Cara Mengaktifkan & Menganti 3G ke 4G LTE di Android 2017

Advertisement

Berikut cara singkat & paling mudah untuk mengaktifkan atau manyalakan fitur 4G pada smartphone android. Di zaman dewasa ini, perkembangan teknologi smartphone terasa begitu cepat. Mulai dari perkembangan teknologi pada mobile devicenya sendiri sampai teknologi jaringanya. Teknologi jaringan pun banyak ragam dan jenisnya. Di setiap negara, perkembangan teknologi jaringan berbeda beda, ada yang masih menggunakan jaringan lawas seperti 2G (edge) dan 3G (HSPA), aja juga yang sudah maju dengan menggunakan jaringan long term evolution atau biasa disebut LTE. Bahkan, dibeberapa negara kini sudah dikembangkan jenis jaringan baru yaitu 5G.

Di tahun ini, Indonesia sedang gencar-gencarnya membangun infrastruktur jaringan tercepat saat ini yaitu 4G LTE. Beberapa operator pun bersaing untuk menjadi yang terbaik dan tercepat.

And this is guide how to turn on 4G LTE on Android Devices. langsung to the point aja, simak tutorial lengkap berikut ini...

Cara mengaktifkan LTE di Android

Syaratnya Adalah :
  • Sebuah handphone yang mendukung dan support 4G LTE sesuai frekuensi operator yang anda gunakan. Untuk mengetahui apakah frekuensi smartphone dan operator sama atau tidak, anda dapat mengunjungi situs willmyphonework.net
  • Daerah anda tercover jaringan 4G atau terjangkau sinyal LTE, untuk melihat apakah daerah anda mendukung dan tercakup LTE, anda bisa melihat artikel Cara mengetahui cakupan wilayah sinyal 4G LTE berbagai Operator seperti telkomsel, indosat, XL, axis, three (3) atau smartfren.
  • Kartu SIM Operator anda support 4G. Jika belum, anda dapat menukarkanya ke gerai resmi operatur yang bersangkutan.
Langkah - Langkah Mengubah signal jaringan 2G EDGE, 3G HSPA menjadi 4G :

1. Cara Pertama :

  • Pertama, buka pengaturan (setting) kemudian pilih Data Seluler atau Lainya
    4g Langkah - Langkah Mengubah signal jaringan 2G EDGE, 3G HSPA menjadi 4G
    Pengaturan di Lenovo A6000
  • Biasanya ada pengaturan Jenis Jaringan seperti contoh di bawah ini.
mengaktifkan 4g LTE A6000 plus
Jenis Jaringan  di Android

  • Kemudian Pilih LTE atau 4G. Bisa juga GSM/WCDMA/LTE (Agar Otomatis Berubah jika kehilangan sinyal).

2. Cara Kedua :
Cara alternatif ini lebih mudah dan simple untuk melock atau mengunci jaringan 4G agar tidak berubah ubah ke 3G / HSPA / EDGE, yaitu dengan Cara :
  • Buka dial pad / telepon lalu ketikan :
  • *#*#4636#*#*

kode dial 4g
Buka Dial pad
  • Nanti akan secara otomatis membuka tool test / menguji kemudian pilih info telepon. 
info telepon a6000+
Tampilan info telepon
  • Kemudian pilih LTE only di kolom jenis jaringan yang disukai.
  • Kemudian tinggal back dan LTE pun berhasil Terkunci.
  • Tetapi hanya sementara, jika di reboot akan kembali seperti semula di beberapa Android.
  • Jika anda tidak bisa masuk ke pengaturan ini atau tidak bisa mengubah pengaturan LTE Only di sini maka smartphone anda dipastikan di lock oleh vendor smartphone yang bersangkutan.
3. Cara ketiga :
Alternatif ketiga buat para newbie yang tidak ingin repot dan kesusahan bisa mencoba cara ini. Caranya yaitu menggunakan Aplikasi. Anda tinggal buka playstore dan cari aplikasi 4G switch atau sejenisnya. Anda tinggal buka aplikasinya dan Tinggal klik LTE ONLY maka setting pun beres. Namun, jika pakai aplikasi, biasanya dibeberapa smartphone harus melakukan rooting terlebih dahulu. 
Semua tutorial diatas sudah tested dan work 100% di Lenovo A6000 Plus dan Samsung J5 milik saya. Anda tinggal rasakan Kecepatanya bro!

UPDATE!!!
Karena banyak yang bertanya tentang Cara Lock 4G LTE Only di Samsung Galaxy J5 saya akan jelaskan disini.
  • Untuk smartphone samsung galaxy, pengaturan *#*#4636#*#* biasanya di lock oleh samsung jadi tidak bisa dengan cara tersebut, alternatifnya yaitu menggunakan aplikasi "Advanced Signal Status" yang anda bisa download di bawah ini.
  • Tetapi syarat utamanya yaitu harus root terlebih dahulu, Untuk tutorial root anda bisa cari di google. Tetapi, jika sudah update ke marshmallow, anda tidak perlu melakukan rooting.
  • Untuk Smartphone lain bisa di coba.
  • Lebih lengkapnya anda bisa simak artikel Cara Mengaktifkan & Lock Sinyal Jaringan 4G Samsung J5
Sekian artikel kali ini, semoga artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah. Sekian tips & trick kali ini, Salam Cyber!

Keyword :
Cara Mengubah Jaringan Android ke 3g/ HSDPA 4G LTE, Cara Jitu merubah jaringan 3G ke 4G untuk hp, Cara Mengganti Jaringan 2G, 3G Menjadi 4G, Apakah bisa hp 3G diubah menjadi 4G, samsung j5, samsung j2, iphone 5s, samsung galaxy, lenovo, xiaomi redmi, asus zenfone, cara setting 4g lte.

Artikel Terkait

308 komentar

«Oldest   ‹Older   201 – 308 of 308   Newer›   Newest»

lihat komentar di atas, ada yang mengatakan bahwa mirror 5 ga support LTE. Cek di pengaturan apakah ada? jika tidak ada berarti memang tidak bisa gan

berarti daerah agan belum kejangkau 4g, coba bawa ke pusat kota pasti 4g nya muncul

untuk sony saya belum coba apakah ada bug atau tidak, tapi bisa saja daerah tidak terjangkau. untuk test coba bawa ke pusat kota apakah masih tetep tidak nyantol 4g atau bisa 4g. Hanya untuk memastikan

Gan... ane pake HP samsung galaxy note2 N7100. Tp tidak ada pengaturan LTE....??? Yang ada hanya WCDMA dan GSM. Pd hal sya serch gsmarena.com sudah suport LTE/4G....
Mhon pencerahannya... trims

Pagi Mas

Hp saya LG G4, sudah saya praktekkan dengan *#*#4636#*#*
Tapi pada saat pencet phone information, keluar tulisan this application does not support in your device. dan saya juga sudah coba beberapa aplikasi di playstore dan hasilnya tetap sama.
Ada caranya supaya saya bisa lock sinyal di 4G only?

Thanks


Saya menggunakan HP LG V10 h900 a&t

Saya sudah cb semua.
Mengetik,
Mendownload advanced am 4g switch.
Hasilnya sama tidak bisa semua.
Di keterangannya
Tidak bekerja pda device.
Kira2 bgaimana cara penyelesaiannya?
Apa ada aplikasi khususnya?
Sbelum dan sesudahnya terima kasih byk.

Gan... HP ane samsung galaxy NOTE 2, ane udh aplikasiin sim card nya ke grapari dan udh di rubah jafi 4G, dan sesuai spesifikasi untuk note 2 pun udh suport 4G LTE tp knapa pas udh diterapin jntuk simcard yg baru kok ttp gk muncul 4G nya yaa...kira2 knapa yaa dan udh di cek pake kode yg tertera diatas jiga cma mu cul panggilan aja... mohon saran atau sharing nya gan

Om,ane mau nanya.hh saya Lenovo a7000 plus,sim 1 (Indosat) sim 2 (Telkomsel) ane Udah pake semua cara buat lock 4g Telkomsel tp tetep gak bisa Om,tiap ane data on di sim 2 gak bisa di lock 4g trus balik lg ke mode otomatis, bisanya cuma mode otomatis ,tp kalo data on di sim 1(Indosat) bisa di lock 4g .mohon pencerahannya gan

Mas, hpku samsung s5 duos LTE barang korea ga bisa keluar 4g nya. Umpama penyebabnya lantaran beda frekuensi LTE korea dgn disini, apa ga ada cara sama sekali ngakalinnya biar bisa keluar 4Gnya?

berarti di lock sama LG, kalo di lock ga bisa

sepertinya memang tidak bisa, lg di lock dari sananya

apakah di pengaturan ada menu 4g? jika tidak ada berarti tidak mendukung soalnya tidak semua note bisa 4g

pindahkan ke sim 1 gan, kayaknya harus hanya sim 1 yang bisa di lock. Sama seperti Samsung J5 saya

tidak bisa sebelum di unlock. HP luar memang kadang kala tidak support jika di bawa ke indo

Saya LG G4 Stylus H540 gan .. Brti ni sebener e udah bisa 4G ya gan hp ny .. Tinggal ngaktifin aj

Kalau jaringan 4Gnya sudah diaktifkan,tapi tetap tidak terbaca jaringan 4Gnya solusinya gimana gan?
Hp lenovo A6000+

berarti gada sinyal 4g di lokasi agan. atau kartu nya belum mendukung 4g

Hp saya samsung j3 pengen ke 4g tapi susah trs .mhon bantuanya ?

Gan saya pakai lg g4 dual sim, kartu pakai indosat dan telkomsel. Kalau pas pakai indosat semua lancar dan rg lte muncul diindikator, nach yg buat pusing giliran aktifkan tsel (isat off) sama sekali tidak terkoneksi pdh ketika kartu dipasang di HH org rumah clear semua 4g lte jg kenceng. Bantuannya gan kenapa tsel di HH saya (lg g4) tdk ada koneksinya pdh kl gunakan isat no problem semua. Info sinyal 4g kenceng, HH suport 4g lte, kartu tsel 4g... pencerahannya gan, thx

Gan, saya pake samsung a5 2015 kartu as 4g tapi kok ga bisa nge-lock 4g ya ? pake kode *#*#4636#*#* jg ga mau. mohon info gan, makasih

Hp samsung mega 2 saya Kok gak bisa ya gan?
Menghubungi no disamping➡ #*#4636#*#* padahal kartu nya udah support dan Hp nya Pun udh Meng Support ?
butuh Jawabannya Gan😊

mau tnya gan.. hp ane sony m4 aqua.. sya pkek xl 4g.. stelah sya lock ke 4g lte... malah ilang sinya sm jaringan nya, pdahal dsni udh suport jaring 4g nya

Hp saya Lenovo vike k5. D setingan data seluler tdk bisa d rubah d lock. D setingan #*#*4636*#*# tidak bisa d rubah pilih lte only kembali ke gsm only. Jdi hp saya jaringannya E trus tdk bisa 4g. Kenapa yah itu gan.
Mohon bantuannya

coba matikan dulu sim 2 dan kosongkan.
gunakan hanya sim 1

Mas, hp sy lenovo vibe k5 plus (3gb), pk krtu smartfren bisa sinyal 4g, tp pk axis n im3 (4g) cm kluar sinyal 3g. sdh tny ke indosat, daerah sy sdh tercover 4g. tolong solusi nya. makasih

tolong dong cara benerin 4g di samsung s4 i9500
diapa2in gabisa :(

Gan hp gua samsung galaxy s5. di pengaturan jaringan hp aouto 2g,3g,4g. Itu bisa gak di maualin 4g doang. Thanks

Gan xiaomi redmi note4 saya jaringan 4g nya tidak aktif,padahal sim dan hp sudah mendukung,ya walaupun jaringan 4g tidak bisa di temui aturannya kan bisa pakai 3g nah sampai sekarang jaringan 3g pun tidak bisa di temui,kenapa ini ? Mohon bantuannya,Terimakasih

Bang Septian,

Pertanyaan ane sama dg QuatroDincht, hp ane LG XPower, ga bisa lock LTE, nah...dari 3 cara tersebut sdh dilakukan tetapi tidak bisa menampilkan informasi telepon dengan bunyi seperti ini : This application does not work on this device

Udah pake kode, aplikasi masih belom bisa masuk

Mohon pencerahannya ya ghan agar bisa stabil di LTE

Thx

Gan kalo di Infinix hot2 bisa support 4g ga kalo kartunya pake 4g ? Yang pake cara *#*#4636#*#* soalnya kan ada pilihan LTE only

Gan kalo di Infinix hot2 bisa support 4g ga kalo kartunya pake 4g ? Yang pake cara *#*#4636#*#* soalnya kan ada pilihan LTE only

Gan hape saya Sony z c6603 lte tp kenapa tidak berfungsi ltenya sudah d coba menggunakan *#*#4363#*#* dan d pengaturan nya sudah lte juga dan daerah saya padahal sudah tercover 4g dan sudah menggunakan kartu yang lain ttep sama. Mohon pencerahan nya terimakasih

Cara untuk lock sinyal 4G LTE pada samsug galaxy tab A6 2016

Itu cara downgrade miui7 gimana gan ...

Gan hp ane LG G3 versi korea, kalo pake simpati ada pengaturan 4G nya tapi kenapa pake indosat ga muncul pengaturan 4G nya..padahal kartunya sudah 4G,daerah pun 4G, dan artikel indosat juga menyatakan LG G3 support 4G kartu indosat,s impati dan XL..mohon pencerahannya gan..thanzx

Min hpku Sony Xperia aku udah coba pakai cara *#*#4636#*#* dan udah kebuka, dan disaat aku mengubah jenis jaringan menjadi LTE only sebentar bisa dan setelah itu menjadi WCDMA preffered lagi min
Min tau gk cara ngajakin masalah yg kayak gini?
Ditunggu reply nya

Saya pake oppo neo 5 dan saya sdh terpkan conth yg d atas tetapi kok tdk brhsl gan y mhon pncrhnnya gan trim.

Hallo, HP saya Xiaomi redmi 3s pro kok gak mau buat 4G nya ya. Sudah di cek seperti diatasi jg gan muncul dan di settingnya hanya ada opsi 2G/3G. Gimana itu ya?

Bos,sya pke lenovo p1m settingan jaringan udh lte/gsm trs coba pke *#*#4636#*#* pgn ganti lte only ga bisa knpa ya? Pdhl kartu jg udh 4g indosat. Mohon bantuannya

Gan hp ane j3 2016, udah diganti ke jaringan lte tp lte nya gak pernah kepake alias yg abis malah 2g-3gnya yg 4g ga bisa kepake. Tks

Gan kok pakai advanced signal status hp samsung S4 ndk bsa gan. Apakah harus pakai kartu yg udah jaringan 4g dulu gan... mohon dijawab gan

Klau samsung A7 knapa gk bisa ya gan ?

HP saya Xperia Z. Tapi tidak bisa pilih LTE Only. Kenapa ya?

Kalo boleh tau jaringan itu masuknya di system apa hardware ya?

Mas..hape saya galaxy note 3 snapdragon tipe N9005 . Udah LTD/CDMA...kenapa ndak bisa digunakan di indonesia...gimana solusinya.....please email aku saskiaaviva@gmail.com

Gan, sya pake lg g4 stylus made in tiongkok. Sdh bisa masuk k menu hidden tpi pas mau pilih menu phone information muncul pesan " this application does not work on this device". Apa solusinya gan

Hp Nokia X Rm980 support 4g engga mas ?dan klo mau coba tutorial ini harus di root dulu?

Klo hp note 3 bisa dak mas... d ganti jaringanya k 4g. Trim mas smg dberi kesuksesan

Untuk hp note3 wcdma ganti ke 4g bs kan mas?

Coba gunakan sim 1 gan. dan kemungkinan daerah memang belum cukup sinyal. Untuk membuktikan coba gunakan menu cari jaringan. Jika tidak terdeteksi berarti memang tidak tercover

Kalo udah di lock sama LG nya susah gan. Tidak ada cara lain kecuali root

Walaupun ada pilihan 4G kalo hardware tidak mendukung ya tidak bisa gan, Saya cek di google infinix hot 2 sayangnya belum support LTE kayaknya :)

Kalo memang tercover harusnya nangkep gan. Coba bawa ke pusat kota untuk memastikan apakah dari sinyalnya atau hp nya. Biasanya di pusat kota sinyal 4g kuat

Kalo hp luar kemungkinan di lock jadi ga bisa digunakan diluar korea. coba tanya perihal cara unlock 4g ke LG service center.

Kalo gitu berarti emng gabisa di lock gan. Itu dikarenakan system sony sendiri yang tidak memperbolehkan hal tersebut. Kan jika di lock lte only kita tidak dapat menenima atau memanggil telepon

Oppo neo 5 sepertinya belum support 4G gan :)

4G nya di hilangkan oleh xiaomi dengan alasan untuk memenuhi peraturan pemerintah perihal TKDN (tingkat kandungan dalam negeri). Jadi mba tidak bisa menggunakan 4g kecuali ganti ROM ke versi lain yang tidak nge lock peraturan 4g.

Coba copot sim 2 dan restart. cara ini hanya bisa di terapkan di sim 1. jika masih belum bisa kemungkinan OS nya tidak support LOCK 4g

coba tanyakan ke operator yang bersangkutan ya :)

Wajib kartu 4g gan. dan advanced signal status hanya work di beberapa tipe hp saja

Sepertinya belum support 4g mas :)

Coba tanyakan ke samsung service center gan.

Sepertinya memang tidak bisa mas. OS nya di lock oleh LG

berarti di lock oleh sony. kalo udah di lock aplikasi pihak ketiga tidak akan bisa apa2

Pastikan OS nya marshmallow gan. Jika masih belum bisa berarti di lock samsung sehingga aplikasi pihak ketika tidak bisa melalukan perubahan sistem.

Saya mau tanya, hp saya oppo neo 5, kalo d pengaturan jaringan cuma ada 3g, nah wktu saya coba menggunakan dial *#*#4636#*#* ada 2g/3g/4g only, trus saya klik, nah sesudah d klik emang bisa, tp sesudah d back saya xoba masuk lg k dial pad barusan malah robah lg jadi gsm/wcdma prefered, itu knp ya ? Pencerahan.a dong

Sepertinya hardware neo 5 belum support 4G. jadi ga bakal bisa gan walau di sisi software menyediakan menu 4G

Bro.. Kalo Xiaomi redmi note 4 miui 8.0 pake rom global itu kok 4G nya kadang ada kadang gaada.. Gimana cara ngatasi nya bro?

Gan kalo sim uda d lock LTE only, sim 2 masih bisa buat telpon ama sms g ya

Coba tanyakan ke forum miui atau grup hp agan. Kemungkinan rom yang agan gunakan belum stabil

Hp saya samsung note 2 sinyal nyala tapi data gk keluar solisanya gimana gan??

Kalau samsung j7 prime gmna caranya mengunci jaringan lte nya kak??

Bos... a5 2015 bisa setting only 4g ngga..tanpa root

A5 2015 tnpa root bisa ngga di only 4g ...

Gan. Hp sy asus padfone s tapi di pilihan menu gk ada LTE terus pake *#*#4636#*#* jg gk ada pilihan LTE. Di spesifikasi hp support 4g, kartu uda 4g, daerah jg support 4g. Caranya gmana ya gan biar muncul LTE nya?

tunjuk jari aja gan
samsung A5 menyediakan layanan LTE. tapi kenapa ngga bisa di aktifkan ya. cuma mentok di 3G. mohon pencerahan gan. makasih

Cek pengaturan APN gan. Dan tanyakan ke operator yang bersangkutan agar dibantu untuk di restart dari server

jika os nya marshmallow coba pakai aplikasi diatas, siapa tau bisa

Coba saja bos, tapi harus OS marshmallow dulu

kalo udah android M coba aja cara diatas, siapa tau work.

wah dari ciri2 nya seperti nya memang tidak mendukung. Tapi untuk memastikan agan bisa tanya langsung ke Asus. Bisa lewat live chat atau email

cuma masalah sinyal aja gan, coba ganti kartu (harus LTE ready) atau berpindah tempat.

Gan,hp ane hisense kingkong,*#*#4636#*#* gk ad pilihan preferednetwork jd gbs 4G only,hny auto,tp sy pke kartu 4G smartfren knp kedeteknya cdma evdo revA trs,pdh lokasi sy sdh suport 4G smartfren,apkh bsa droot pke app yg diatas solusinya?

wah kalo merk tersebut saya kurang tau gan, coba tanya ke masternya langsung di facebook. Cari grup hp agan.

gan ane mau nanya neh gimana caranya menghidupkan radio di informasi settings Lenovo A6000 tuh, punya ane tulisannya matikan radio and gak bisa berubah hidupkan radio, gimana gan tolong solusinya

Solusinya restart aja hp nya. Ntar radionya nyala lagi

Makasih ya bang sekarang dah bisa

Sama-sama gan, terima kasih telah berkunjung :)

Kalau galaxy J5 gmn gan ngubah kartu 3 ke 4g?

kalo kartunya ya ke operator gan. Minta di tuker sama yang baru. Kalo ubah pengaturan 3g ke 4g udah saya jelasin di artikel lainya.

Samsung j7 2016 saya.hanya muncul 4G aja.gak ada LTEnya mas.padahal hp2 yg lain klas dibawah hpku sudah LTE.mohon pencerahannya boss.

Samsung j7 2016 saya.hanya muncul 4G bukan 4G LTE..mohon pencerahannya mas.trims

Dalam artian sempit 4G dan LTE itu sama gan, mangkanya disebut 4G LTE. Yang membedakan kecepatan itu jenis/generasinya seperti cat 4, cat 6 dan sebagainya.

Hp saya oppo A37 saat disitu tetera nya GSM only saat saya ingin ganti LTE/GSM/CDMA auto, ga bisa juga tetap GSM only, jd gmna slusi nya

matikan hp, jika dual sim. cabut dulu sim 2 nya. nyalakan lagi hp nya. masuk ke pengaturan dan coba pilih LTE/GSM/CDMA auto. Pastikan yang sim yang digunakan GSM

kok hape saya gak ada 4G y cmn LTE/3G/2G saja

LTE sama 4G itu sama gan. Agan tinggal cari tempat yang ada sinyal 4g aja

Gan hp saya xiomi redmi 3 saya udah coba *#*#4636#*#* udah tak ganti ke lte only tapi sinyal tetap h+ trus saya coba buka *#*#4636#*#* lagi kok udah bukan lte only ya tetep pengaturan awal sebelum saya gnti lte only ,itu gimana gan ? Kok kata konter itu masalah hpnya karena pernah ganti apa gitu

Mungkin hp kakak redmi 3 versi distributor bukan versi resmi. Jadi 4G nya di lock karena aturan TKDN. Solusi nya bisa ganti ROM ke versi terdahulu atau versi Luar (global) yang support 4G. Untuk tutorial lengkapnya bisa masuk ke grup redmi 3 di facebook

Enter your comment...

gan untuk hp galaxy core prime tipe SM-G361H bisa kah di rubah dari 3G ke 4G ?

Sepertinya tidak bsa bro. Hardware nya gak support 4g

«Oldest   ‹Older   201 – 308 of 308   Newer›   Newest»

Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon